img_title
Foto : Freepik/stoccing

IntipSeleb – Ketika kita membicarakan mudik, pasti terlintas dalam pikiran kita gambaran tentang tradisi yang mengasyikkan, dimana kita berkumpul dengan keluarga, menikmati makanan lezat, dan bersenang-senang. Namun, dibalik ceria tersebut, terdapat ancaman yang serius bagi keselamatan, yaitu microsleep.

Apa sih yang dimaksud dengan mircosleep yang bisa membahasakan para pemudik? Yuk intip di bawah ini.

Penjelasan Microsleep

Ilustrasi - Pixabay
Foto : Ilustrasi - Pixabay

Microsleep, sebagaimana dijelaskan oleh Dr. Gammarida Magfirah dari kanal YouTube Kata Dokter, adalah sebuah fenomena dimana rasa kantuk tiba-tiba menyergap seseorang dan dia tertidur tanpa sadar hanya dalam waktu 3 sampai 4 detik, sebelum terbangun kembali. Meskipun terdengar sepele, namun hal ini sangatlah berbahaya, terutama bagi pengendara di jalan raya.

Bayangkan jika kamu sedang mengemudi pulang ke kampung halaman dengan penuh semangat untuk merayakan momen spesial bersama keluarga, namun tiba-tiba mata kamu terasa berat, kepala terasa mengantuk, dan tanpa disadari kamu masuk ke dalam masa microsleep. Hanya dalam hitungan detik, kamu mungkin sudah mengalami kecelakaan yang fatal.

Menurut penjelasan dari Dr. Gammarida, masa microsleep ini bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan. Microsleep selama 3 sampai 4 detik sudah cukup untuk menjadi pemicu kecelakaan yang serius. Ketika seseorang tertidur dalam waktu singkat di tengah aktivitas, responsnya akan terganggu, dan ini bisa sangat berbahaya saat mengemudi.

Topik Terkait