img_title
Foto : Freepik/ yastremkaolga

IntipSeleb – Hayo, siapa yang anti banget sama makanan berlemak? Ketika mendengar tentang makanan tinggi lemak, banyak orang yang langsung berpikir untuk menjauhi makanan tersebut meskipun tidak sedang diet.

Lemak sendiri merupakan kelompok nutrisi yang telah banyak dibenci selama bertahun-tahun, sehingga banyak orang dibuat percaya untuk menghindarinya dari menu makanan sehari-hari.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan tinggi lemak yang sebenarnya baik untuk kesehatan dan harus menjadi bagian dari pola makanmu?

Lemak merupakan salah satu kelompok zat gizi yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Lemak membantu fungsi penting tubuh, seperti pertumbuhan sel, pertumbuhan dan perkembangan otak, pencernaan, dan banyak lagi.

Lemak juga membantumu tetap kenyang lebih lama setelah makan, sehingga secara keseluruhan, lemak mengurangi konsumsi kalorimu dalam sehari. Selain itu, banyak makanan berlemak tinggi juga kaya akan sumber nutrisi lain, seperti vitamin, serat, protein, dan banyak lagi.

Jadi, mari kita lihat semua daftar makanan tinggi lemak yang baik untuk kesehatan dan patut dimasukkan ke dalam menu harianmu dilansir dari Lifestyleasia.

1. Alpukat

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Menurut Medical News Today, satu buah alpukat berukuran sedang memiliki sekitar 44 gram lemak dan bahkan 6-7 gram serat. Kamu pasti pernah mendengar dari berbagai sumber bahwa alpukat mengandung banyak lemak dan sebaiknya dihindari.

Ya, alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Faktanya, sifat anti-inflamasi asam oleat mungkin berperan dalam pencegahan kanker.

2. Flaxseeds

Freepik/ azerbaijan_stockers
Foto : Freepik/ azerbaijan_stockers

Kaya akan asam lemak omega-3, biji rami juga mengandung serat yang menyehatkan. Mengandung 42,2 gram lemak per 100 gramnya, sebagian besar lemak tersebut merupakan lemak tak jenuh yang berarti menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh.

Berkat kandungan lemak dan kandungan seratnya, biji rami merupakan makanan tinggi lemak yang membuatmu merasa kenyang lebih lama dan bahkan menyebabkan penurunan kolesterol.

3. Dark Chocolate

Freepik/ 8photo
Foto : Freepik/ 8photo

Cokelat tidak pernah dianggap sebagai makanan sehat selama ini, bukan? Tapi suguhan lezat yang sangat tinggi lemak ini sebenarnya baik untukmu. Ingatlah bahwa hanya coklat hitam dengan kandungan kakao minimal 70% atau lebih yang sehat untukmu. Itu karena ini adalah bentuk paling ampuh, tanpa banyak tambahan gula atau pemanis.

Cokelat hitam sangat tinggi lemak, yang menyumbang sekitar 65% kalori. Itu juga sarat dengan antioksidan seperti resveratrol dan epicatechin.

4. Ikan Berlemak

Pinterest
Foto : Pinterest

Salah satu sumber protein hewani yang paling bergizi dan sangat dihormati, ikan berlemak adalah makanan tinggi lemak yang harus ada dalam dietmu. Ikan seperti salmon, trout, teri, mackerel, sarden, dan herring adalah contoh ikan berlemak yang baik.

Ikan tersebut kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung, protein berkualitas tinggi, serta vitamin dan mineral lainnya. Mereka juga membantu mengatur kadar gula darah, meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Keju

Freepik/jcomp
Foto : Freepik/jcomp

Makanan tinggi lemak sehat selanjutnya adalah keju. Sebagai salah satu produk susu yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia, keju adalah makanan tinggi lemak yang menyehatkan untukmu.

Selain tinggi lemak, ia juga merupakan sumber kalsium, vitamin B12, fosfor, dan selenium serta banyak nutrisi lainnya. Dengan satu ons keju yang mengandung 6 gram protein, keju juga merupakan sumber protein susu yang baik.

6. Chia Seeds

Devmaryna
Foto : Devmaryna

Jika kamu memulai pagimu dengan segelas chia seeds yang direndam, kamu telah melakukan pekerjaan yang baik untuk kesehatanmu. Jika belum, kamu harus segera memulainya.

Dianggap sebagai salah satu sumber omega-3 nabati terbaik, satu ons biji chia mengandung 8,5 g lemak, sebagian besar merupakan asam lemak omega-3. Omega-3 dapat membantu meringankan gejala rheumatoid arthritis dan mengurangi trigliserida dalam darah. Biji chia juga kaya akan antioksidan, serat, protein, zat besi, dan kalsium.

Nah, itulah sederet makanan tinggi lemak yang baik untuk kesehatan dan cocok untuk melengkapi menu harianmu. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait