img_title
Foto : GlobeGuide

IntipSeleb – Baru-baru ini viral berita soal turis asal Spanyol Vicente dan Fernanda yang tengah melakukan perjalanan dengan motor melintasi India. Fernanda lantas mengaku telah diperkosa oleh tujuh orang pria India, sedangkan Vicente dihajar, ditodong dengan pisau, dan mengalami ancaman pembunuhan.

Kasus pemerkosaan di India memang menjadi isu yang genting. Bahkan, muncul kekhawatiran di kalangan para traveler yang hendak mengunjungi negara asal Shah Rukh Khan tersebut lantaran menyangsikan keamanan diri mereka.

India merupakan negara yang menawan dengan kekayaan budaya, sejarah dan bentang alamnya yang beragam. Tapi, masalah keamanan masih menjadi topik diskusi banyak wisatawan, khususnya perempuan.

Walaupun selalu ada ancaman soal keamanan, dengan tetap mendapatkan informasi, melakukan tindakan pencegahan, dan menghormati adat istiadat setempat—selain peran dari peraturan pemerintan India terkait hal ini, maka perempuan tetap bisa memperoleh pengalaman traveling aman di India.

Pemerintah India sendiri telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan keselamatan perempuan. Selain itu, berinteraksi dengan komunitas lokal dan mencari bantuan dari sumber terpercaya, seperti staf hotel atau pusat informasi wisata, bisa meningkatkan keselamatan wisatawan ketika traveling di India.

Tips Traveling Aman di India

DW
Foto : DW

Meski banyak ditakuti karena berbagai macam kasus yang mengancam keselamatan bagi wisatawan, khususnya para perempuan, India bisa menjadi destinasi wisata yang sempurna bagi traveler permepuan jika melakukan persiapan yang tepat dan beberapa tips penting di antaranya sebagai berikut.

1. Datanglah dengan pikiran dan hati terbuka

Berhati-hati itu wajib, tapi jangan sampai rasa takut itu membuatmu gugup dan panik. Bersikaplah terbuka tapi sekaligus jangan naif. Kamu hanya akan menemukan apa yang kamu inginkan, jadi jangan membawa rasa takut.

Di luar banyaknya kasus pelecehan dan penipuan yang dialami turis selama di India, penting untuk diingat juga bahwa orang-orang India juga sangat ramah dan baik. Jadi, jangan sampai muncul judgemental di kepalamu bahwa orang India adalah jahat hanya karena kasus yang sebenarnya juga banyak terjadi di negara lain.

2. Menjunjung budaya setempat

India sangatlah luas dan kaya. Maka, mengetahui sebanyak mungkin tentang budaya dapat membantu mempersiapkan dirimu sebelum menjejakkan kaki di sana.

Misalnya, banyak wisatawan yang mengunjungi Rajashtan untuk destinasi wisata mereka. Tapi, bukan berarti hal itu membuat negara bagian ini menjadi kebarat-baratan. Sebab, Rajashtan tergolong sebagai wilayah yang tradisional dan konservatif.

Mengenakan tank top dan celana pendek di Rajashtan adalah hal yang tidak pantas dan dapat mengundang perhatian yang tidak mengenakkan di sana.

Di sisi lain, misalnya di Colaba dan Bandra yang terletak di Mumbai, yang sudah cukup terbuka dengan budaya-budaya luar, mengenakan pakaian yang terbuka bisa diterima dan dianggap lumrah, mengingat di sana masyarakat cenderung lebih moderat.

3. Lakukan riset mendalam

Baca sebanyak mungkin informasi tentang India, entah lewat internet, buku, maupun film. India memiliki kekayaan sejarah dan budaya masa lalu yang kental dan sebagian masyarakatnya masih tradisional, meskipun lekat dengan kemewahan Bollywood.

Cari tahu sebanyak mungkin tentang masyarakat India, karena ini akan membuat perjalanan menjadi lebih mudah. Alih-alih cuek dan kesal dengan perbedaan budaya di India, lebih baik nikmati perjalananmu dengan mencoba untuk memahami dan menunjukkan rasa hormat terhadap budaya setempat. Bukankah itu esensi dari traveling?

4. Menyesuaikan diri

Ketika memutuskan untuk traveling ke India, jangan kamu pikir bisa bertindak seenaknya seperti ketika berkunjung ke negara-negara Barat atau negara asalmu. Perlu diingat bahwa India tengah mengalami perubahan besar di tengah identitasnya sebagai bangsa yang menjunjung tradisi.

