X

IntipSeleb – Dengan begitu banyak kemewahan dan kesempurnaan yang ditunjukkan para idola Kpop, beberapa di antara mereka memiliki latar belakang keluarga menyedihkan dan tidak pernah disangka oleh publik.

Sembilan selebriti yang dibahas dalam artikel ini menyembunyikan perasaan duka mereka, agar tidak membuat para penggemar khawatir. Namun, di saat mereka berbagi cerita tentang kehidupan pribadi, nyatanya membuat banyak orang semakin jatuh cinta dengan sosoknya karena sanggup mengatasi kesulitan dan terus bangkit dari keterpurukan.

Dirangkum oleh tim Intipseleb, berikut adalah deretan idola Kpop yang memiliki latar belakang keluarga menyedihkan. Siapa saja? Simak ulasannya di bawah ini. ​

Sunmi

Sunmi
Sumber Foto: @miyayeah/Instagram

Ketika Sunmi masih duduk di bangku sekolah dasar, ia memutuskan untuk menjadi selebriti. Bukan karena dia memiliki hasrat tampil di atas panggung, tapi mantan personil Wonder Girls ini percaya bahwa itu merupakan satu-satunya cara tercepat untuk menghasilkan uang.

Wanita kelahiran 1992 ini dibesarkan oleh ayahnya yang merupakan seorang single parent. Kala itu, sang ayah jatuh sakit karena TBC dan komplikasi sehingga harus dirawat di rumah sakit. Untuk bisa membiayai uang perawatan, Sunmi memikirkan cara untuk menghasilkan uang secepat mungkin. 

Pada usia 12 tahun, pemilik nama lengkap Lee Sun Mi tersebut mulai mengikuti berbagai audisi. Dua tahun kemudian, dia berhasil menjadi trainee di JYP Entertainment. Namun sayang, takdir berkata lain. Tiga bulan sebelum debut bersama Wonder Girls, ayah Sunmi meninggal dunia. Pada akhirnya, sang idola dan dua saudara laki-lakinya diadopsi oleh keluarga lain.

Taeyang BIGBANG

Taeyang BIGBANG
Sumber Foto: Getty Images

Sosok tenar seperti Taeyang ternyata memiliki latar belakang keluarga yang memilukan hati. Ketika berusia 13 tahun, artis asuhan YG Entertainment ini memutuskan untuk hidup sendiri demi mengurangi beban keluarganya. Pada saat itu, Korea Selatan tengah dilanda krisis moneter. Ia mencoba bertahan di Seoul, dengan mengikuti sejumlah audisi.

Dalam sebuah wawancara, Taeyang sempat mengenang masa-masa tersulit sepanjang hidupnya itu, “Waktu itu, ada sebuah agensi yang ingin merekrut rapper muda, jadi aku langsung berpartisipasi. Aku lolos dan untuk pertama kalinya, aku mengenal musik hip-hop. Setelah itu, aku malah ingin menjadi seorang trainee,” katanya.

Semenjak saat itu, Taeyang selalu melakukan semuanya sendiri hingga bisa di titik sekarang. Hasil jerih payahnya itu mengantarkan sang pelantun Eyes, Nose, Lips masuk dalam daftar majalah Forbes tahun 2017 silam, dari uang yang dia hasilkan dari promosi bersama BIGBANG.

Tiffany Young

Tiffany Young
Sumber Foto: Osen

Member dari girl band SNSD, Tiffany Young, harus kehilangan ibunya di usia sangat muda, yakni 14 tahun. Dia sempat merasa tidak berdaya, dan musik menjadi satu-satunya pelarian. Wanita berdarah Korea-Amerika ini harus meyakinkan sang ayah yang menentang dirinya mengejar karier sebagai penyanyi.

Dia pun memberanikan diri untuk terbang ke Korea sendirian dengan uang seadanya. Tiffany sempat bekerja part-time untuk kebutuhan sehari-hari selama berada di Negeri Ginseng. Setelah sukses, Tiffany dihadapkan dengan masalah baru. Ayahnya terlilit utang ratusan juta rupiah. 

Hampir seluruh uang hasil promosinya bersama SNSD dipakai untuk melunasi uutang sang ayah. Semenjak saat itu, Tiffany memutuskan hubungan darah dengan orangtua kandungnya yang sudah berjalan hampir satu dekade. 

“Jika kita adalah keluarga, kau harus mencoba yang terbaik. Aku sudah mencoba yang terbaik pada saat itu, tapi sekarang sudah berbeda. Kami tidak saling menghubungi satu sama lain lagi,” kata Tiffany, ketika membicarakan kasus utang ayahnya.

Leeteuk Super Junior

Leeteuk Super Junior
Sumber Foto: Label SJ

Leeteuk Super Junior pernah mengatakan salah satu alasannya ingin sukses adalah untuk melupakan masa mudanya yang sangat kelam. Leader Super Junior ini berasal dari keluarga broken home. Kedua orangtuanya bercerai pada tahun 1998. Sang ayah kemudian tinggal bersama kedua orangtuanya, yang mana merupakan kakek dan nenek Leeteuk.

Namun pada Januari 2014, kabar mengejutkan datang. Ayah, kakek dan nenek Leeteuk ditemukan tewas di kediamannya. Setelah penyelidikan, terungkap bahwa kakek dan nenek Leeteuk dibunuh oleh ayahnya, yang kemudian memutuskan untuk bunuh diri. 

