X

IntipSeleb – ​MOMOLAND kembali terseret rumor plagiarisme. Kali ini, girl group asuhan MLD Entertainment itu dituduh menjiplak lagu orang lain untuk comeback mereka yang akan datang.

Baca Juga: Nasib Yeonwoo dan Taeha Setelah Resmi Keluar dari MOMOLAND

Hal ini pertama kali diketahui saat salah satu member MOMOLAND, JooE menjadi bintang tamu dalam program MBC Radio Star. Dia membocorkan sedikit irama lagu terbaru MOMOLAND bertajuk Thumbs Up yang baru akan dirilis pada 30 Desember 2019 mendatang. 

MOMOLAND Dituduh Plagiat Lagu Miss A

MOMOLAND dan Miss A
Sumber Foto: Intipseleb

Ketika lagu Thumbs Up diputar, JooE mulai menarikan koreografi dengan gesture mengangkat kedua ibu jarinya sambil melompat-lompat. Irama lagu tersebut terdengar ceria, sesuai dengan image yang ditunjukkan MOMOLAND selama ini. 

Namun sejumlah penggemar mengatakan kalau lagu Thumbs Up itu terdengar familiar. Mereka pun akhirnya menyadari bahwa lagu tersebut sangat mirip dengan lagu milik Miss A berjudul Time’s Up yang dirilis tahun 2012 silam sekaligus merupakan salah satu track dari album Hush.

Sebagai informasi, Miss A merupakan grup asuhan JYP Entertainment yang telah bubar pada 27 Desember 2017. Pada masanya, girl band beranggotakan Fei, Min, Jia, dan Bae Suzy ini sangat terkenal dan sukses. Hampir seluruh lagu-lagu mereka mencetak hits dan menjadi kecintaan publik.

Lirik dan Beat Kedua Lagu Terdengar Mirip

MOMOLAND dan Miss A
Sumber Foto: Intipseleb

Jika didengarkan hanya dari reff dari lagu Thumbs Up, memang beat dan liriknya hampir sama dengan lagu Time’s Up. Judul kedua lagu tersebut pun juga terdengar sama apabila diucapkan. Ternyata, rumor ini tengah menjadi bahan perbincangan K-Netz dan kebanyakan dari mereka menyebutkan hal serupa. 

“Setelah aku mendengarkan lagu baru MOMOLAND, aku langsung memikirkan lagu Time's Up,” kata seorang K-Netz, dikutip dari Koreaboo

Apa? Bukankah melodinya sama?,” ungkap K-Netz lain. 

Aku sangat menyukai lagu ini (Time’s Up), aku jadi ingat lagi saat mendengarkan lagu baru MOMOLAND,” tulis seorang K-Netz.

Bukan Kali Pertama MOMOLAND Disebut Plagiat

MOMOLAND
Sumber Foto: @MMLD_Official/Twitter

Ini bukan kali pertama bagi MOMOLAND disebut sebagai plagiat. Lagu populer mereka, BBoom BBoom bahkan pernah dituduh menjiplak lagu Mi Mi Mi yang dipopulerkan oleh girl group asal Rusia, Sarebro. 

Menanggapi tuduhan plagiarisme, seorang perwakilan dari pihak Shinsadong Tiger dan Beomi Nangi selaku produser dari BBoom BBoom memberi bantahan keras, “Bagian intro dari lagu ini bisa terdengar familiar karena kesamaan dalam genre dan riff gitar, tetapi perkembangan melodi dan nada sama sekali berbeda (dari Mi Mi Mi),” ungkapnya, dikutip dari Soompi.

Dikatakan pula bahwa hal ini maklum terjadi karena karakteristik dari lagu ber-genre retro house dan swing electronic terdengar mirip antara lagu satu dengan lainnya. 

Comeback Pertama MOMOLAND dengan 6 Member

MOMOLAND
Sumber Foto: @MMLD_Official/Twitter

Sementara itu, Thumbs Up akan menjadi comeback perdana MOMOLAND dengan formasi 6 member. Belum lama ini, mereka baru saja kehilangan dua anggotanya yaitu Taeha dan Yeonwoo. Menurut pernyataan resmi agensi, Taeha memutuskan untuk hengkang dari agensi, sementara Yeonwoo akan fokus pada karier aktingnya dan tetap berada dalam naungan MLD Entertainment. Sedangkan Daisy, masih dalam masa hiatus sejak awal tahun ini karena masalah kesehatan.