Sangat bijak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan setempat, misalnya dengan mengenakan pakaian longgar dan sopan, menahan diri berperilku terlalu bersahabat dengan pria tak dikenal, dan hindari aktivitas di luar ruangan saat malam hari.

5. Percaya diri

Ini menjadi tips traveling aman di India bagi para perempuan. Cara membawa diri memainkan peran besar dalam keamanan perjalananmu. Jika kamu percaya diri, kecil kemungkinan kamu menarik perhatian yang tidak diinginkan.

Para pelaku pelecehan dan pemerkosaan biasanya mencari perempuan yang mereka anggap sebagai sasaran empuk, salah satunya adalah perempuan yang mereka kira tidak akan melakukan perlawanan.

Walau begitu, kamu tetap harus waspada di India, tidak mudah untuk mengetahui apakah orang-orang di sekelilingmu ada yang berniat buruk atau tidak. Maka, penting untuk memiliki teman terpercaya yang berasal dari India asli, serta memilih perusahaan travel terpercaya.

6. Perhatikan cara berkomunikasi dengan pria India

Di India, kamu harus berhati-hati dalam berhubungan dengan laki-laki, khususnya laki-laki berpendidikan rendah yang bekerja di bidang jasa, transportasi atau perhotelan. Dengan kata lain, bersikap terlalu ramah bisa mengirimkan sinyal yang salah kepada mereka.

Sadari bahwa sebagian besar masyarakat India masih tergolong tradisional. Ada banyak yang tak memahami sikap ramah dengan menganggap itu sebagai sesuatu yang mengundang mereka untuk melakukan tindakan tak senonoh.

7. Tetapkan strategi dalam penggunaan transportasi

Rencanakan perjalananmu agar tidak tiba di lokasi pada malam hari, apalagi tengah malam. Selain itu, cobalah meminta seseorang yang kamu percaya untuk menjemputmu di stasiun atau bandara. Banyak hotel dan layanan tur yang menawarkan penjemputan dan ini bisa kamu manfaatkan.

Selalu beri tahu seseorang ke mana kamu akan pergi dan tetaplah terhubung dengan mereka agar mereka bisa memastikan keberadaanmu juga.

Ketika menaiki taksi atau transportasi umum lainnya, mintalah seseorang untuk mengantarmu ke luar. Kamu juga bisa menelepon seseorang dan dengan lantang beritahukan nomor taksinya, sehingga pengemudi bisa mendengarnya dan takut untuk berbuat macam-macam.

8. Menggunakan pakaian tertutup

Tips ini mungkin terdengar tidak berpihak pada korban, mengingat dengan pakaian model apapun setiap orang bisa mengalami pelecehan. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa India merupakan negara yang menjunjung tingga budaya.

Jadi, disarankan untuk wisatawan untuk menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup, terlebih ketika berada di kawasan yang cenderung konservatif.

9. Pelajari bahasa India secukupnya

Mempelajari kosakata dan beberapa frasa dasar dalam bahasa India bisa menjadi salah satu tips traveling aman di India bagi turis asing. Kemampuan bahasa lokal akan sangat membantumu dalam berkomunikasi dan membangun hubungan baik dengan penduduk setempat.

10. Sediakan nomor darurat

Saat kamu berada di India, beri tahu kontak lokalmu, baik teman atau saudara atau operator tur tempatmu memesan hotel. Beri tahu mereka rencana perjalananmu dan bagikan nomor kontakmu kepada mereka. Ingat, hubungi mereka segara untuk meminta pertolongan ketika dalam keadaan darurat.

11. Jangan keluar terlalu larut malam

Jika kamu bepergian di daerah terpencil, disarankan untuk tetap berada di dalam rumah setelah hari gelap. Aktivitas normal di desa-desa ditutup setelah gelap. Namun, jika kamu tinggal di kota kecil atau kota besar, kamu bisa keluar pada malam hari. Walau begitu, tetap waspada karena peluang kejahatan bisa saja muncul. Jadi, usahakan untuk menghindarinya.

Nah, itulah sederet tips traveling aman di India yang bisa diterapkan oleh para wisatawan, khususnya para perempuan untuk menghindari hal buruk yang bisa terjadi. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait