img_title
Foto : Prime Video

IntipSeleb Lokal – Beberapa hari ini, SM Entertainment dan HYBE menjadi pusat perhatian para fans KPop secara internasional dan netizen Korea. Hal itu bermula ketika manajemen SM Entertainment secara diam-diam membagi saham kepada Kakao Entertainment.

Demi menyelamatkan SM Entertainment, Lee So Man akhirnya memilih bekerja sama dengan HYBE. Namun, kerja sama itu ditolal oleh dewan penting dan karyawan SM Entertainment. Begini selengkapnya!

85% karyawan SM Entertainment tolak kehadiran HYBE

Berbagai Sumber
Foto : Berbagai Sumber

Mayoritas karyawan internal SM tidak setuju HYBE menjadi pemegang saham terbesar SM Entertainment. Pada pagi hari tanggal 10 Februari, HYBE mengumumkan bahwa mereka mengakuisisi 14,8% saham Lee Soo Man di SM dengan 422,8 miliar won. Setelah memiliki saham dari Lee Soo Man, HYBE mengungkapkan niatnya untuk membeli saham pemegang saham minoritas untuk memiliki 25% dari total saham yang diterbitkan untuk menstabilkan hak manajemen. Sebagai tanggapan, eksekutif SM saat ini mendefinisikan tindakan HYBE sebagai permusuhan M&A (merger dan akuisisi) dan menyatakan sikap negatif mereka. Akibatnya, perselisihan manajemen antara Lee Soo Man-HYBE dan CEO SM-Kakao dimulai.

Dalam hal ini, pemungutan suara tentang upaya HYBE untuk mengakuisisi SM dilakukan di SM Lounge pada aplikasi anonim untuk pekerja kantoran yang disebut 'Blind' pada 11 Februari. Pertanyaan tersebut memberikan dua pilihan, CEO & Kakao SM saat ini dan HYBE & Lee Soo Man, lalu meminta karyawan untuk memilih hanya satu. Pada pagi hari tanggal 13 Februari, pemungutan suara mencatat 213 jawaban.

Mempertimbangkan jumlah total 544 karyawan yang terungkap dalam laporan tengah tahunan SM pada bulan September tahun lalu, hampir setengah dari karyawan SM berpartisipasi dalam pemungutan suara dalam dua hari, menunjukkan ketertarikan mereka yang tinggi terhadap masalah tersebut. Hasilnya, 181 orang, sekitar 85% karyawan internal SM, lebih memilih sistem manajemen saat ini yang dipimpin oleh 2 CEO dan Kakao. Mereka juga mengungkapkan posisi negatif mereka atas upaya HYBE untuk mengakuisisi SM.

Topik Terkait