img_title
Foto : Ilustrasi - Pixabay

IntipSelebDemam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit serius yang disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti, sering ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia.

Pada suasana Ramadan yang penuh kehangatan saat ini, cuaca ektra tinggi dimungkinkan akan terjadinya wabah DBD yang akan mengancam jiwa kita semua.

Demam dengue juga disebut sebagai "breakbone fever" atau "bonebreak fever" (demam sendi) karena dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulang mereka patah.

Beberapa faktor yang mempengaruhi penyebarannya meliputi rendahnya kekebalan tubuh, meningkatnya jumlah nyamuk saat musim hujan, dan banyaknya genangan air di berbagai tempat seperti ban bekas, kaleng, dan tempat lainnya.

Tips Pertolongan Awal Terhadap Penderita DBD Menurut Kemenkes RI

Jika terdapat anggota keluarga atau orang terdekat yang mengalami gejala DBD, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama.

- Tirah baring (bedrest)
- Perbanyak minum air minimal 2 liter per hari
- Kompres hangat
- Berikan obat pereda demam, jika demam tinggi
- Jika dalam 2-3 hari gejala semakin memburuk seperti tampak lemas, muntah-muntah, mimisan, pendarahan gusi, dan sebagainya segeralah dibawa ke rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk ditangani lebih lanjut.

Tips Pencegahan DBD

Selain itu, pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien hingga saat ini yaitu dengan cara Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) menggunakan metode 3M Plus (Menguras, Menutup, Mendaur Ulang Barang Bekas).

Menguras

Topik Terkait