X
  • Lee Jonghyun, Kwon Mina, Woojin

IntipSeleb – Bagi sebagian besar penggemar, tahun 2019 termasuk dalam tahun yang cukup kelam karena satu persatu idola mereka memutuskan untuk keluar dari grup yang sudah membesarkan namanya. Alasan untuk hengkang pun beragam, ada yang sudah disadari oleh penggemar dari jauh-jauh hari, tapi tidak sedikit pula yang mengumumkan secara mendadak.

Meski menyakitkan, namun para penggemar tidak bisa melakukan apa pun selain tetap memberikan dukungan atas keputusan yang diambil oleh sang idola. Dirangkum oleh tim Intipseleb, berikut adalah sederet idola Kpop yang keluar dari grupnya di tahun 2019. Scroll artikelnya yuk!

Kwon Mina

Kwon Mina AOA
Sumber Foto: News C

Pada paruh pertama tahun 2019, girlband AOA kembali kehilangan anggota grupnya. Sang rapper, Kwon Mina, memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan pihak agensi, FNC Entertainment setelah tujuh tahun bernaung. 

“Mina, yang telah bersama kami selama tujuh tahun, telah memutuskan untuk berpisah dengan kami untuk mengikuti mimpinya setelah melakukan diskusi menyeluruh dengan agensi (kami). Untuk menghormati pilihannya, kami telah memutuskan kontraknya dan kepergiannya dari grup,”  tulis FNC Entertainment.

B.I

B.I Eks iKON
Sumber Foto: YG Entertainment

Leader dari boyband iKON, B.I memutuskan untuk keluar dari grup pada 12 Juni 2019 lalu. Pemilik nama asli Kim Han Bin tersebut menuturkan alasannya hengkang dari iKON lewat sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya. Dia mengatakan bahwa akan introspeksi diri usai terseret dalam kasus dugaan penggunaan narkoba.

Setelah penyelidikan lebih lanjut, ternyata pelantun Love Scenario ini terbukti pernah mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Dengan penuh penyesalan, B.I pun meminta maaf kepada iKONICS, sebutan nama fandom untuk iKON yang kecewa atas tindakannya tersebut. 

Kangin

Kangin
Sumber Foto: DongA

Menyusul di bulan Juli, salah satu personil Super Junior, yaitu Kangin, juga memutuskan untuk keluar dari grup yang sudah bersamanya selama 14 tahun terakhir. Pria 34 tahun tersebut menyebutkan bahwa dirinya merasa bersalah kepada para anggota Super Junior yang harus mengalami masa-masa sulit karena dirinya. 

Seperti diketahui, Kangin sempat beberapa kali terseret dalam serangkaian kasus dan skandal. Mulai dari melakukan kekerasan pada wanita, tabrak lari dalam keadaan mabuk, terlibat perkelahian, hingga mangkir dari sesi latihan ketika menjalani wajib militer.

Laun

Laun
Sumber Foto: Topstarnews

Salah satu personil dari boyband ONF, Laun, juga masuk dalam jajaran idola Kpop yang hengkang dari grupnya tahun ini. Pihak agensi, WM Entertainment menyebutkan bahwa Laun memiliki alasan pribadi yang membuatnya harus meninggalkan ONF.

“Saat bersiap untuk melakukan comeback, agensi kami mencapai kesepakatan akhir dengan Laun untuk menghentikan semua kegiatannya di industri hiburan karena alasan pribadi. Pada tanggal 23 Agustus 2019, Laun telah meninggalkan ONF dan kontraknya dengan kami telah berakhir,” ungkap agensi, dikutip Soompi

Lee Jonghyun

Jonghyun CNBLUE
Sumber Foto: Golden Disk

Keluarnya gitaris dari band CNBLUE, Lee Jonghyun, sudah diduga oleh banyak penggemar. Usai terseret dalam kasus Jung Joon Young, idola sekaligus aktor ini pun membuat keputusan yang cukup berat, tidak hanya untuk dirinya tapi juga BOICE, sebutan nama penggemar untuk CNBLUE. 

Jonghyun juga sempat menjadi bahan perbincangan publik akibat pesan seronok yang dia kirimkan pada seorang YouTuber bernama Park Min Jung. Lewat agensinya pada 28 Agustus 2019 lalu, dia meminta maaf kepada para penggemar atas tindakannya yang tidak menghormati perempuan. 

Jenny

Jenny DIA
Sumber Foto: NewsC

Alasan kesehatan membuat Jenny terpaksa harus meninggalkan girlgroup DIA. Berdasarkan pernyataan MBK Entertainment, Jenny telah menderita nyeri lutut sejak promosi album SUMMER ADE tahun 2018 silam. Setelah melakukan banyak pemeriksaan, Jenny didiagnosis menderita  osteomalacia di lututnya, sehingga disarankan oleh dokter untuk tidak melanjutkan kegiatan sebagai anggota DIA.

“Setelah banyak pembicaraan dengan Jenny, kami telah mencapai kesepakatan bahwa Jenny harus menghentikan semua kegiatannya bersama DIA dan fokus pada kesehatan dan pemulihannya. Kami ingin meminta maaf kepada semua AID (sebutan nama penggemar untuk DIA) yang telah menunggu lama untuk melihat Jenny dalam keadaan sehat. Kami sekali lagi meminta maaf,” kata pihak agensi.

Hwall

Hwall The Boyz
Sumber Foto: Cre.ker Entertainment

Satu dari dua belas anggota dari The Boyz, Hwall, sempat vakum selama beberapa bulan dari seluruh kegiatan grup. Pada akhirnya, lelaki 19 tahun ini memutuskan untuk keluar dari grup yang telah membesarkan namanya karena alasan kesehatan.

Dalam pernyataan resmi dari Cre.ker Entertainment selaku agensi yang menaungi The Boyz, diketahui alasan kuat yang membuat Hwall harus meninggalkan grup karena kesehatan psikologis dan cedera pada kakinya yang tidak kunjung membaik.

Woojin

Woojin Stray Kids
Sumber Foto: JYP Entertainment

Dan yang paling terbaru, vokalis utama dalam Stray Kids yakni Woojin, mengumumkan hengkang dari grup dan agensinya pada Senin, 28 Oktober 2019. Dalam pernyataan yang dirilis oleh agensi JYP, keluarnya Woojin disebabkan oleh alasan pribadi yang tidak bisa diungkapkan secara detail.

“Woojin, yang telah bersama Stray Kids sebagai salah satu anggotanya hingga saat ini, telah meninggalkan grup karena alasan pribadi dan mengakhiri kontrak eksklusifnya. Kami menyampaikan permintaan maaf karena membuat banyak penggemar cemas dengan berita mendadak ini,” tulis JYP.

Disebutkan pula bahwa Woojin akan menekuni bidang lain untuk kariernya di masa depan, “Kami meminta banyak dukungan untuk Woojin yang akan menempuh jalan baru, dan kami juga meminta dukungan hangat dari STAY (sebutan nama fandom untuk Stray Kids) untuk delapan anggota Stray Kids yang tersisa,” kata agensi.