X
  • Calon Sarjana

IntipSeleb – Kanal YouTube Calon Sarjana dengan 12 juta subscriber tengah menjadi buah bibir warganet sejak Kamis, 7 November 2019. YouTube tersebut terbukti melakukan plagiasi karya dari JT YouTube. Lewat akun Twitter, owner JT YouTube mengunggah kekecewaannya pada Calon Sarjana yang telah mengambil hak cipta tanpa izin. 

Berkat viralnya berita tersebut, tim Calon Sarjana akhirnya menuliskan permohonan maaf kepada yang bersangkutan lewat dircet message Twitter. Mereka juga tak lupa meminta maaf kepada para subscriber yang merasa kecewa atas perlakuannya.

Banyak orang bertanya-tanya soal pemilik Calon Sarjana, sebab dalam setiap unggahannya mereka tidak mencantumkan siapa pembuat kanal fenomenal ini. Lantas, bagaimana dengan fakta-fakta soal Calon Sarjana? Simak ulasan berikut.

Buatan Infia Group

Calon Sarjana
Sumber: ​Twitter/@Faridabdrrhmn​

Berdasarkan video yang diunggah oleh YouTube Bukalapak berjudul Richo Pramono – Viral Campaign, Apa Tolok Ukurnya? | BukaTalks, Calon Sarjana adalah buatan Infia Network. Seperti diketahui, Infia merupakan sebuah perusahaan yang mencakup lima perusahaan sekaligus, yaitu Infia Media Pratama, Infia Niaga Digital, Infia Pariwara, Tahilalats, dan Infia Mega Semesta. 

Richo Pramono sebagai CEO Infia Media Pratama

Richo Pramono
Sumber: YouTube Bukalapak

Richo Pramono menjadi pembicara di BukaTalks pada April 2019 lalu. Di awal video, ia menceritakan bahwa dirinya merupakan CEO dari Infia Media Pratama yang mewadahi berbagai media seperti Infia news, dagelan, dan termasuk kanal YouTube yang sedang viral Calon Sarjana.

“Network kita sekarang adalah news, segala account yang depannya ada Infia-nya itu adalah media news kita berbasis berita. Kita sengaja membangun media ini dalam bentuk sangat vertikal melejit sampai bawah dari berbagai interest. Sebelah kiri adalah entertainment, entertainment ini adalah ada dagelan. ” kata Richo.

Andrey Noelfry Tarigan sebagai Co-Founder Infia Group

Calon Sarjana yang terdaftar dalam trending topic di Twitter membuat netizen menyampaikan cuitannya. Salah satu yang memeberikan pendapat soal Calon Sarjana adalah komika Ernest Prakasa. Dalam akun Twitter-nya, ia meretweet sebuah cuitan berisi tangkapan layar Linkedin seorang pria yang menjabat sebagai Co-Founder Infia Group. Tangkapan layar tersebut diunggah pada Kamis 7 November 2019. Ernest memberikan komentar soal unggahan tangkapan layar tersebut dengan keteragan “Oh ini co-founder-nya.”

Baca juga: Heboh YouTube Calon Sarjana Kebukti Plagiat, Ernest Prakasa: Bajingan!

Isi konten Calon Sarjana

Calon Sarjana merupakan nama kanal YouTube yang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta fakta-fakta unik. Tak tanggung-tanggung, setiap rekaman video yang diunggah tersebut berisi fakta soal berbagai hal yang terjadi di Indonesia maupun dunia. Bahkan, kanal tersebut masuk dalam nominasi Panasonic Gobel Award 2019 sebagai kategori Kreator Konten Digital.

Channel YouTube yang memiliki tagline “New Video Every Day” ini menyuguhkan berbagai video menarik seputar pengetahuan yang sayang untuk dilewatkan. Yang terbaru, mereka mengunggah video berjudul Masih Berusia 16 Tahun, Namun Cewek Ini Dinobatkan Sebagai ORANG Dengan KAKI TERPANJANG di Dunia! dua hari lalu. Video tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 100 ribu kali.