X

IntipSeleb – Baru-baru ini, rapper asal Filipina bernama Flow-G dan Skusta Clee dituding menjiplak lagu DDAENG milik RM, Suga, dan J-Hope BTS. Mengetahui hal tersebut, tentu membuat ARMY, sebutan nama fandom untuk boyband asuhan Bighit Entertainment tersebut naik pitam.

Pada 22 September 2020 lalu, Flow-G dan Skusta Clee, member yang tergabung tergabung dalam grup kolektif hip-hop bernama Ex Battalion, merilis lagu berjudul DEYM - 90's Gang dalam rangka promosi brand clothing line terbaru. Berselang seminggu, ARMY baru menyadari bahwa karya tersebut terdengar mirip dengan lagu DDAENG milik BTS. Seperti apa detailnya? Simak artikel di bawah ini.

Baca Juga: Jungkook BTS Terciduk Ucap Kata Kasar di Lagu Savage Love, Fans Senang

Flow-G dan Skusta Clee Dituduh Plagiat Lagu Ddaeng milik BTS

img_title
Foto : Allkpop

Ex Battalion merupakan grup hip-hop yang cukup populer di Filipina. Mereka telah mengumpulkan lebih dari 800 juta penayangan di YouTube. Dan belum lama ini, dua rapper yang tergabung dalam grup tersebut bernama Flow-G dan Skusta Clee, merilis lagu berjudul DEYM di bawah nama duo Gang 90.

Lantas lagu berjudul DEYM tersebut disadari oleh ARMY terdengar mirip dengan lagu DDAENG milik BTS. Lagu DDAENG sendiri dinyanyikan oleh tiga rapper utama BTS, yakni RM, Suga, dan J-Hope yang dirilis tahun 2018 dalam rangka BTS Festa.

ARMY Naik Pitam

img_title
Foto : @bts_bighit/Twitter

Dengan ini, ARMY menduga bahwa Flow-G dan Skusta Clee secara sengaja mencuri beat milik BTS untuk membuat lagu DEYM. Bahkan, ada seorang penggemar mencoba mencocokkan tempo setiap lagu dengan membuat klip perbandinga. Kemiripan antara lagu DDAENG dan DEYM tidak bisa disangkal karena iramanya sama, menandai setiap baris memiliki alunan yang terdengar serupa.

Selain itu, penggemar juga menemukan bahwa DEYM memiliki kemiripan dengan lagu Bad Boy milik BIGBANG. Lagu yang dinyanyikan oleh G-Dragon, Seungri, T.O.P, Taeyang, dan Daesung tersebut diluncurkan 10 tahun silam, tepatnya di 2010.

Pembelaan dari Flow-G dan Skusta Clee

img_title
Foto : Berbagai Sumber

Menanggapi tudingan plagiarisme ini, Flow-G memberikan klarifikasi melalui Facebook pribadinya. Dalam postingan tersebut, ia mengklaim bahwa hanya menggunakan alunan, kata-kata, serta beat ‘mainstream’ untuk menghasilkan lagu DEYM. Dia juga menegaskan bahwa lagu DEYM tidak ada hubungannya dengan DDAENG.

Flow-G kemudian membuat ARMY kesal karena dia menyatakan semuanya hanya kebetulan. Dengan ini, dia menuduh penggemar karena telah mencemarkan nama baiknya. Sang rapper tiba-tiba menautkan video YouTube yang mengklaim bahwa BTS telah menjiplak banyak lagu. 

Tidak berselang lama, Flow-G membela diri melalui sebuah cuitan di Twitter pribadinya. Ia menuliskan bahwa hanya meminjam beat dari lagu DDAENG. Selang beberapa saat setelah melontarkan pernyataan tersebut, Flow-G menggembok akun Twitter-nya sekaligus menghapus akun Facebook pribadi. 

Mengingat Flow-G dan Skusta Clee menolak untuk mengakui kesalahannya, ARMY telah melaporkan hal ini ke Bighit Entertainment lewat e-mail perusahaan. Hingga artikel ini ditulis, pihak agensi belum memberikan pernyataan resmi terkait tudingan plagiarisme yang dilakukan oleh dua rapper asal Filipina tersebut.

Sementara itu, DDAENG sendiri memiliki arti spesial untuk ARMY karena RM, Suga, dan J-Hope memproduksi sendiri lagu tersebut. Kini, BTS tengah disibukkan dengan aktivitas promosi untuk single terbaru mereka, Dynamite.

Berita Terkait :

Saksikan Juga