X
  • Jerome, Reza, Denny

IntipSeleb – Konten pamer saldo ATM artis mulai mereda, kini marak video YouTube berisi prank ojek online (ojol). Konten ini menuai banyak kontroversi di kalangan netizen. Bahkan, beberapa public figure ikut berkomentar soal prank ojek online ini.

YouTuber yang membuat konten soal prank ojek online dinilai keterlaluan karena menjual rasa kasihan para pengemudi ojol. Diketahui, beberapa YouTuber seperti hasanjr11 dan Nikita Mirzani. Awalnya netizen memang merasa kagum dengan para YouTuber yang membayar lebih dari total harga setelah mengetahui ojol terkena prank. Namun, semakin banyak yang memberikan pendapat kontranya soal prank tersebut, netizen dan beberapa public figure geram.

Baca Juga: Fenomena Pamer Saldo ATM, 3 Artis Ini Beri Sindiran Menohok

Konten prank ojek online

Beberapa YouTuber membuat konten gurauan kepada ojol, entah memesan makanan yang harganya melejit hingga jutaan rupiah atau sekedar order jasa mengemudi. Setelah makanan sampai, mereka mengaku tidak memesan makanan tersebut, atau alamatnya salah, dan alasan lain yang membuat ojol merasa rugi hingga jutaan rupiah. Melihat hal itu, pengemudi ojol merasa depresi dan sedih karena uangnya habis tanpa ada keuntungan sedikitpun bahkan rugi. 

Setelah merekam wajah sedih hingga nangis terisak ojol itu akan diberi uang atau barang yang harganya jauh lebih mahal dari orderan makanan tersebut. YouTuber itu akan mengeluarkan kamera di depan pengemudi. Di akhir, mereka akan memberikan sejumlah uang bahkan iPhone, dan barang-barang lain.

Komentar Reza Arap

Melihat hal itu, Reza Arap merasa geram karena merasa YouTuber tersebut hanya menjual rasa kasihan lewat kontennya. Ia juga tak sungkan mengeluarkan kata-kata kasar untuk YouTuber yang membuat konten prank ojol. Ia merasa sedih karena dirinya mempunyai teman ojol yang sering ngobrol bareng dan sekedar nongkrong bersama. Berdasarkan rekaman video yang diunggah oleh akun gosip @tante.officially, Reza menyarankan prank balik ke ojek online.

“abang-abang ojolku sayang, gini bang kalian tau ga kalian di prank terus mereka ngasih kalian sesuatu entah uang atau barang. Mereka edit videonya terus upload ke YouTube, video itu akan disitu selamanya. Belum lagi kalo di videonya ada brand, itu harganya puluhan dan ratusan juta dan mereka itu dapet itu semua dari rasa kashian ke abang-abang semua. Mereka jual rasa kasian lo semua, itu menyebalkan. Boleh ngga kita kerjasama sedikit, kalo kalian lagi di prank terus kalian tau diprank muncul kamera atau apapun itu terus mereka kasih sesuatu ke kalian boleh ngga kalian tolak.

Lebih lanjut, dirinya meminta kerjasama dengan ojek online yang terkena prank untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib. Atau pilihan yang kedua, ojek online disarankan untuk mengambil video dengan berkata sumpah serapah kepada YouTuber yang sudah semena-mena terhadap dirinya. Kemudian, video itu harus disebarkan pada rekan-rekan ojek online yang lain.

tolak  setelah itu lapor ke pihak yang berwajib. Itu yang pertama. kedua, kalian dateng kalian di prank kamera keluar, boleh ga kalian tolak lalu kalian untungin balik. Gimana caranya? kalian tolak, lalu kalian videoin balik atau manggil teman kalian, ojol-ojol temen kalian suruh dateng videoin juga. Gini caranya “Ini Youtuber bangsat ngeprank gue jual rasa kasian gue terus mereka upload videonya dan dia dapet duit selamanya dari video itu” mereka bakal ciut sumpah dah, dan abis itu videonya kalian sebarin ke antereo ojol. Kalian dapet untung dari situ, ngga bakal kaya gitu ke depannya, bisa dapet respect dari brand ojol kalian, kalian membantu youtuber sampah itu biar meninggal, janganlah kesel gua. Intinya kasih liat ke mereka kalo youtuber2 ini bangsat,” kata Reza Arap.

Komentar Denny Sumargo​

Tak hanya Reza Arap, pemain film 5 cm Denny Sumargo juga turut memberikan pendapatnya soal konten prank ojol. Lewat Instagram yang sudah dihapus, ia memberikan sindiran menohok kepada YouTuber tersebut. Rekaman video itu diunggah kembali oleh akun gosip @ifotainment.official 

Halo buat temen-temen yang bikin konten di YouTube yang pesan-pesan ojol terus dicancel abis itu dikasih uang memang kau kasih dia uang. Tapi kau ketawa di atas penderitaan dia sakitlah hati dia. Jangan gila-gila konten, jangan gila-gila adsense. Ngerti kok pengin berkarya, tapi nggak gitu juga caranya, ojol-ojol itu mereka kadang kerja pagi sampai malam cuman cukup buat makan, jangan menukar perasaan dengan uang. Uang dan kesuksesan dijadikan senjata yang tidak mendidik, tolonglah dewasa dikit,” kata Denny Sumargo.

Komentar Jerome Polin

Seperti diketahui, Jerome Poline atau yang dikenal dengan nama YouTube Nihongo Mantappu itu lebih sering memberikan konten lucu di media sosial. Namun, kali ini dirinya tak sungkan membagikan pendapat tentang konten prank ojol. Lewat Twitter pribadinya, Jerome memberikan kritik yang cukup pedas pada Selasa, 26 November 2019.

“Mentang2 punya duit, bisa ngeprank orang yang lebih “tidak punya duit” seenaknya. Mentang2 punya duit, bisa nyamar jadi gembel tapi beli barang mahal. Orang2 kayak gini gak pernah ngerasain ada di posisi orang yang diprank/dibuat candaan kali ya?”