img_title
Foto : Istimewa

IntipSeleb – Gaya hidup kini semakin bergeser ke arah yang lebih apresiatif terhadap warisan budaya lokal, dan tidak ketinggalan, dunia fashion juga ikut meramaikan sorotan dengan mempersembahkan gelaran seru, Kelana Wastra Fashion Fest 2024 (KAWFEST 2024). Bersama-sama, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan DEKRANAS, didukung oleh enam perusahaan BUMN ternama untuk menggelar pesta mode yang sangat dinantikan ini.

KAWFEST 2024, yang menjadi bagian tak terpisahkan dari Bazar UMKM Untuk Indonesia, bertujuan tidak hanya untuk meramaikan panggung fashion tanah air tetapi juga untuk memberikan dukungan nyata bagi pengembangan dan perluasan pasar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Tahun ini, acara ini akan mengunjungi 8 kota besar di Indonesia, mulai dari Jakarta hingga Labuan Bajo, dengan total 13 kali bazar yang diadakan. Seperti apa informasi selengkapnya terkait acara ini? Yuk intip di bawah ini.

KAWFEST 2024

istimewa
Foto : istimewa

Namun, apa yang membuat KAWFEST 2024 begitu spesial? Jawabannya adalah tema yang diusungnya, yaitu wastra! Ya, kain tradisional Indonesia kembali mendapat sorotan melalui KAWFEST 2024 dengan tema Kelana Wastra Nusantara. Acara ini bukan hanya sekedar pesta mode biasa, tetapi juga merupakan wadah bagi para desainer muda untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam menciptakan busana yang memesona dari wastra Nusantara.

Menurut Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, tujuan utama KAWFEST ini adalah untuk memperkuat industri kreatif fesyen, meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap fesyen wastra Nusantara, serta mendukung regenerasi desainer fesyen lokal.

Keberagaman budaya Indonesia dapat terlihat dari berbagai jenis wastra dan motif yang ditampilkan dalam keunikan wastra nusantara dari masa ke masa. Keunikan wastra nusantara tersebut memiliki nilai jual baik di tingkat nasional maupun global,” kata Ibu Loto dalam keterangannya.

Topik Terkait