• Film Parasite

IntipSeleb – Film asal Korea Selatan, Parasite, lagi-lagi menuai kesuksesan untuk kesekian kalinya. Dewan Film Korea atau The Korean Film Council (KOFIC) mengumumkan bahwa mereka telah memilih film arahan sutradara Bong Joon Ho tersebut untuk masuk ke dalam nominasi Film Asing Terbaik di Piala Oscar 2020.

Selain karena film ini sempat meraih penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes 2019, Palm d’Or, apa alasan lain yang membuat Parasite akhirnya bisa mewakili Korea Selatan dan pantas disandingkan dengan jejeran film internasional lainnya dalam ajang Oscar? Simak artikel di bawah ini yuk!

Pertimbangan dari Dewan Film Korea

Park So Dam dan Choi Woo Shik
Sumber Foto: CJ Entertainment

Melansir KoreaHerald, dewan yang dikelola negara tersebut memaparkan alasan mereka memilih Parasite untuk turut berkompetisi dalam ajang perfilman paling bergengsi dunia, the Academy Awards atau the Oscars. Reputasi sang sutradara film, Bang Joon Ho dalam kancah perfilman dunia sudah tidak perlu diragukan lagi. Kualitas artistik serta sinematis yang ditampilkan dalam Parasite juga sanggup melampaui ekspektasi publik. Jalan cerita yang mindblowing pun tentu menjadi faktor utama yang membuat film Parasite memiliki peluang cukup besar untuk masuk dalam nominasi Piala Oscar.

Parasite Wakili Korea Selatan di Oscar 2020

Cast Film Parasite
Sumber Foto: Cannes Website

Untuk kategori film non-Inggris, masing-masing negara diminta mengajukan satu film sebagai perwakilan resmi mereka. Film Parasite akan bersaing untuk memenangkan lima kategori berbeda lainnya. Namun, sejauh ini belum ada film asli Negeri Ginseng yang lolos masuk nominasi untuk kategori International Prize di Piala Oscar.

Sementara itu, keseluruhan nominasi untuk Piala Oscar 2020 atau 92nd The Academy Awards akan diumumkan secara bersamaan dengan kategori lain pada 13 Januari 2020 mendatang. Parasite disebut-sebut akan menjadi pesaing terkuat dalam kategori film internasional. Acara penghargaan ini dijadwalkan tayang pada 9 Februari 2020.

Karya Kedua Bong Joon Ho yang Dipertimbangkan Masuk Nominasi Oscar

Bang Joon Ho dan Song Kang Ho di Festival Film Cannes 2019
Sumber Foto: Yonhap News

Pencapaian ini menandai sebagai kedua kalinya karya sutradara Bong Joon Ho dipertimbangkan untuk masuk ke dalam nominasi Oscar. Sebelumnya, film Mother (2009) yang dibintangi oleh Kim Hye Ja dan Won Bin, dipilih sebagai pengajuan resmi Korea Selatan untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik di 82nd ​Academy Awards. Namun sayang, film tersebut belum berhasil lolos untuk memperebutkan piala Oscar.

Parasite Segera Tayang di Amerika Serikat

Poster Film Parasite
Sumber Foto: CJ Entertainment

Distributor film Parasite di Amerika Utara, Neon, telah menetapkan tanggal rilis film tersebut di Amerika Serikat, termasuk New York dan Los Angeles pada 11 Oktober 2019. Seperti diketahui, film Parasite berhasil dinobatkan sebagai film Korea terlaris sepanjang masa di Indonesia dengan jumlah penonton lebih dari 380 ribu orang. Apakah Parasite juga akan mencetak rekor baru saat penanyangan di AS? 

Melansir Variety, Parasite telah menjual lebih dari 10 juta tiket di Korea Selatan sejak penayangan perdananya pada 30 Mei lalu. Parasite menjadi film terlaris keempat yang dirilis di Korea Selatan, namun belum bisa mengalahkan angka yang masih dipegang oleh Extreme Jobs (16,2 juta penonton), Avengers: Endgame (13,9 juta) serta Aladdin (12,5 juta penonton).

Parasite juga menjadi film kedua Bong Joon Ho yang berhasil meraih 10 juta penonton, setelah film The Host yang tayang pada 2006 silam. Film ini sendiri menceritakan tentang perputaran hidup antara dua keluarga kaya dan miskin, yang memiliki interaksi tidak terduga.