X

IntipSeleb – Sajaegi atau manipulasi chart lagu tengah menjadi isu yang paling banyak diperbincangkan di awal tahun ini. Kasus tersebut sebenarnya bukan rahasia umum lagi di Korea Selatan. Namun, kembali mencuat ke publik setelah salah satu idola Kpop angkat bicara.

Pada November 2019 lalu, Park Kyung sempat memposting cuitan kontroversial terkait sajaegi melalui akun Twitter pribadinya @kyungpark1992. Tak tanggung-tanggung, member dari boyband Block B ini langsung menjabarkan nama-nama penyanyi yang dituduh melakukan manipulasi chart antara lain duo Vibe, Song Ha Ye, Lim Jae Hyun, Jeon Sang Keun, Jang Deok Cheol, dan Hwang In Kook. 

Baca Juga: Menang MAMA 2019, Jin BTS Sindir Soal Manipulasi Chart

Semenjak itu, isu sajaegi akhirnya mendapat perhatian lebih hingga mulai diselidiki oleh pihak kepolisian. Terlebih lagi, program televisi SBS bertajuk Unanswered Questions mengangkat isu tersebut dalam episode terbarunya. Mereka mengupas trik curang untuk menaikkan lagu dalam chart musik digital serta mendongkrak angka penjualan album fisik. Ditampilkan pula cara para broker melakukan sajaegi, diikuti dengan pendapat para ahli, musisi, dan mereka yang terlibat dalam kegiatan manipulasi tersebut.

Tayangan SBS ini langsung menarik perhatian para penggemar Korea dan internasional. Tindakan sajaegi dianggap merugikan banyak pihak, terutama para musisi yang benar-benar memproduksi karya berkualitas dan layak mendapat apresiasi dengan bertandang di puncak chart musik.

Saksikan Juga