Pemicu tragedi ini dikarenakan ayah Leeteuk menderita depresi akut semenjak bercerai dengan istrinya. Kemudian kakek dan nenek didiagnosis menderita Alzheimer. Lebih parahnya lagi, sang nenek juga mengidap kanker paru-paru stadium akhir. Karena banyaknya tekanan termasuk terlilit utang, ayah Leeteuk memutuskan untuk mengambil nyawanya sendiri dan membunuh kedua orangtuanya. 

Kala itu, Leeteuk tengah menjalani wajib militer. Sementara itu, pemakaman ayah, kakek, dan neneknya digelar secara terbuka sehingga potret pilu dari pemilik nama asli Park Jung Soo itu menjadi konsumsi publik.

IU

IU
Sumber Foto: tvN

Kehidupan IU juga tak semulus seperti bayangan para penggemar. Dia harus bekerja keras untuk menghidupi keluarga dan juga membayar utang-piutang. Bintang drama Hotel Del Luna ini tinggal terpisah dari orangtuanya. Ia akhirnya tinggal bersama sang nenek di rumah petakan. Ketika pindah ke rumah salah satu kerabat, IU menerima pelecehan verbal dari sepupunya sendiri. 

Pelantun Blueming tersebut juga pernah ditipu oleh sebuah agensi yang menjanjikannya bisa tampil di layar kaca. Namun setelah malapetaka itu, IU semakin yakin untuk meraih mimpinya sebagai seorang penyanyi.

Yunho TVXQ

Yunho TVXQ
Sumber Foto: Naver

Yunho TVXQ dan keluarga menghadapi keterpurukan ketika ayahnya bangkrut. Masih berusia 12 tahun, Yunho sudah menjadi tulang punggung keluarga demi melunasi utang dan membiayai pendidikan saudara perempuannya. 

“Aku pikir, ayahku selingkuh karena dia selalu meninggalkan rumah jam 4 pagi setiap hari. Suatu hari, aku memutuskan untuk mengikutinya dan aku baru mengetahui bahwa dia menjadi tukang koran untuk mendapat penghasilan tambahan,” katanya, dalam sebuah wawancara. 

Ketika Yunho memutuskan untuk menjadi trainee di SM Entertainment, dia tidak memiliki tabungan untuk kebutuhan hidupnya. Bahkan, U-Know, sapaan akrabnya, sempat tidur di stasiun kereta bawah tanah. Maka dari itu, Yunho sangat menghormati ayahnya karena memiliki rasa tanggung jawab yang luar biasa. Figur sang ayah sangat memotivasinya sampai detik ini.

Yeeun Eks Wonder Girls (HA:TFELT)

Yeeun Eks Wonder Girls / HA:TFELT
Sumber Foto: @hatfelt/Instagram

Yeeun, yang kini lebih dikenal dengan nama HA:TFELT dikhianati oleh keluarganya sendiri. Ayahnya, pendeta Park Young Kyoon, ditangkap karena melakukan penipuan lebih dari $18 juta atau setara dengan Rp245 miliar. Sementara kedua orangtuanya telah bercerai sejak usianya masih kecil.

Mantan artis JYP Entertainment ini tidak pernah berkomunikasi dengan ayah kandungnya. Namun, sang ayah malah memanfaatkan ketenaran dan reputasi Yeeun untuk menipu para jemaat gereja. Ayahnya meminta investasi untuk pusat penelitian baru yang dibangun di bawah naungan gerejanya dan menjanjikan dividen kepada mereka yang mendukung dana tersebut.

Kim Jaejoong JYJ

Kim Jaejoong
Sumber Foto: Naver

Kim Jaejoong diadopsi ketika berusia 3 tahun tanpa mengetahui orangtua yang sebenarnya. Ibu kandungnya sempat menjelaskan dalam sebuah wawancara bahwa dia terpaksa menelantarkan putra tercintanya itu karena kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan. Dia tidak rela melihat anaknya selalu menyantap makanan sisa dari restoran tempatnya bekerja. 

Pada 2004, ibu kandung Jaejoong menyadari keberadaan putranya ketika dia melakukan debut bersama DBSK. Ia pun mencoba menghubungi sang penyanyi sekaligus aktor itu. Selama ini, Jaejoong memang diasuh oleh orangtua adopsinya. Namun pada akhirnya, pria kelahiran 1986 itu hidup berdampingan dengan dua keluarga berbeda. 

Lee Hangyul Eks X1

Lee Han Gyul X1
Sumber Foto: Swing Entertainment

Hal serupa juga dialami oleh Lee Hangyul. Mantan personil boy band X1 ini ditelantarkan oleh orangtuanya sejak kecil. Kemudian, dia tinggal di panti asuhan sekitar umur 7 tahun, sebelum akhirnya diadopsi oleh keluarga baru. Diceritakan bahwa ibu yang mengadopsinya adalah seorang pekerja sosial. Hingga saat ini, Hangyul masih suka bertanya-tanya mengenai alasan kedua orangtuanya harus membuangnya. Karena telah menerima begitu banyak cinta dari orangtua adopsinya, dia berjanji untuk terus bekerja keras membanggakan mereka.

Baca juga: 11 Seleb Korea Dinikahi Orang Asing, Suami Ham So Won Tuai Kontroversi