X
  • Kemal Palevi

IntipSeleb – Hubungan antara Indonesia dan Malaysia kembali dikabarkan memanas. Kali ini terkait dengan insiden pemukulan suporter Indonesia yang dilakukan suporter Malaysia. Hal ini terungkap dari video yang viral di media sosial.

Diduga, insiden tersebut terjadi usai laga Malaysia vs Indonesia sebagai lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stasion Bukit Jalil, Selasa, 19 November 2019.

Korban mengalami luka

Dalam video yang diunggah akun Twitter @permadiaktivitis, Kamis, 21 November 2019 tampak beberapa orang pria mengalami luka-luka akibat pukulan dan tendangan yang dilayangkan sejumlah orang.

Tidak hanya menggunakan anggota tubuhnya, terlihat beberapa orang melakukan pemukulan menggunakan benda seperti helm. Tampak di unggahan itu, seorang pria terkapar dan seorang lainnya disebutkan mengalami patah tulang hidung.

Akun @permadiaktivitis itu pun menuntut permintaan maaf dari Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq atas kejadian tersebut.

"Menteri Olahraga @SyedSaddiq, ini video pendukung Indonesia dipukuli oleh orang Malaysia setelah pertandingan terakhir kami, mereka bahkan menambahkan ucapan yang sangat menghina. Mempertimbangkan bagaimana Anda menuntut permintaan maaf dari kami terakhir kali, kami harap Anda akan membalas budi meminta maaf untuk ini," tulis akun tersebut dengan bahasa Inggris mengiringi videonya.

Kemal Palevi ikut bereaksi

Kejadian ini pun ikut disoroti YouTuber, Kemal Palevi. Di Instagramnya, Kemal membagikan ulang video lain yang memperlihatkan gerombolan supporter dengan menggunakan bahasa Malaysia melayangkan kalimat hinaan untuk Indonesia.

Kemal mengaku awalnya dirinya enggan memposting tentang kejadian ini. Namun, ada orang yang meminta bantuannya agar berita pemukulannya ini menjadi perhatian masyarakat dan segera ditanggapi pemerintah Indonesia.

"Ada yang nanya pendapat gue soal suporter Indonesia yang dipukulin parah banget sama suporter Malaysia. Gue tadinya emang gak mau ngepost apa-apa soal ini, takut salah komen, tapi ada yang DM katanya minta tolong di up beritanya di sosmed karena beritanya sempat gak viral. Dan gak ada tindak lanjutnya perihal korban baik dari @officialpssi maupun dari pihak Malaysia," tulis Kemal di keterangan videonya, Jumat, 22 November 2019.

Dengan video tersebut, Kemal Palevi pun berharap pada pihak PSSI dan juga Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq untuk menindak hal ini. Di akhir keterangannya, Kemal juga menyelipkan pesan untuk tetap damai dalam menyikapi suatu kejadian.

"Jadi dengan dipostnya video ini, saya mohon dengan sangat kepada yang terhormat @officialpssi dan yang terhormat @syedsaddiq supaya ada tindak lanjutnya perihal pemukulan suporter Indonesia di Malaysia," sambungnya.

"Dulu bapak @syedsaddiq Mendesak pak Imam Nahrawi untuk bikin video permintaan maaf. Sekarang kami menuntut hal yang sama pak @syedsaddiq biar masalah cepat selesai dan tidak berkepanjangan. Dan buat suporter Indonesia, cuma sekadar mengingatkan, gak mungkin ada asap kalau gak ada api. Pokoknya salam damai semuanya ya. Dan silahkan tag @officialpssi dan pak @syedsaddiq di kolom komentar gue," tandas Kemal Palevi.