img_title
Foto : Snapy

IntipSeleb – Lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Hari raya ini disebut sebagai hari kemenangan lantaran terjadi pada 1 Syawal, tepat setelah sebulan lamanya menjalankan puasa Ramadan.

Selain berkumpul dengan sanak saudara, hal yang paling ditunggu-tunggu dari hari lebaran adalah THR (Tunjangan Hari Raya). Biasanya, THR diberikan perusahaan kepada pegawai atau bos kepada karyawannya.

Akan tetapi, di Indonesia berkembang sebuah tradisi di mana para orang dewasa akan memberikan THR untuk anak-anak, baik itu adik, saudara, keponakan ataupun tetangga. Tradisi ini tentu menjadi hal yang paling ditunggu oleh anak-anak ketika hari lebaran tiba.

Biasanya, THR lebaran untuk anak-anak diberikan dalam bentuk uang yang dibungkus amplop bergambar lucu agar terlihat semakin menarik. Tapi, jika kamu ingin sedikit lebih kreatif di momen lebaran tahun ini, kamu bisa lho mengganti konsep THR-nya.

Ide THR Lebaran Anak-anak

Shopee
Foto : Shopee

Penasaran nggak sih inovasi apa yang bisa kamu lakukan ketika memberikan THR lebaran untuk anak-anak di hari raya nanti? Yuk intips ide THR lebaran untuk anak-anak yang unik dan kreatif!

1. Coklat batangan atau coklat karakter

Coklat menjadi makanan yang digemari banyak orang, termasuk anak-anak. Hampir semua anak-anak menyukai coklat karena rasanya yang manis dan lezat.

Nah, supaya THR lebaran untuk anak-anak terlihat lebih unik, kamu bisa menggantinya dengan sebatang coklat atau coklat karakter bergambar yang banyak ditemukan di pasaran. Kamu bisa menghiasnya dengan pita agar tampak lebih cantik.

Untuk ide THR lebaran untuk anak-anak yang satu ini, kamu bisa memberikan coklat saja atau bisa juga menyelipkan uang di sela-sela bungkus coklat dana pita dengan nominal yang sesuai dengan kemampuanmu.

2. Permen Lolipop

Ide THR lebaran untuk anak-anak selanjutnya adalah permen lolipop. Agar tidak mainstream, kamu bisa memilih permen lolipop yang unik atau bergambar karakter tertentu.

Kamu bisa mengikatkan pita di batang permennya agar tampak lebih lucu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan nominal uang yang diikatkan di bagian batang permen dengan pitanya.

3. Aksesoris Lucu

Alih-alih memilih makanan atau hal-hal yang cepat habis lainnya, kamu bisa memberikan berbagai aksesoris lucu sebagai ide THR lebaran untuk anak-anak. Dijamin barangnya akan awet dan berguna untuk waktu yang lama.

Kamu bisa membeli aksesoris sesuai dengan yang disukai oleh si penerima, misalnya bros-bros lucu, penjepit rambut, jam tangan, dan masih banyak lagi.

4. Alat Tulis

Alat tulis merupakan benda yang dibutuhkan oleh anak-anak di usia sekolah. Maka dari itu, kamu bisa menggunakannya sebagai salah satu opsi ide THR lebaran untuk anak-anak yang bermanfaat.

Akan tetapi, kamu perlu mengakalinya dengan memberikann hiasan seperti pita agar alat tulisnya tampak tidak biasa. Kamu juga bisa mengemasnya dengan plastik kado agar alat tulisnya tidak kotor sebelum digunakan.

5. Mainan

Momen lebaran adalah waktu di mana keluarga besar berkumpul untuk bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan. Terkadang, momen ini juga bisa menjadi momen reuni keluarga yang telah lama tidak berjumpa karena jarak yang terbentang. Tentunya, anak-anak akan berkumpul dengan anak-anak seusianya untuk bermain bersama. Jadi, mainan bisa menjadi salah satu ide THR untuk anak-anak yang berguna untuk momen kumpul keluarga tersebut.

6. Gantungan Kunci

Gantungan kunci lucu juga bisa menjadi salah satu opsi ide THR lebaran untuk anak-anak yang unik. Benda ini nantinya bisa dipasang di kunci lemari, tas, kotak pensil dan sebagainya. Terlebih jika gantungan kunci yang digunakan bergambar karakter yang mereka suka, tentu mereka akan senang sekali saat menerimanya.

7. Dompet

Anak-anak biasanya akan mendapatkan banyak THR dari orang-orang dewasa di sekelilingnya, seperti orang tua, paman dan bibi, kakek dan nenek, kakak, sepupu dan lain sebagainya.

Maka dari itu, dompet mungkin bisa menjadi ide THR lebaran untuk anak-anak yang unik dan bermanfaat. Dompet yang kamu berikan bisa langsung mereka gunakan untuk menyimpan uang-uang yang mereka miliki.

8. Celengan Karakter

Ide THR lebaran untuk anak-anak yang unik lainnya adalah celengan. Celengan ini bisa digunakan untuk anak-anak menyimpan uang yang mereka dapatkan agar mereka bisa belajar untuk berhemat dan tidak menghambur-hamburkan uang yang mereka terima secara cuma-cuma.

Agar semakin senang ketika menerimanya, kamu bisa memilih aneka celengan berbentuk unik atau celengan bergambar karakter yang warna-warni sesuai dengan yang mereka sukai.

9. Snack

Ide THR anak-anak selanjutnya adalah snack atau makanan ringan. Kamu bisa membeli aneka makanan ringan dalam jumlah besar dan mengemasnya dalam kemasan-kemasan menarik dengan hiasan pita atau hiasan lainnya agar tampak lebih lucu.

Nah, itulah sederet rekomendasi ide THR lebaran untuk anak-anak yang unik dan kreatif yang bisa kamu siapkan untuk adik, keponakan dan saudara-saudara kecilmu. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel-artikel InTips berikutnya, ya!

Topik Terkait