• Steven Yeun, Arden Cho, Charles Melton

IntipSeleb – Kini, Hollywood tidak hanya mempertimbangkan orang-orang dari ras atau etnis tertentu untuk bisa mendapatkan peran. Sederet wajah Asia sudah mulai mewarnai panggung impian seluruh aktor dan aktris dari seluruh dunia tersebut. Hal ini pun berlaku bagi para pelaku seni peran asal Negeri Ginseng, Korea Selatan. 

Melebarkan sayap langsung ke Hollywood dan aktif berkarier di sana, terkadang membuat publik lupa dengan ‘akar’ para aktor dan aktris yang sebenarnya. Ternyata, ada banyak sekali deretan selebriti Hollywood yang tidak banyak diketahui memiliki darah Korea. Bahkan, beberapa diantaranya sudah terkenal jauh sebelum Hallyu Wave sepopuler sekarang.

Melansir Koreaboo dan berbagai sumber, berikut adalah 10 artis Hollywood yang memiliki darah Korea. Pasti akan ada beberapa wajah familiar yang kamu kenali. Yuk simak artikel di bawah ini!

Steven Yeun

Steven Yeun
Sumber Foto: Hancinema

Bagi kamu pecinta The Walking Dead, pasti sudah akrab dengan sosok Steven Yeun. Ia memerankan tokoh Glenn selama enam tahun untuk 7 musim dari serial televisi bergenre horor tersebut. Pria 35 tahun ini lahir di Seoul, Korea Selatan dari pasangan Je dan Jun Yeun. Ayahnya adalah seorang arsitek di Korea Selatan sebelum memutuskan pindah ke Regina, Saskatchewan, Kanada pada tahun 1988. Setelah itu, keluarganya menetap di luar negeri hingga sekarang. Usai sukses membintangi serial dan drama Hollywood, Steven juga bermain dalam beberapa film Korea, diantaranya Okja (2017) dan Burning (2018).

Ki Hong Lee

Ki Hong Lee
Sumber Foto: @kihonglee/Instagram

Ki Hong Lee mulai dikenal publik semenjak kemunculannya di film pertama dari trilogi The Maze Runner lewat perannya sebagai Minho. Ia juga membintangi serial komedi populer The Unbreakable Kimmy Schmidt, memerankan karakter Dong. Pria kelahiran Seoul ini melakukan debutnya di film Korea, The Mayor, dan membuat penampilan di variety show besutan SBS bernama All the Butlers. Ki Hong sempat menempati posisi ke-4 dalam daftar pria terseksi di dunia tahun 2014 menurut majalah People.

Ken Jeong

Ken Jeong
Sumber Foto: @kenjeong/Instagram

Kendrick Kang-Joh Jeong merupakan seorang aktor, pelawak, dan dokter. Ia merupakan salah satu aktor Korea yang paling terkenal di Hollywood. Salah satu film yang mengangkat namanya adalah The Hangover, yang mana ia berperan sebagai Leslie Chow. Pada tahun 2018, Ken Jeong membintangi film box office Crazy Rich Asians serta Goosebumps 2: Haunted Halloween. Kesuksesannya tidak berhenti di situ saja, ia juga berkesempatan menjadi cameo dalam Avengers: Endgame. Pria 50 tahun ini sempat muncul di MBC King of Masked Singer untuk mempromosikan versi Amerika dari acara tersebut.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa pria kelahiran 13 Juli 1969 ini berdarah Korea. Sewaktu kecil, orang tua Ken Jeong bermigrasi dari Korea ke Amerika.

Nicole Bilderback

Nicole Bilderback
Sumber Foto: @ladybilderback/Instagram

Sementara Nicole Bilderback lebih dikenal dengan berbagai perannya dalam program televisi Hollywood seperti Buffy the Vampire Slayer (1998), Dark Angel (2000), Dawson’s Creek (2001), Heroes (2006), The Mentalist (2012), dan masih banyak lagi. Nicole lahir di Seoul, Korea Selatan dan tumbuh besar di Tulsa, Oklahoma, serta Dallas, Texas. Dia adopsi oleh orang tua Amerika, Jim dan Lois Bilderback. Setelah menyelesaikan pendidikannya tahun 1993, wanita 44 tahun ini pindah ke Los Angeles untuk meniti karier aktingnya.

Bobby Lee

Bobby Lee
Sumber Foto: @bobbyleelive/Instagram

Pria bernama asli Robert Lee Jr. merupakan aktor sekaligus komedian keturunan Korea. Ia merupakan anggota Asia pertama di MadTV dari tahun 2001 hingga 2009 untuk perannya dalam film The Pineapple Express (2008), Harold & Kumar, dan sebagainya. Belum lama ini, ia baru saja membintangi sebuah serial yang diproduksi oleh Ellen Degeneres berjudul Splitting Up Together.

