X

IntipSeleb – Parasite menorehkan sejarah baru di panggung Academy Awards 2020. Film Korea ini berhasil menang piala Oscar untuk pertama kalinya lewat 4 kategori berbeda. Antara lain Best Original Screenplay, International Feature FilmBest Director serta penghargaan tertinggi, Best Picture.

Digelar pada Minggu, 9 Februari waktu setempat di Dolby Theatre, Los Angeles, Oscars 2020 berlangsung secara meriah. Ini pun menjadi salah satu hari bahagia bagi para pemain, kru, serta sutradara dari film Parasite. Pasalnya, hampir semua pemain utama dalam film tersebut rela bertandang ke Negeri Paman Sam untuk menghadiri ajang penghargaan bergengsi ini.

Choi Woo Shik, Song Kang Ho, Lee Sun Kyun, Park So Dam, Cho Yeo Jeong, Lee Jung Eun, Jang Hye Jin,  Park Myoung Hoon, dan sutradara Bong Joon Ho pun menjadi saksi atas malam tak terlupakan ini.

Piala Original Screenplay Dipersembahkan oleh Keanu Reeves

Keanu Reeves dan Diane Keaton menjadi pembaca nominasi untuk kategori Original Screenplay. Jelang pengumuman pemenang, keduanya tampak bersemangat. Dan akhirnya nama Bong Joon Ho terpanggil. Tidak sendirian, dia ditemani dengan penulis skenario film Parasite, Han Jin Won. Para audiens yang memadati venue pun berdiri dan memberikan tepuk tangan meriah.

Terima kasih. Kehormatan yang luar biasa. Ini piala Oscar pertama untuk Korea Selatan,” kata Bong Joon Ho.

Ia sendiri sangat takjub dengan piala Oscar yang berhasil digenggamnya. Dengan wajah sumringah, sang sutradara ini tidak bisa berhenti menyematkan senyum bahagia. Ini menandakan sebagai nominasi sekaligus penghargaan Oscar pertama bagi Bong Joon Ho serta Han Jin Won. 

Parasite Berhasil Kalahkan Film Asing Lainnya

Selang beberapa saat, Parasite kembali memenangkan penghargaan kedua pada malam ini untuk kategori Best International Feature Film. Awalnya, kategori ini dinamakan Best Foreign Language Film. Ini menjadi tahun pertama kategori tersebut mengusung nama barunya.

Parasite mampu mengalahkan sejumlah film asing lainnya, seperti Corpus Christi dari Polandia, Honeyland dari  Makedonia Utara, Les Miserables asal Prancis, dan Pain and Glory persembahan dari Spanyol. Parasite mewakilkan Korea Selatan dalam kategori ini. 

Berharap Bisa Membagi Piala Kemenangan dengan Nominasi Lain

Ketika menerima penghargaan untuk kategori Best Director, pidato kemenangan Bong Joon Ho menjadi sorotan. Dia berharap bisa membagi piala Oscar dengan keempat nominasi lainnya yang berhasil dikalahkannya, yakni Quentin Tarantino, Todd Phillips, Martin Scorsese, dan Sam Mendes.

Jadi Film Internasional Pertama Raih Penghargaan Best Picture di Oscar

Penghargaan tertinggi untuk Oscar yakni Best Picture lagi-lagi dimenangkan oleh Parasite. Pencapaian luar biasa ini menjadi yang pertama kalinya bagi film internasional untuk memenangkan kategori bergengsi ini. Parasite berkompetisi melawan jajaran film lainnya, sebut saja 1917, Ford V Ferrari, The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, Marriage Story, dan Once Upon A Time In Hollywood.

Seluruh pemain, penulis skenario, hingga sutradara dari Parasite bersama-sama naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan. Untuk kesekian kalinya, Parasite mengharumkan nama Korea Selatan di kancah perfilman dunia. Bukti nyata ini disambut meriah oleh semua orang.

Congratulations, Parasite actors & teams!