X
  • Ria Irawan

IntipSeleb – Ria Irawan merupakan salah satu artis yang lahir dari pasangan pemain film senior Bambang Irawan dan  Ade Irawan. Sejak umur empat tahun, Ria sudah membintangi peran dalam film Sopir Taxi tahun 1973. Kalau melihat ke belakang, puluhan judul film dan sinetron telah dibintangi wanita 50 tahun ini.

Kini kondisi kesehatan Ria Irawan mengkhawatirkan. Ia didiagnosis mengidap kanker getah bening sejak tahun 2009. Demi kesehatan, Ria harus mengorbankan rambutnya untuk menjalani kemoterapi dan menjalankan sejumlah kegiatan medis di Jakarta.

Seperti yang ditulis oleh VIVA.co.id, Ria sempat sembuh dari kanker getah bening tersebut, namun awal tahun 2019, Ria dinyatakan kembali mengidap penyakit tersebut.

Ada tumor di kepala

Ria Irawan
Sumber: Instagram/@riairawan

Awal September 2019 lalu, Ria mengejutkan warganet karena pengakuannya di media sosial. Artis senior itu mengungkapkan ada tumor di dalam kepalanya, hingga dirinya kesulitan untuk berbicara. 

"Karena ada tumor di dalam kepala, yg mengakibatkan saraf bicara saya tertekan,akhirnya saya harus belajar pelan-pelan belajar berbicara dengan baik, tapi setiap saya mau belajar, pasien di sebelah saya juga belajar,belajar menahan sakit," ungkap Ria di dalam akun Instagramnya dilansir dari VIVA.co.id.

Kondisi drop

Ria Irawan
Sumber: Instagram/@mayk_wongkar

Sempat diizinkan untuk pulang, Ria Irawan kembali dikabarkan masuk rumah sakit lagi. Lewat Instagram pribadi suaminya, Mayky Wongkar Ria kembali berbaring di rumah sakit untuk rawat inap. Wannita kelahiran Jakarta ini langsung dilarikan ke IGD RSCM pada Senin, 18 November 2019 karena kanker getah bening yang dideritanya.

Selalu kuat, selalu berani, love you so much bu @riairawan ,perjalanan ini masih panjang.. bismilah segalanya dimudahkan kan," tulis Mayky dalam unggahan tersebut.”

Hal ini dibenarkan oleh aktor senior Tio Pakusadewo yang juga merupakan sahabat baik Ria Irawan. Menurutnya, kondisi Ria Irawan memang drop dan belum bisa dijenguk selain oleh keluarga besar.

“Belum boleh (dijenguk) kecuali keluarga,” kata Tio lagi.

Update soal ​kondisinya

Ria Irawan
Sumber: Instagram/@riairawan

Meski dalam keadaan sakit, Ria Irawan masih sering memberikan kabar terbarunya kepada warganet lewat Instagram. Dengan menjelaskan secara detail kondisinya, Ria juga mengunggah foto dirinya. Selasa pagi, 19 November 2019, ia mengunggah foto dirinya tengah berbaring di rumah sakit didampingi dua perawat. Dalam keterangan, Ria mengungkapkan harus dirawat inap lagi di RSCM Jakarta karena kepalanya terasa sakit.

“Morning Day 1,rawat inap lagi di RSCM gedung A, Karena kepala kembali terasa sakit,tangan dan kaki bagian kanan menjadi susah digerakan dengan benar, berbicara juga kembali sedikit sulit,ini semua karena "masa" yg dibagian kiri depan kepala mendorong motorik fungsi luhur...tetap semangat semua,” tulis Ria Irawan.