img_title
Foto : Instagram @shela_lala96

IntipSeleb – Siapa sih yang nggak kenal Sus Rini? Ia mungkin bukan seorang selebriti, tapi profesinya sebagai babysitter PNS alias Pegawai Nagita Slavina membuatnya menjadi sorotan publik. Popularitasnya bahkan tak kalah dari majikan ciliknya, Rayyanza Malik Ahmad.

Bekerja dengan keluarga Sultan Andara memberikan Sus Rini banyak sekali kesempatan yang tak pernah ia duga sebelumnya, mulai dari jalan-jalan ke luar negeri hingga bertemu dengan member NCT. Hal itu membuat banyak orang melirik profesi sebagai babysitter anak artis.

Lantas, seperti apa seluk-beluk pekerjaan sebagai babysitter anak artis hingga cara menjadi babysitter anak artis? Yuk scroll selengkapnya berikut ini.

Babysitter dan Skill Babysitting

Sebelum membahas soal peluang karier sebagai babysitter anak artis, penting untuk mengetahui terlebih dahulu seperti apa itu profesi babysitter.

Babysitter atau pengasuh bayi merupakan orang yang bertugas untuk merawat dan menyediakan keperluan bayi, seperti menemani bayi, memberi makan bayi, membuat MPASI, memandikan bayi, mengganti popok dan lainnya.

Merawat bayi bukanlah pekerjaan yang mudah. Sebab, seorang bayi belum bisa melakukan komunikasi secara jelas ketika menginginkan sesuatu. Maka dari itu, seorang babysitter juga harus diberi pelatihan agar tanggap dalam menangani bayi.

Babysitter juga diharuskan untuk memiliki pengetahuan dasar soal gejala penyakit umum yang biasa diderita bayi dan cara pencegahan serta penanganannya. Selain itu, babysitter juga perlu mengetahui ilmu parenting.

Skill babysitter sangat diperlukan untuk memenuhi peran dan tanggung jawabnya sebagai pengasuh anak yang baik dan profesional. Selain kemampuan terkait pengasuhan anak, skill yang diperlukan babysitter lainnya penting untuk menunjang kinerjanya.

Berikut ini daftar skill babysitter yang perlu kamu miliki jika ingin menjadi babysitter dan babysitter anak artis yang profesional.

1. Daya tahan

Sebagai babysitter kamu mungkin harus bekerja dengan anak-anak yang enerjik dan membuatmu menghabiskan waktu lama untuk berdiri, berjalan, berlari dan bermain, sehingga stamina fisik adalah kuncinya.

Berada dalam kondisi fisik yang baik dapat membantumu tetap bersama anak-anak dan melakukan lebih banyak aktivitas fisik. Kamu mungkin juga terlibat langsung dengan anak-anak, sehingga kamu mungkin memerlukan kemampuan untuk menjelaskan dan mendemonstrasikan permainan dan aturan sambil melatih kesabaran dan harus tetap antusias di sisi lain.

2. Keterampilan Mengasuh Bayi

Meskipun menghibur dan merawat anak-anak merupakan aspek penting dalam mengasuh anak, babysitter bertanggung jawab untuk menjaga anak-anak tetap aman dan terlindungi, itulah mengapa memiliki keterampilan keselamatan dan kedaruratan sangat penting untuk profesi ini.

Kamu dapat memperoleh keterampilan mengasuh anak ini dengan mendapatkan sertifikasi resusitasi jantung paru (CPR) dan pertolongan pertama. Kamu juga dapat mempelajari tentang aktivitas yang sesuai dengan usia dan cara komunikasi secara lebih efektif untuk memastikan lingkungan yang aman.

3. Tanggung jawab

Dalam peran sebagai babysitter, majikanmu mungkin memintamu untuk mengurus rumah dan anak-anak mereka. Agar majikan mempercayakanmu dengan tanggung jawab penting ini, kamu harus dapat diandalkan dan mematuhi peraturan dan rutinitas keluarga. Contoh keterampilan tanggung jawab meliputi manajemen waktu, manajemen anggaran dan fleksibilitas.

4. Kemampuan interpersonal

Babysitter harus berinteraksi dengan majikan dan anaknya, yang mana itu memerlukan keterampilan interpersonal. Keterampilan interpersonal adalah kemampuan yang memungkinkanmu berinteraksi dan membangun hubungan dengan orang lain.

Ketika seorang babysitter memiliki keterampilan antarpribadi yang kuat, mereka dapat membangun hubungan baik dengan anak-anak yang diasuh, yang dapat membuat mereka menerima lebih banyak tawaran pekerjaan.

5. Antusiasme

Merawat dan menghibur anak memerlukan sejumlah kegembiraan dan energi. Pengasuh anak seringkali memanfaatkan antusiasme mereka terhadap penitipan anak untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka, membangkitkan minat mereka dalam aktivitas, dan membuat mereka merasa aman dan diperhatikan saat pengasuh mereka pergi. Antusiasme juga menunjukkan kepada orang tua si anak bahwa kamu passionate dengan pekerjaanmu.

