img_title
Foto : Intstagram/dlwlrma

IntipSeleb Korea – Pada 10 Mei, IU dilaporkan ke polisi atas tuduhan jiplak enam lagu. Dia disebut melanggar undang-undang hak cipta untuk enam lagu populernya mulai dari The Red Shoes, Good Day, BBI-BBI, Pitiful, Boo, dan Celebrity.

Ternyata, soal lagu Pink Shoes, IU sempat membantah dengan menjelaskan melodi yang disebut mirip. Berikut penjelasan yang sempat dijadikan IU sebagai bantahan. Yuk, langsung cek selengkapnya di bawah ini!

Bantahan IU soal tuduhan jiplak lagu Pink Shoes

IU
Sumber: Sports Chosun

Ini bukan pertama kalinya IU terlibat dalam kontroversi plagiarisme. Dia telah menyangkalnya beberapa kali di masa lalu. Secara khusus, The Red Shoes juga sempat dituding hasil jiplak sehari setelah perilisan. Pada 20 Desember 2013, album penuh kelima IU, Modern Times juga dirilis dengan lagu utama The Red Shoes. Itu juga dikritik karena mirip dengan Here's Us milik Nekta.

Pada saat itu, mantan agensi IU, Loen Entertainment, membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan, “‘Here’s Us’ dan bagian B dari ‘The Red Shoes’ mungkin terdengar serupa dalam melodi, tetapi progresi akordnya sangat berbeda. ‘Here’s Us’ adalah progresi akord skala dominan dengan akord dasar mayor B-flat.”

IU juga mengaku bahwa dia tidak berpartisipasi dalam pembuatan lirik lagu, namun dia tetap memberikan penjelasan darinya. Pada 2013, IU mengambil penjelasan Lee Min Soo sebagai pakar musik sebagai kalimat bantahannya.

Topik Terkait