img_title
Foto : Instagram/chndrika_

IntipSeleb – Membangun circle pertemanan yang positif merupakan hal yang penting untuk dilakukan demi kesejahteraan sosial, emosional dan mental. Sebab, ketika seseorang salah memilih circle pertemanan, ada dampak negatif yang siap mengintai.

Berkaca dari kasus yang baru-baru ini terjadi pada Chandrika Chika, circle pertemanan yang buruk bisa menyeret seseorang terlibat dalam berbagai permasalahan, salah satunya adalah narkoba.

Agar tidak salah pilih circle, berikut ini kami menyajikan sederet tips membangun pertemanan yang positif. Tapi, sebelumnya simak sedikit ulasan terkait kasus yang menimpa Chandrika Chika terlebih dahulu yuk!

Kasus Narkoba Chandrika Chika

chndrika_/instagram
Foto : chndrika_/instagram

Selebgram Chandrika Chika baru-baru ini kembali menjadi sorotan publik setelah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Pihak kepolisian dari Polres Metro Jakarta Selatan pun telah menyampaikan alasan dari selebgram tersebut menggunakan narkotika.

Chika diamankan bersama dengan 5 orang lainnya yang berasal dari kalangan selebgram dan atlet eSports. Pihak kepolisian telah menetapkan mereka sebagai tersangka kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa Chika sendiri telah menggunakan narkoba sejak satu tahun belakangan.

AKP Reska Anugrah juga menyampaikan jika para tersangka ini tidak memiliki alasan khusus menggunakan narkoba. Sebab, penggunaan narkoba sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan mereka.

“Tidak ada khusus untuk keperluan doping, sifatnya karena pergaulan dalam circle yang sudah sering menggunakan narkoba dan merupakan hal yang lumrah dalam circle pertemanan,” ujarnya.

Chandrika Chika dan 5 orang lainnya diamankan di salah satu hotel di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan sekitar pukul 23.00 WIB pada Senin, 22 April 2024.

Mereka diamankan setelah adanya laporan warga yang menyebutkan jika ada hotel yang dijadikan tempat penyalahgunaan narkoba. Setelah didatangangi diamankan 6 orang yang telah menggunakan narkoba.

Dari penangkapan tersebut, pihak kepolisian mengamankan sebuah rokok elektrik atau pods yang berisi cairan jenis ganja. Pods tersebut digunakan bersama-bersama oleh 6 oran tersebut. Keenam tersangka tersebut lantas dikenakan Pasal 127 UU 35 Tahun 2009 dengan ancaman pidana 4 tahun.

Tips Membangun Circla Pertemanan yang Positif

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Berikut ini kami sajikan sederet tips membangun circle pertemanan yang positif agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif berkaca dari kasus yang menimpa Chandrika Chika.

1. Kenali nilai yang kamu junjung dan minatmu

Identifikasi nilai-nilai atau prinsip yang kamu junjung dan pertahankan serta minat atau hobimu. Cari orang-orang dengan minat serupa denganmu agar kalian bisa membentuk hubungan yang lebih mendalam dan bermakna.

2. Bersikap terbuka dan ramah

Bersikap terbuka dan ramah merupakan salah satu tips membangun circle pertemanan yang positif. Bersikaplah ramah kepada orang-orang baru dan bersedialah untuk mendengarkan serta berbicraa dengan orang-orang dengan penuh rasa penghargaan dan penghormatan.

3. Ikuti kegiatan sosial dan komunitas yang positif

Bergabunglah dengan komunitas atau organisasi sosial yang sesuai dengan minatmu. Partisipasimu dalam kegiatan komunitas akan membuka kesempatan untuk bertemu orang-orang baru dan membangun hubungan yang positif.

4. Terlibat dalam berbagai hal di sekolah atau lingkungan kerja

Jadilah proaktif di lingkungan kerja atau sekolah dengan berpartisipasi dalam proyek bersama, kelompok diskusi, atau kegiatan sosial. Ini membantumu membangun jaringan pertemanan yang positif di lingkungan tersebut.

5. Gunakan teknologi dengan bijak

Manfaatkan teknologi dan media sosial serta platform online lainnya dengan bijak untuk membangun dan memelihara hubungan. Tetaplah terhubung dengan teman-teman yang ada dan carilah teman-teman baru dengan minat yang sejalan denganmu.

6. Jadilah pendengar yang baik

Belajarlah untuk mendengarkan dengan baik dan memberikan perhatian penuh ketika berbicara dengan teman-temanmu. Menjadi pendengar yang baik akan membantumu membangun circle pertemanan yang positif, kuat dan saling pengertian.

7. Hormati dan hargai teman-teman

Hormatilah perbedaan pendapat dan pandangan teman-temanmu. Hargai keunikan mereka dan berikan mereka dukungan yang positif.

8. Membantu orang lain

Tawarkan bantuan dan dukunganmu kepada teman-teman yang membutuhkan. Menjadi orang yang bisa diandalkan dan membantu akan membangun kepercayaan dan persahabatan yang kuat.

9. Kelola konflik dengan bijak

Jika terjadi konflik atau perbedaan pendapat, atasi dengan cara yang dewasa dan hormatilah pendapat masing-masing pihak. Hindari konfrontasi negatif dan cari solusi yang saling menguntungkan satu sama lain.

10. Jaga komunikasi agar tetap terbuka

Jaga jakur komunikasimu dan teman-teman agar tetap terbuka. Berbicaralah secara terus terang dan jujur tentang perasaan, harapan, dan kebutuhanmu agar tidak menjadi bom waktu di masa yang akan datang.

11. Bangun hubungan yang seimbang

Usahakan untuk menjalin hubungan yang seimbang di mana kedua belah pihak memberikan dan menerima dukungan, perhatian serta bantuan.

Ingatlah bahwa membangun komitmen pertemanan yang positif membutuhkan waktu, kesabaran, dan komitmen. Fokuslah pada hubungan yang memperkaya hidupmu dan memberikan dukungan positif.

Nah, itulah sederet tips membangun circle pertemanan yang positif agar tidak terjerumus kepada hal-hal negatif, berkaca dari kasus yang menimpa Chandrika Chika.

Topik Terkait