X
  • Novi

IntipSeleb – Nama Novi terdaftar dalam urutan trending topic di Twitter sejak Selasa pagi, 5 November 2019. Sebuah base Twitter mengunggah tangakapan layar berupa platform donasi online Kita Bisa. Dengan judul Bantu Novi Mewujudkan Mimpinya berkuliah, netizen memberikan banyak reaksi cuitan di Twitter.

Seperti yang dilansir dari Kita Bisa, Nuryanti Novitasari adalah alumni SMAN 5 Kediri tahun 2018. Setelah lulus SMA, Novi mencoba peruntungannya mengikuti berbagai macam seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri, mulai dari SNMPTN, PMDKPN hingga SPANPTKIN namun tidak ada satupun yang lolos. Hingga akhirnya dia memutuskan untuk mengambil gap year dan kembali mencoba seleksi masuk PTN tahun 2019. Hasilnya pun sama, ia dinyatakan tidak lolos. Namun, Novi tidak menyerah.

Novi kuliah di Turki

Novi

Karena tidak ada universitas yang meloloskan Novi, ia mencoba daftar melalui jalur mandiri di beberapa universitas di Turki. Akhirnya, di bulan Juli 2019 ia berhasil masuk di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Administrasi Bisnis, Jurusan Bisnis, Kirklareli University, Turki.

Namun, ia belum bisa berangkat ke Turki karena kendala biaya. Ayah Novi bekerja sebagai pedagang tukang bubur ayam keliling di Kediri dan Ibu Novi adalah ibu rumah tangga biasa. Novi juga memiliki seorang adik laki-laki yang sekarang sedang duduk di sekolah dasar. Baik Novi ataupun orang lain yang mendaftarkannya dalam platform Kita Bisa dengan alasan kuliah di Turki menuai banyak kritik dari netizen.

Biar kaya raya

Mau ikut galang dana ah kaya Novi buat beli skinker, album, nonton konser, jalan-jalan ke luar negri, beli mobil, rumaah, biar kaya raya pokoknya.”

Lingkungan tidak luas

Mungkin Novi itu dia gak kepikiran cara lain selain kitabisa, mgkn emang lingkungannya dia ga seluas kita yg bs dpt info beasiswa sana sini. Klo kalian gak setuju caranya, ya udah gak usah sampe ngejatuhin jg. Tinggal gak usah nyumbang. Gak usah sampe jelek²in orgnya.”

Tuntut ilmu sampai ke negeri Turki

Tuntutlah ilmu sampai ke negri turki, tapi kalau bisa jangan minta ke orang orang ya Novi. Usaha, kerja keraslah dan raih mimpimu dengan usahamu.

Dikatikan dengan layangan putus

“Dari persoalan #layanganputus sampe donasi beasiswa buat Novi. Gue jadi belajar : Masyarakat kita sgt mudah mengomentari hidup org lain dengan sesuatu yg dianggap nya benar. Pihak manapun yg terusik, pasti akan membekas di ingatan nya seumur hidup. Berhenti main hakim sendiri!”

Beasiswa Turki

Saya sebagai mahasiswa beasiswa turki, sangat kecewa ada orang yg ngemis untuk kuliah di turki, dan beasiswa di turki itu gratis jadi gk harus bayar 50jt, kemungkinan besar si novi ini akan lajur mandiri turki, dan itu biayanya 48jt... Semua orang punya mimpi, masa hatus ngemis”