X
  • Dahyun TWICE

IntipSeleb – Dahyun TWICE terlihat tiba di Bandara Internasional Gimpo pada Minggu, 29 Desember 2019 lalu untuk bertandang ke Tokyo, Jepang. Grup asuhan JYP Entertainment itu akan menjadi salah satu bintang tamu dalam acara Hongbaek Family Competition. 

Namun, insiden kurang menyenangkan kembali menimpa Dahyun. Data pribadinya diketahui bocor ke publik akibat kekeliruan petugas bandara ketika memeriksa paspor sang idola. Secara disengaja atau tidak, dia mengungkap informasi yang tertera dalam paspor milik Dahyun dan berhasil terekam dalam sebuah video. 

Data Pribadi Dahyun TWICE Bocor

Dahyun TWICE
Sumber Foto: Koreaboo

Seperti diketahui, informasi pribadi seseorang yang tertera dalam paspor mencakup kode identifikasi unik, nomor kependudukan, hingga foto sang pemilik. Karena isi dari paspor milik Dahyun tertangkap kamera, kini data-data tersebut tersebar luas secara online. 

Ketika insiden tersebut terjadi, Dahyun menyadarinya. Dia pun bergegas menutupi paspornya, seraya mengambilnya dari tangan petugas bandara. Berdasarkan foto dan video yang ada, terlihat perempuan kelahiran 1996 itu menunjukkan raut wajah kesal sekaligus terkejut.

Permintaan Maaf Oknum yang Merekam Paspor Milik Dahyun TWICE

Dahyun TWICE
Sumber Foto: OSEN

Foto serta video yang tersebar diunggah oleh sebuah channel YouTube bernama Studio PARN. Merekalah yang awalnya menangkap momen ketika paspor beserta data pribadi milik Dahyun TWICE terungkap. Pihaknya meminta maaf atas kejadian tersebut, sambil membela semua pihak yang terlibat.

“Saya minta maaf atas video yang menunjukkan keberangkatan Dahyun dari bandara Gimpo pada pagi hari ini. Saya minta maaf karena membuat ONCE khawatir informasi pribadinya (Dahyun) mungkin bocor dari video. Saya juga seorang ONCE yang setia, jadi saya mencoba untuk menaruh hati saya pada setiap video yang saya buat. Tetapi karena saya memiliki penglihatan yang buruk, saya tidak menangkap semua detail yang ada ketika memotret. Saya harus memeriksa dengan lebih hati-hati saat mengedit,” kata Studio PARN.

Selain itu, mereka juga menegaskan bahwa data pribadi milik Dahyun tidak terlihat jelas apabila foto atau video diperbesar. Kini, video tersebut telah dihapus dari channel YouTube. Disebutkan pula bahwa petugas bandara yang bersangkutan memang membuka paspor Dahyun terlalu lebar, namun nomor kewarganegaraan milik rapper dalam TWICE itu ditutupi menggunakan jari-jarinya. 

Pernyataan JYP Entertainment

Dahyun TWICE
Sumber Foto: News1

JYP Entertainment selaku agensi yang menaungi TWICE tak tinggal diam dan langsung memberikan peringatan tegas. JYP sudah melaporkan insiden tersebut ke pihak berwajib dan meminta semua pihak untuk tidak mengulangi kesalahan serupa di masa depan.

“Informasi pribadi dari Dahyun termasuk nomor identifikasi uniknya seperti nomor registrasi penduduknya terekam, dibocorkan, dan disebarkan secara online. Membocorkan dan menyebarkan informasi pribadi bertentangan dengan Undang-Undang Perlindungan Informasi Pribadi dan undang-undang lainnya, dan kami meminta kalian untuk segera menghentikan penyebaran informasi tersebut. Kami juga memberitahu kalian bahwa kami akan mengambil langkah-langkah hukum berdasarkan undang-undang yang sesuai mengenai situasi saat ini penyebaran dan setiap sirkulasi berkelanjutan (dari informasi),” tulis JYP, dikutip dari Soompi.

Penggemar Minta Petugas Bandara Dipecat

Dahyun TWICE
Sumber Foto: Newsen

Sementara itu, penggemar masih merasa murka dengan petugas bandara yang dengan sengaja atau tidak, membocorkan informasi pribadi milik Dahyun ke publik. Selain memuji tindakan JYP yang cepat tanggap, ONCE, sebutan nama fandom untuk TWICE juga meminta petugas bandara tersebut mendapat sanksi atas perbuatannya.

Tidak sedikit dari mereka yang menyerukan agar petugas bandara dipecat. Hal tersebut lantas berbanding terbalik dengan komentar K-Netz yang menyebutkan bahwa ini adalah kesalahan para penggemar yang berusaha merekam serta mengambil foto paspor milik Dahyun.

Orang yang mengambil foto dengan DSLR, mereka yang harus disalahkan, mengapa meminta staf bandara untuk dipecat?,” tulis seorang K-Netz.

Bukankah seharusnya masalah ini disalahkan pada penggemar yang membawa kamera mereka ke bandara? Staf bandara hanya melakukan pekerjaannya, aku tidak tahu mengapa dia harus disalahkan,” kata K-Netz lain.

Wow, jika kalian seorang penggemar dan terlanjur melihat nomor jaminan sosialnya, kalian seharusnya menutupinya. Mengapa kalian membual tentang itu dan malah mempostingnya,” ungkap K-Netz lain. 

Bahkan paspor milik seseorang yang bukan berasal dari kalangan selebriti tidak semestinya dibuka selebar itu,” tulis seorang penggemar.

Aku melihat beberapa GIF dan cukup jelas bahwa staf membuka paspornya terlalu lebar ketika mereka tahu ada banyak kamera di sekitarnya. Awalnya, Dahyun sepertinya tidak memperhatikan, tetapi ketika staf membukanya terlalu lebar, seperti seolah-olah dia menunjukkan ke arah kamera. Dahyun tampak terkejut dan mencoba menutupinya dengan tangannya. Apa yang salah dengan staf itu?,” kata seorang penggemar.

Sabar ya, Dahyun TWICE.