X

IntipSeleb – Ucapan Agnez Mo yang mengaku tidak berdarah Indonesia menuai kontroversi. Tidak sedikit yang menghujat Agnez karena merasa pelantun lagu NaNaNa itu tidak memiliki jiwa nasionalis. Anggun C Sasmi ternyata juga pernah mengalami hal serupa.

Keduanya sama-sama berkarier di luar negeri, bahkan mereka menjadi dua penyanyi Indonesia yang mempunyai patung lilin di Madame Tussauds lho. Anggun C Sasmi meraih popularitas di Perancis dan kini sudah berpindah kewarganegaraan. 

Curhat

Dalam unggahan yang ditulis Anggun, penyanyi lagu What We Remember tersebut curhat pengalaman pribadi saat memilih untuk pindah kewarganegaraan. Saat itu banyak juga yang menghujatnya.

“Saya dibilang: jangan ngaku-ngaku orang Indonesia elo itu orang Prancis! Dia dibilang: Malu sama Negara ya sampai bilang enggak punya darah Indonesia sama sekali!”

Anggun merasa bingung sendiri karena dia berdarah Indonesia hanya pindah kewarganegaraan tapi tetap dibilang bukan orang Indonesia.

“Jadi yang penting apa dong, darah Indonesia atau paspor Indonesia?”

Tidak menghakimi orang

Agnez Mo

Di akhir curhatannya, Anggun menekankan hal terpenting adalah jangan menghakimi orang lain. Apapun perkataan atau apapun paspornya.

Yang paking penting adalah belajar “tidak menghakimi orang" gitu aja repot,’ ungkap Anggun sambil memberikan emoji hati dan bendera Indonesia.

Sebelumnya pada 17 November 2019, Anggun juga pernah curhat terkait kewarganegaraan di unggahan Instagram.

Mereka yang masih ngomongin WNI/WNA sama aja dengan mereka yang selalu tanya, agamanya apa? Hidup orang lain memangnya harus dibatasi oleh kriteria hidupmu? Rugi kali,” tutur Anggun.

Agnez Mo sedih

Agnez Mo

Diketahui dari artikel sebelumnya, Agnez Mo mengaku merasa sedih karena banyak yang salah mengartikan perkataannya ketika wawancara. Padahal pelantun lagu Diamonds itu selalu mengenalkan Indonesia dalam setiap kesempatan, termasuk dalam video klip lagu internasional.

Baca juga: Isi Curhat Agnez Mo ke Anji Soal Darah Indonesia, Sedih banget

Kalo aku ga bangga jd orang Indonesia, ngapain ak bawa2 terus dan selalu bring Indo traditional culture?? Sedih aja. Hehe.. padahal aku ngomong soal darahku. Ancestor. Tapi, justru maksudnya bahwa walaupun aku minority (dan berbeda), tapi justru Indonesia mengajarkan culture INCLUSIVITY. Bhinneka tunggal ika. Lol. Tapi malah disalahartikan,” ucap Agnez Mo saat curhat kepada Anji.