X
  • Risa Santoso

IntipSeleb – Sejak dilantik menjadi rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Asia Malang pada 2 November 2019 lalu, nama Risa Santoso menjadi perbincangan publik. Hal ini karena ia resmi menjadi rektor di usianya yang sangat muda, 27 tahun. Ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia memiliki rektor termuda mengalahkan Riki Saputra, rektor muda berusia 36 tahun. Ia resmi menjadi rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) pada Februari 2019 lalu.

Wanita yang pernah berkuliah di Harvard University, kampus bergengsi di dunia ini pernah bercerita soal pengalamannya sebelum menjadi rektor. Ia membagi tips dan trik kepada mahasiswa yang sedang berjuang mendapatkan beasiswa LPDP di luar negeri. 

Berkat viralnya berita soal rektor termuda, Risa mengaku banyak terima direct message di Instagram. Ia juga meminta maaf kepada awak media karena banyak pesan yang tidak sempat dibalasnya.

Baca Juga: Fakta Risa Santoso, Rektor Termuda ITB Masih 27 Tahun Cantik pula

Kegiatan Risa Santoso saat S1

Berdasarkan video yang diunggah oleh kanal YouTube Institut Asia Malang, sebelum menjabat sebagai rektor, Risa lebih dulu menjadi Direktur pengembangan di Kampus ASIA Malang. Video berjudul SEKILAS PERJALANAN RISA SANTOSO SEBELUM MENJADI REKTOR TERMUDA DI INDONESIA | VIRALL !!! itu menampilkan Risa tengah berbagi pengalaman kuliahnya dulu sebelum jadi rektor. Video tersebut diunggah pada 27 Mei 2019.

“Waktu S1 memang berniat kuliah di Amerika, jadi waktu di Amerika itu di community collage dulu habis itu baru transfer ke Universitas ​Barkeley. Jadi disana sebenernya macem-macem sih,selain belajar memang harus bagus ya nilainya. Tapi ikut bem, tutor, soalnya sering kali di Amerika itu bukan hanya nilai yang penting, tapi kegiatannya, aktivitas di luar itu gimana,” kata Risa

Pengalaman S2

Risa Santoso
Sumber: Instagram/@santosorisa

Setelah menjadi sarjana ekonomi, Risa melanjutkan pendidikannya di Harvard University. Ia mengaku ambil major ekonomi, namun karena jurusan ekonomi tidak bisa S2, akhirnya ia mengambil pendidikan untuk mendapatkan gelar master.

“S2 langsung sebenarnya, aku ambil majornya ekonomi sekalian ambil minor education. Akhirnya S2nya education, yang education satu tahun doang soalnya. Pas ekonomi ngga bisa S2 di beberapa sekolah harus S3 langsung gitu. Jadi akhirnya ambil education.”

Dulu Risa malas

Risa Santoso
Sumber: Instagram/@santosorisa

Saat ditanya soal pendidikan yang diajarkan oleh orang tua, Risa mengaku dirinya lumayan malas. Namun, ia dididik untuk menjadi orang yang bertanggung jawab oleh orang tuanya. Ia juga harus berusaha menjadi pribadi yang memiliki keingintahuan yang tinggi.

“Dulu sebenernya orangnya lumayan males, didikan orang tua yang paling penting tuh tanggung jawab sih yang pasti. Harus ngerti kira-kira mau berbuat lebih, sesuatu yang baru, keingintahuan yang tinggi. Yang penting bagaimana mengerjakan sesuatu ada masalah, kamu juga selesaikan masalah itu.”

Tips dan trik dapat beasiswa LPDP

Risa Santoso
Sumber: Instagram/@santosorisa

Menurut Risa, untuk mendapatkan beasiswa LPDP harus memiliki planning yang matang. Minimal satu tahun untuk merencanakan beasiswa ke luar negeri. 

“Emang waktu itu mungkin sebagian lumayan lucky, LPDP (waktu itu) masih awal-awal. Mereka mau mengambil banyak mahasiswa, jadi jalannya juga jauh lebih gampang. Kalau misalnya sekarang sih yang paling penting planning kira-kira satu tahun sebelumnya. Lalu riset di internet, kira-kira beasiswa lain ada apa aja, setelah itu dilihat kira-kira recuimentnya apa saja dan dicicil.”

Minta maaf karena tidak membalas DM netizen

Video berjudul Lebih Dekat Dengan Risa Santoso, Rektor Termuda di Indonesia diunggah oleh MerdekaDotCom pada 7 November 2019. Di akhir, video itu menampilkan rekaman video Risa tengah menyampaikan permohonan maafnya kepada netizen yang tidak terbalas pesannya di Instagram.

“Saya enggak ada ekspektasi untuk jadi suatu berita yang viral. (dapat dm) banyak, banyak yang enggak sempat saya balas. Jadi saya minta maaf ada yang enggak ke balas. Memang agak ramai,” kata Risa Santoso.