img_title
Foto : Hs_kim_95/instagram

Korea Selatan – Deretan artis Korea berikut ini kedapatan memberikan dukungannya untuk negara Palestina, yang rakyatnya menjadi korban genosida kekejaman Israel hingga menjadi perhatian dunia.

Di antaranya ada yang terang-terangan buka suara di media sosial serta melakukan donasi senilai ratusan juga rupiah. Siapa saja ya mereka? Intip sama-sama yuk melalui ulasan di bawah ini.

1. Lee Young Ae

Instagram/Lee Young Ae
Foto : Instagram/Lee Young Ae

Pada 21 November 2023, Palang Merah Korea mengumumkan bahwa Lee Young Ae telah menyumbangkan 50 juta won atau sekitar Rp601 juta untuk membantu anak-anak yang terdampak serangan di Jalur Gaza, Palestina. Dana dari aksi kemanusiaan tersebut digunakan untuk mengirimkan bantuan, salah satunya perlengkapan medis.

Hatiku hancur dengan berita duka yang terus berdatangan setiap hari. Aku berharap hal ini dapat membantu anak-anak di seberang perbatasan yang kehilangan keluarga dan menderita akibat kehancuran yang menyakitkan,” ujar Lee Young Ae.

2. Kim Hye Soo

hs_kim_95/instagram
Foto : hs_kim_95/instagram

Melalui Instagram pribadinya pada 14 November 2023, lewat fitur Instagram Story Kim Hye Soo membagikan pernyataan dari UNICEF yang mendesak gencatan senjata di Gaza. Hal ini dilakukan sebagai respons terhadap peningkatan jumlah korban yang tak seharusnya menjadi sasaran serangan dari pihak Zionis.

"Petugas pemberi bantuan tidak seharusnya jadi target. UNICEF menyampaikan belasungkawa kepada staf UN di seluruh dunia dan rekan-rekannya di Gaza. Lebih dari 100 pegawai UNRWA tewas di Gaza sejak 7 Oktober. Saya menyerukan gencatan senjata segera untuk melindungi semua orang," bunyi keterangan unggahan Kim Hye Soo.

3. Dahyun TWICE

Ditunjuk menjadi brand ambassador merek Michael Kors, Daehyun TWICE sempat mengunggah foto yang memperlihatkan tote bag dari Michael Kors melalui Instagram pribadinya.

Tas yang dikenakan Daehyun TWICE adalah bagian dari kampanye kemanusiaan Michael Kors, dan hasil donasi dari program tersebut akan disumbangkan kepada masyarakat Palestina melalui UN World Food Programme.

4. BM KARD

Pada momen ulang tahunnya bulan Oktober tahun lalu, BM KARD meminta para penggemar agar melayangkan doa untuk kondisi yang sedang terjadi di Gaza.

"Meskipun saya bisa merayakan ulang tahun, ada terlalu banyak orang tak berdosa di Gaza yang kehilangan hak istimewa tersebut. Mohon doakan semua nyawa yang hilang dan mereka yang mati-matian mencari akhir dari hal ini," bunyi postingan BM KARD di akun Twitter/X pribadinya @_bigmattheww.

5. Kevin The Boyz

Instagram/kev.in.orbit
Foto : Instagram/kev.in.orbit

Maraknya idol Kpop yang dicurigai melakukan soft selling Starbucks, salah satu produk asal Amerika yang mendukung Israel membuat Kevin The Boyz turut buka suara.

Melalui aplikasi Dear U. Bubble, Kevin The Boyz membahas bagaimana dirinya dihubung-hubungkan dengan sederet artis K-Pop yang diduga soft selling Starbucks. Katanya, ia sama sekali tidak mendukung Israel.

“Tidak, tapi benar-benar, melihat namaku dengan label tertentu membuat orang lain masuk ke lubang kelinci lalu membuat orang lain teredukasi. Yah, aku senang sudah berkontribusi,” ucap Kevin The Boyz di Bubble, dilansir IntipSeleb pada 28 Desember 2023.

Lebih lanjut, Kevin The Boyz menyindir para idol K-Pop yang semangat berbicara soal kemanusiaan, tetapi malah terjebak di industry yang melarang mereka melakukan hal itu.

Sungguh menyebalkan melihat seniman yang angkat bicara, mengabdikan karya seni mereka untuk kemanusiaan, dan terjebak dalam industri di mana segala sesuatunya diam-diam,” sambungnya.

Kevin The Boyz menegaskan tidak akan pernah mendukung Israel. Demi mendukung Palestina, Kevin akan membantu dengan menyebarkan berita soal narasi yang benar, faktual, dan valid.

Kenapa pula aku mendukung sh** itu. Aku tahu semua orang di sini sangat baik,” pungkas Kevin The Boyz.

6. Bang Yongguk Eks B.A.P

X/vitaarieka
Foto : X/vitaarieka

Mantan anggota grup Kpop B.A.P yakni Bang Yongguk menjadi salah satu artis Korea yang cukup aktif menyuarakan keresahannya terhadap insiden penyerangan di Gaza.

Lewat akun Twitter/X pribadinya, ia kerap meretweet berbagai unggahan soal kondisi anak-anak di Gaza dari akun UNICEF, UNRWA, hingga UN NEWS.

7. Jay Park

Instagram/jparkitrighthere
Foto : Instagram/jparkitrighthere

Beberapa waktu lalu melalui Instagram Story pribadinya Jay Park sempat membuat unggahan sebuah foto yang berisikan tulisan dukungan untuk Palestina.

Instagram story tersebut bertuliskan dalam bahasa Inggris yang berbunyi, “Kau tidak perlu menjadi muslim untuk membela Gaza, kau hanya perlu menjadi manusia.”

8. Mendiang Jonghyun SHINee

X/realjonghyun90
Foto : X/realjonghyun90

Pada tahun 2014 mendiang Jonghyun SHINee sempat membagikan postingan terkait kondisi menyedihkan di Palestina. Lewat akun Twitter/X pribadinya, ia menampilkan foto satelit yang menunjukkan kondisi perbatasan Gaza dilihat dari luar angkasa.

Satu-satunya kata yang bisa mengekspresikan emosi di hatiku yang gelisah ini adalah ‘mengerikan’,” tulis Jonghyun SHINee di unggahannya tahun 2014 silam. (bbi)

Topik Terkait