Kedua orang tua Bobby merupakan keturunan Korea-Amerika yang memiliki toko pakaian di Escondido dan Encinitas, California. Saat ini, orang tuanya menetap di Phoenix, Arizona.

Margaret Cho

Margaret Cho
Sumber Foto: @margaret_cho​/Instagram

Margaret Cho lebih dikenal lewat aksi stand-up komedinya. Selain itu, ia juga merupakan seorang penulis buku yang fokus pada masalah sosial dan politik terutama ras dan seksualitas.

Ia dilahirkan dalam keluarga Korea di San Francisco, California, Amerika Serikat. Orang tuanya bernama Young Hie dan Cho Seung Hoon mengelola sebuah toko buku di Polk Street, California. Sementara ayahnya adalah penulis buku lelucon dan pengisi kolom untuk surat kabar di Seoul, Korea Selatan.

John Cho

John Cho
Sumber Foto: @johnthecho/Instagram

Apakah kamu sudah menonton film Searching? Ya, pemeran utama dalam film tersebut, David Kim diperankan oleh aktor keturunan Korea bernama John Cho. Sebelum membintangi film yang populer di Indonesia itu, ia sudah terkenal lewat perannya sebagai Harold Lee dalam film Harold and Kumar, dan serial televisi lainnya seperti Off Centre (2001), FlashForward (2009), serta Difficult People (2017). Pria 47 tahun ini juga memainkan karakter Hikaru Sulu dalam Star Trek dan beradu akting bersama Chris Pine.

John Cho lahir di Seoul, Korea Selatan dan pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1978 saat dirinya berusia 6 tahun. Kemudian ia dibesarkan di Los Angeles, California, Amerika Serikat, setelah keluarganya berpindah-pindah kota dari Houston, Seattle, Daly City, California, hingga Monterey Park.

Arden Cho

Arden Cho
Sumber Foto: @arden_cho/Instagram

Selain sukses menjadi seorang aktris, Arden Cho juga menjajal dunia modelling dan tarik suara. Wanita 33 tahun ini merupakan salah satu kontestan Miss Korea tahun 2004 lho! Dia lahir di Texas, Amerika Serikat dari orangtua Korea-Amerika dan menghabiskan masa kecil dan remajanya di Dallas serta Minnesota.

Namanya mulai dikenal di kancah Hollywood setelah memerankan tokoh Kira Yukimura dalam serial televisi Teen Wolf dan Chicago Med. Dalam waktu dekat, ia akan merilis single dengan salah satu rapper keturunan Korea-Amerika bernama Junoflo.

Sandra Oh

Sandra Oh
Sumber Foto: Variety

Sandra Oh meraih ketenaran dan telah diakui kemampuannya dalam berakting semenjak menjadi pemain tetap dalam serial televisi bergenre medis, Grey’s Anatomy selama 10 musim dengan total 220 episode. Wanita bernama asli Sandra Miju Oh ini lahir di Nepean, Ontario, Kanada dan merupakan anak dari pasangan imigran Korea, Oh Junsu dan Jeon Young Nam. Meski memiliki darah Korea, ia telah berganti kewarganegaraan menjadi Amerika Serikat pada 2018 silam. Dalam sebuah wawancara, ia menyebut dirinya sebagai orang Asia, Kanada, sekaligus Amerika.

Prestasi wanita 48 tahun ini pun tidak main-main. Ia dinobatkan sebagai wanita Asia pertama yang memenangkan dua penghargaan dalam ajang bergengsi Golden Globe. Pada Golden Globe 2005, Sandra memboyong trofi dari kategori Aktris Pendukung Terbaik dan pada Golden Globe 2019, dia dipilih menjadi pemenang untuk kategori Aktris Terbaik Dalam Serial Drama Televisi.

Charles Melton

Charles Melton
Sumber Foto: @melton/Instagram

Aktor pendatang baru, Charles Melton juga ternyata memiliki darah Korea lho! Dikenal lewat perannya dalam serial populer garapan Netflix, Riverdale, ia dilahirkan dari seorang Ibu berkewarganegaraan Korea bernama Sukyong. Dibesarkan di Manhattan, Kansas, Amerika Serikat, kekasih Camila Mendes ini sempat membagikan beberapa potret saat dirinya berkunjung ke kampung halaman sang Ibunda di Seoul, Korea Selatan lewat akun Instagram miliknya @melton.

Dari kesepuluh selebriti Hollywood berdarah Korea, manakah yang merupakan idolamu?