X
  • Taeyang dan G-Dragon

IntipSeleb – Setelah menyelesaikan tugas wajib militer, publik telah menantikan comeback dari para member BIGBANG termasuk G-Dragon dan Taeyang. Belum lama ini GD, sebutan akrab untuknya, baru saja meluncurkan kolaborasi dengan brand ternama Nike lewat sepatu Air Force 1 Para-Noise yang sukses menghebohkan masyarakat dengan permintaan tinggi. Sementara Taeyang masih menikmati masa rehatnya.

Baca Juga: 4 Member BIGBANG Siap Comeback, Seungri Ikutan?

Baru-baru ini, beredar sebuah postingan yang menjadi bahan perbincangan K-Netz di komunitas online. Hal tersebut membahas tentang kontrak eksklusif antara GD dan Taeyang dengan YG Entertainment yang kemungkinan tidak bisa putus sampai kapan pun. Sehingga membuat keduanya harus terus memperpanjang kerjasama dengan agensi yang sebelumnya milik Yang Hyun Suk tersebut.

BIGBANG Jadi Pemasok Terbesar YG

BIGBANG
Sumber Foto: Naver

Disebutkan bahwa YG Entertainment memegang aspek penting terhadap karier GD dan Taeyang. Jelang awal tahun 2020, para Market Analysts sibuk memprediksi potensial dari masing-masing agensi hiburan di Korea Selatan, termasuk YG Entertainment. Berdasarkan hasil analisa pasar seperti dilansir dari Koreaboo, YG merasa cemas apakah para anggota BIGBANG akan memperbarui kontrak mereka tahun depan atau tidak. 

"Jika BIGBANG melakukan promosi, keuntungan yang didapat mencapai 30 miliar won (setara dengan Rp352 miliar). Jika tidak, mereka tetap masih bisa mendapatkan 10 miliar won (Rp118 miliar),” ungkap perusahaan Yuanta Securities Korea Co. Ltd. 

Menurut prediksi Hanhwa Investments & Securities Ltd, mengatakan bahwa YG Entertainment akan mengalami penurunan drastis apabila anggota BIGBANG yang tersisa tidak memperpanjang kontrak mereka. Ini disebabkan karena grup beranggotakan G-Dragon, T.O.P, Taeyang dan Daesung itu masih menjadi pemasok utama agensi sampai sekarang.

G-Dragon dan Taeyang Dipastikan akan Perpanjang Kontrak dengan YG

Taeyang dan G-Dragon
Sumber Foto: Koreaboo

Melihat keuntungan yang akan diterima YG apabila para member BIGBANG memperpanjang kontrak eksklusif, agensi berusaha untuk terus menggandeng sang pelantun Fantastic Baby tersebut. Analisa pasar memperkirakan G-Dragon dan Taeyang kemungkinan besar akan memperbarui kontrak dengan YG terkait nama panggung mereka. 

Sebagai informasi, YG Entertainment kini memegang hak cipta untuk nama G-Dragon dalam bahasa Korea maupun Inggris. Pihak agensi telah mengajukan hak cipta pada 2003 silam, jauh sebelum BIGBANG melakukan debut di tahun 2006.

Pada tahun 2015, YG mengajukan hak cipta untuk nama TAEYANG serta GD X TAEYANG. Mereka tidak dapat memperoleh hak cipta untuk Taeyang dalam bahasa Korea karena itu merupakan kata benda yang berarti matahari. 

G-Dragon dan Taeyang Terancam Tak Bisa Pakai Nama Panggung

Taeyang dan G-Dragon
Sumber Foto: Topstarnews

Maka dari itu, jika G-Dragon dan Taeyang memutuskan untuk meninggalkan YG, mereka tidak akan bisa melakukan promosi dengan nama panggung mereka tanpa persetujuan dan izin dari pihak agensi. G-Dragon terancam tidak bisa menggunakan nama panggungnya lagi, bahkan singkatan GD sekalipun karena masih sama-sama berafiliasi sebagai hak cipta. 

Para analis meyakini bahwa nama panggung G-Dragon dan Taeyang memegang andil besar dalam karier mereka. Sudah hampir 13 tahun lamanya, mereka menggunakan nama tersebut sejak melakukan debut sebagai anggota BIGBANG. Nama asli G-Dragon dan Taeyang, yaitu Kwon Ji Yong dan Dong Young Bae masih belum familiar di telinga publik selama beberapa tahun terakhir. 

“Jika tidak ada kesempatan bagi BIGBANG untuk pindah ke agensi lain, G-Dragon dan Taeyang kemungkinan besar akan promosi sebagai solois, apabila mereka tidak memperpanjang kontrak. Dengan demikian, YG Entertainment memiliki keuntungan untuk membuat mereka terus memperbarui kontrak karena hak cipta nama panggung,” ungkap perwakilan perusahaan efek. 

Reaksi K-Netz

Taeyang dan G-Dragon
Sumber Foto: JTBC

Kabar ini ternyata menjadi buah bibir K-Netz di berbagai komunitas online. Menurut mereka, tidak menjadi masalah apabila GD dan Taeyang memutuskan untuk memakai nama asli ketika melakukan promosi. Mereka justru berharap BIGBANG bisa segera keluar dari YG Entertainment.

Mereka bisa melakukan promosi dengan nama Kwon Ji Yong dan Dong Young Bae,” kata seorang K-Netz, dikutip dari Herald Pop via Nate

Aku tidak tahu bagaimana dengan G-Dragon tapi aku yakin Taeyang dapat meninggalkan YG, berpromosi sebagai Dong Young Bae dan masih mempertahankan tingkat popularitas yang sama. Ayo keluar dari sana, Youngbae-ya. Sepertinya semua artis berbakat tanpa skandal akan meninggalkan YG,” ungkap K-Netz lain.

Akan lebih baik jika mereka bisa menggunakan nama panggung mereka. Tetapi bukankah pada titik sekarang, di mana mereka berganti ke nama asli dan orang-orang masih mengenali keduanya,” tulis K-Netz.