6. Keterampilan memecahkan masalah

Sebagai babysitter, kamu harus mampu mengevaluasi situasi dan dengan cepat mengembangkan solusi yang efektif. Masalah yang kamu hadapi bisa berkisar dari seorang anak yang sedang kesal karena hal kecil hingga situasi berpoteni berbahaya yang mengharuskanmu bertindak cepat dan tegas.

Terlepas dari besarnya masalah dan urgensi yang diperlukan, pasti ada banyak masalah yang memerlukan kemampuanmu untuk memahami suatu situasi secara menyeluruh sehingga kamu dapat menghasilkan solusi yang kreatif.

Cara Menjadi Babysitter Anak Artis

Cara menjadi babysitter anak artis artis kini menjadi topik yang banyak dicari. Hal itu tidak lepas dari nama-nama babysitter dari kedua putra Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, yaitu Sus Rini dan Mbak Lala.

Dari kedua babysitter artis papan atas tersebut, mata publik yang selama ini memandang rendah profesi babysitter kini berubah 180 derajat. Siapa sangkan, Mbak Lala dan Sus Rini bisa meraih gaji yang tinggi dan bisa keliling dunia bersama keluarga Sultan Andara.

Tapi, semua kesempatan emas tersebut tidak bisa didapatkan dengan mudah. Babysitter anak artis dituntut untuk bekerja tanpa cela dalam mengurus buah hati majikan mereka. Pun mereka harus siap sedia di mana pun dan kapan pun mengingat kesibukan artis yang begitu padatnya.

Tak heran, artis menetapkan syarat menjadi babysitter dengan kriteria yang tinggi bagi siapa pun calon pengasuh anak mereka.

Syarat Jadi Babysitter Anak Artis

Para artis tentu menginginkan proteksi yang ekstra bagi anak-anak mereka. Lantas, apa saja sih syarat jadi babysitter anak artis?

  1. Siaga 24/7: Babysitter anak artis harus mendedikasikan hidupnya untuk bekerja dan siap sedia 24 jam setiap harinya. Mereka juga harus bersedia mengikuti jadwal sang artis dan anaknya, entah itu dalam acara tertentu atau terbang ke luar negeri.
  2. Latar belakang pendidikan dan pengalaman: Pada umumnya, artis mengharuskan babysitter dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang tinggi. Kedua faktor tersebut menjadi jaminan bahwa babysitter yang akan dipekerjakan adalah sosok yang dapat dipercaya sepak terjangnya.
  3. Cekatan: Anak artis tentu mendapat sorotan yang luar biasa dari publik. Oleh sebab itu, babysitter yang mengasuh mereka harus cekatan untuk melindungi mereka dari incaran paparazzi.
  4. Terkadang, keberadaan paparazzi dan fans yang heboh membuat anak artis menjadi tidak nyaman bahkan trauma, sehingga peran babysitter di sini harus membuat mereka merasa aman.
  5. Dapat dipercaya: Menjadi babysitter anak artis artinya seseorang masuk ke dalam lingkup terdekat keluarga artis. Oleh sebab itu, mereka harus bisa menjaga kepercayaan majikan dengan tidak memanfaatkan posisi mereka untuk merugikan majikan dan menjaga kerahasiaan soal informasi anak dan artis yang bersangkutan.

Cara Mencari Lowongan Kerja Jadi Babysitter

  1. Setelah memiliki skill babysitting dan memenuhi syarat untuk menjadi babysitter profesional, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari lowongan kerjanya. Berikut ini cara menjadi babysitter anak artis yang bisa kamu lakukan.
  2. Mencari loker di situs kerja: Ada banyak situs pekerjaan yang didedikasikan khusus untuk para orang tua yang tengah mencari babysitter untuk anak mereka. Salah satu manfaat situs ini untuk menyaring jasa babysitter berdasarkan kualifikasinya.
  3. Bukan tidak mungkin juga, artis mencari jasa babysitter di situs semacam ini untuk mencari pengasuh yang tepat bagi anak mereka. Maka, buatlah profilmu sebaik dan sejujur mungkin.
  4. Jaringan: Tak jarang juga, artis mencari babysitter untuk anak mereka lewat jaringan yang mereka miliki. Biasanya, mereka mendapatkan rekomendasi dari keluarga atau rekan sesama artis yang memberikan review positif atas jasa babysitting seorang pengasuh.
  5. Bergabung dalam Yayasan Penyalur Babysitter: Cara menjadi babysitter anak artis selanjutnya adalah dengan bergabung dengan sebuah yayasan penyalur babysitter. Dengan bergabung di yayasan semacam ini, kamu hanya perlu meningkatkan skill babysitting-mu dan pihak yayasan yang akan menyambungkanmu dengan orang yang membutuhkan jasamu, termasuk para artis kenamaan.

Nah, itulah seluk-beluk profesi babysitter, skill yang harus dimiliki babysitter hingga cara menjadi babysitter anak artis agar bisa mengikuti jejak Sus Rini dan Mbak Lala, pengasuh Rayyanza dan Rafathar! (bbi)

Topik Terkait