X

IntipSeleb – Skandal manipulasi chart ramai diperbincangkan sejak Park Kyung menuliskan sebuah cuitan di akun Twitter pribadinya. Dalam tweet kontroversial itu, anggota boy band Block B ini menyebutkan nama-nama penyanyi yang melakukan sajaegi atau manipulasi pada tangga musik lagu, antara lain duo Vibe, Song Ha Ye, Lim Jae Hyun, Jeon Sang Keun, Jang Deok Cheol, dan Hwang In Kook.

Pada 24 November 2019, kicauan tersebut langsung dihapus oleh agensi yang menaungi Park Kyung, Seven Seasons. Pihak agensi juga meminta maaf kepada penyanyi-penyanyi yang namanya disebutkan dan dituduh melakukan sajaegi oleh artis asuhannya tersebut.

Meski demikian, semua agensi yang menaungi para penyanyi yang namanya disebut oleh Park Kyung telah menyatakan niatnya untuk menempuh jalur hukum karena dianggap telah mencemarkan nama baik dan menyebarkan rumor tidak berdasar. Sementara rapper dalam Block B tersebut tak tinggal diam. Park Kyung berencana menunjuk pengacara untuk mengungkap skandal sajaegi yang kian mewabah di industri musik Korea Selatan.

Baca Juga: Bisa Bubar, Mnet Umumkan Nasib X1 dan IZ*ONE Bulan Ini

Karena keberanian Park Kyung menyindir soal manipulasi chart, skandal tersebut kini dinamai Park Kyung Gate. Dan baru-baru ini, salah satu personil BTS yakni Jin menyinggung hal tersebut dalam pidatonya di ajang penghargaan MAMA 2019.

Jin BTS Sindir Soal Sajaegi di MAMA 2019?

Jin BTS
Sumber Foto: Mnet

Pada Kamis, 4 Desember 2019, telah diselenggarakan Mnet Asian Music Awards (MAMA 2019) di Nagoya Dome, Jepang. BTS sukses menyabet empat kategori Daesang alias All-Kill untuk kedua kalinya dalam ajang penghargaan musik bergengsi tersebut.

Dalam pidato kemenangan untuk kategori Song of the Year, Jin disebut-sebut menyindir isu manipulasi chart yang sedang ramai diperbincangkan. Pertama, dia mengapresiasi seluruh kerja keras, keringat, hingga air mata para penyanyi yang telah bersusah payah merilis karya-karya terbaik mereka.

“Kami bekerja keras untuk mengerjakan lagu-lagu kami. Dan di album kami selanjutnya, kami akan terus menghadirkan yang terbaik dari yang terbaik untuk kalian juga. Demikian juga, semua artis (termasuk yang hadir di sini yang telah) membuat musik yang luar biasa akhir-akhir ini,” kata sang Mr. Worldwide Handsome, dikutip dari Koreaboo

Baca juga: 15 Fakta Jin BTS, Mr. Worldwide Handsome Ulang Tahun ke-27

Selanjutnya, idola 27 tahun itu menggarisbawahi bahwa semua lagu layak untuk didengar dan diapresiasi dengan layak. Meskipun Jin mengatakan hal tersebut dengan penuh hati-hati, tapi banyak penggemar meyakini bahwa dia tengah menyinggung soal kontroversi manipulasi chart.

“Aku benar-benar ingin kita hidup di dunia di mana semua lagu itu didengar dan mendapatkan pengakuan yang layak. Aku tahu ada beberapa cara negatif untuk melakukan ini, tetapi musik harus dilakukan dengan cara yang jujur. Aku berharap untuk hidup di dunia yang mana musik diproduksi dengan itikad baik, dan didengar dengan itikad baik, tutupnya.

Dapat Dukungan Penuh dari K-Netz

Jin BTS
Sumber Foto: Osen

Pidato yang dibawakan oleh Jin tersebut sontak mendapat sorotan dari K-Netz yang sama-sama mendukung kasus manipulasi chart untuk segera ditindaklanjuti. Tidak sedikit dari mereka yang menyindir bahwa di zaman sekarang, sulit untuk menciptakan karya jujur karena sebagian orang lebih mementingkan hasil, seperti masuk ke tangga lagu peringkat teratas hingga meraih penghargaan. 

Musik yang jujur? Apakah kalian (para penyanyi yang melakukan manipulasi chart) menonton (pidato Jin) ini? Grup kelas dunia seperti BTS telah memanggil kalian. Selamat BTS, dan juga kepada para ARMY,” tulis seorang K-Netz, dikutip dari Netizenbuzz.

Para artis sajaegi harus berhenti mabuk-mabukan dan mulai membuat musik yang jujur,” tulis K-Netz lain.

Wow, pernyataannya cukup berat. Keberanian mereka dalam menyebutkan hal itu sangat terpuji. Bayangkan betapa maraknya bagi BTS untuk memanggil (para artis sajaegi) di atas panggung seperti ini,” ungkap seorang K-Netz. 

Sangat keren mereka mampu memenangkan Song of the Year dan kemudian bagi Jin untuk mengatakan hal itu sebagai pidato penghargaan mereka sebelum turun dari panggung,” kata K-Netz lain.

Baca juga: Daftar Pemenang MAMA 2019: BTS Borong 9 Piala!