X
  • Ashanty

IntipSeleb – Ashanty sedang menderita penyakit serius. Ia didiagnosa penyakit autoimun yang menimbulkan bentol-bentol di sekujur tubuh. Hal ini membuat keluarga Asix dan orang-orang terkasih merasa sedih. Tak hanya Aurel Hermansyah yang meminta doa kepada netizen untuk penyembuhan sang bunda. Si kecil Arsy pun memanjatkan doa kepada Yang Kuasa dengan menitikkan air mata.

Banyak spekulasi yang diberikan oleh netizen terhadap penyakit yang diderita Ashanty. Dari mulai hal mistis hingga mengaitkan azab dengan hijab yang belum dikenakan oleh istri Anang Hermansyah itu. Melihat banyak spekulasi yang berlawanan dengan fakta, Ashanty memberikan klarifikasi soal penyakit yang dideritanya itu. Melalui video berjudul BUNDA ASHANTY TANGGAPI KOMENTAR NETIZEN, DARI PENYAKIT HINGGA HAL MISTIS itu Ashanty memberikan penjelasan. Video itu diunggah di kanal YouTube The Hermansyah A6 pada Sabtu, 23 November 2019.

Baca Juga: Ashanty Dirawat Karena Autoimun, Aurel Hermansyah Minta Doa

Pertama kali sakit parah

Video tersebut terlihat Ashanty menjawab pertanyaan dari netizen soal penyakitnya. Ia menjawab bahwa dirinya jarang dirawat di rumah sakit. Namun, pertama kali mengidap penyakit serius pada tahun 2012 saat didiagnosa terkena radang selapuk otak atau meningitis. Ashanty merupakan salah satu orang yang terlalu berlebihan ketika merasa sakit. Saat itu sedang menjalani syuting sampai jatuh ketika salat Maghrib, akhirnya ia dibawa ke rumah sakit.

“Waktu itu lagi syuting film lagi solat maghrib sampe jatuh. Nah di bawa ke rumah sakit, dikasih obat-obatan nyerinya gak hilang. Sampai akhirnya dibawa ke MMC, disuntik di sini (kepala) itu sampai sebulan aku dirawat di MMC dan aku terkena gejala meningitis. Untungnya masih gejala, (karena) susah buat sembuh, kebanyakan tidak tertolong.”

Awal didiagnosa autoimun

Keluarga Anang - Ashanty

Seperti diketahui, Ashanty terkena penyakit autoimun dan harus dirawat beberapa waktu lalu. Awalnya, Ashanty tidak merasa sakit. Namun, saat mengantar sang suami untuk stray otak atau DSA ia disarankan untuk menjalankan pengecekan juga oleh dokter di RSPAD. Ternyata, Anang yang justru sehat-sehat saja, sementara Ashanty didiagnosa gejala autoimun

“Pas mas anang dan aku cek, ternyata dokternya tidak mengiizinkan aku DSA, malah mas Anang yang boleh karena ternyata mas Anang sehat bagus semuanya. Tapi aku ternyata tidak bolah karena dokter mendiagnosa ada gejala autoimun. Akhirnya aku dibatalin buat DSA dan aku ada pengambilan darah banyak banget yang hasilnya lima hari setelah itu. Dan keluar dari RSPAD bahwa aku kena gejala autoimun yaitu inflamasi di usus.”

Gejala-gejala sampai terkena penyakit autoimun

Ashanty

Saat mendapat pertanyaan soal gejala yang dirasakan sampai terkena penyakit autoimun, Ashanty tidak memahami hal tersebut. Pasalnya, ia merasa sehat dan tidak ada yang aneh dengan dirinya. Ia hanya sulit tidur saat malam hari karena merasa insomnia. Tapi sebenarnya itu merupakan salah satu gejala dari autoimun.

“Jujur aku ngga pernah mau ngecek ke RSPAD untuk DSA aku ngga pernah tahu kalau aku kena autoimun karena aku ngga ngerasa sakit, aku juga ngga ada rasa yang kaya orang lagi sakit. Tapi memang dokter Terawan ini menurut aku luar biasa karena dia bisa tahu bahwa aku susah (tidur), aku pikir insomnia, ternyata aku susah tidur karena ada gejala itu. Sekarang aku gampang moody, berfikir terlalu keras, lupa per detik abis itu inget. Ternyata itu bukan sesuatu yang tiba-tiba datang, memang ada gangguan dari saraf.”

Perasaan Ashanty harus dirawat

Ashanty
Sumber: Instagram/@ashanty_ash

Pertama kali mengetahui dirinya terkena penyakit autoimun, ia langsung intropeksi dirinya. Namun, setelah tahu harus dirawat di rumah sakit, Ashanty tidak terlalu memikirkan hal-hal yang negatif. 

“Jujur kalo kemarin aku masuk rumah sakit udah ditahap gak mau terlalu mikirin seperti pertama kali aku didiagnosa kena autoimun. Abis itu aku ngga pernah tau autoimun terus aku googling, awal-awal aku drop banget aku merasa ‘waduh aku dosa apa ya bisa begini’ anak masih kecil-kecil juga, kalau ada apa-apa siapa yang mau jagain. Banyak berkecambuk banget perasaan-perasaan gaenak itu.”

Tanggapan soal penyakitnya dikaitkan dengan mistis

Ashanty
Sumber: Instagram/@ashanty_ash

Ashanty merupakan orang yang tidak percaya dengan hal-hal mistis, namun ia mengaku bahwa hal itu pasti ada. Dia juga menyatakan bahwa dirinya tidak ambil pusing soal hal mistis. Ia hanya melakukan kewajiban sesuai agama yang dianutnya. 

“Kalaupun ada yang gak suka, ya dimaafkan aja semoga dia diberi hidayah oleh Allah untuk tidak melakukan hal-hal begitu. Bukan percaya ngga percaya tapi aku banyak ngobrol sama abah dari pesantren yang biasa aku. Karena aku apa-apa orangnya logika, karena agama berdasarkan logika juga, tapi apapun seputar dunia bisa dijawab baik dengan orang yang pasti ahli dalam agama. Beliau menjabarkan bahwa itu ada, tapi kamu ngga perlu percaya, ngga perlu kamu yakini, karena semakin kamu pikirin ya semakin hanyut dengan hal-hal begitu.”

Kenapa tidak berhijab?

Ashanty
Sumber: Instagram/@ashanty_ash

Beberapa netizen mengaitkan azab dengan hijab yang belum dikenakan oleh Ashanty. Mereka menganggap bahwa penyakit yang dideritanya adalah peringatan dari Allah agar Ashanty berhijab. Melihat hal itu, ibunda Arsya ini menganggap bahwa tidak ada kaitannya hijab dengan penyakit yang dideritanya. Ia juga meminta netizen untuk mendoakan yang terbaik untuk dirinya.

“Bukan berarti kalo kita ngga berhijab lebih buruk dari yang berhijab tapi udah pasti semua bahkan dari pribadi aku juga mau pakai. Cuman kapannya ini takut ikut-ikutanan aku terpaksa aku ngga mau, aku mantep pakai. Hijab adalah sesuatu yang ngga bisa dipaksakan, bahkan suamiku belum menyuruh aku belum pakai, dia tahu juga istrinya gimana. Coba perlahan-lahan benahin diri kita. Jangan dihubungkan azab dengan hijab kayaknya ngga baik," ucap Ashanty.