img_title
Foto : Dok. SM Entertainment

IntipSeleb Korea – Menjelang pensiun, ada banyak cobaan yang mesti dihadapi oleh Lee Soo Man, pendiri SM Entertainment. Setelah ditikung oleh pimpinan manajemen SM Entertainment, Lee Soo Man akhirnya harus turun tangan untuk menghapus tindakan ilegal itu dengan cara hukum.

Tak lama setelah laporan itu mencuat ke publik, kontrak produser antara SM Entertainment dan Lee Soo Man akhirnya bocor. Hal itu menunjukkan bahwa SM Entertainment harus membayar 6% royalti hingga tahun 2092 ke Lee Soo Man. Begini selengkapnya.

SM Entertainment harus bayar royalti sebanyak 6% ke Lee Soo Man hingga tahun 2092

News Naver
Foto : News Naver

Dilansir dari News Naver, kontrak produser antara SM Entertainment dan Lee Soo Man telah berakhir tahun lalu. Namun ternyata, ada kontrak lain yang dibuat antara Lee Soo Man dan SM Entertainment yang memiliki struktur yang memungkinkan Lee Soo Man mendapatkan keuntungan miliaran won setiap tahun selama 70 tahun ke depan.

Pada 9 Februari, Align Partners Asset Management merilis teks asli dokumen dewan SM tentang klaim pelanggaran kontrak. Menurut dokumen itu, kontrak antara SM Entertainment dan Like Planning (perusahaan swasata Lee Soo Man) telah diputus pada awal 31 Desember tahun lalu. Namun, menurut lampiran 2 dari Like Planning Producer License Agreement yang ditandatangani dan diperpanjang pada tahun 2015, 'Agreement on Settlement after Contract Termination' menegaskan bahwa Lee Soo Man akan menerima 6% royalti hingga tahun 2092 atas hasil dari album yang dirilis sebelumnya tanpa kewajiban. Selain itu, Lee Soo Man akan menerima 3% royalti atas keuntungan manajemen hingga akhir tahun 2025.

Topik Terkait