img_title
Foto : Pinterest/Zauyah Sudin

IntipSelebManfaat daun bidara ternyata sangat baik untuk tubuh. Adakah di sini yang tahu daun bidara? Daun bidara berasal dari pohon bidara atau widara, yakni sejenis pohon yang menghasilkan buah. Biasanya pohon bidara tumbuh di daerah yang tandus atau kering. Pohon bidara juga banyak dikenal dengan sebutan jujube.

Pohon bidara berasal dari daerah Asia Tengah kemudian menyebar ke wilayah luas. Pohon bidara sendiri memiliki ciri tinggi hingga 15 meter. Warna kulitnya berwarna cokelat, abu-abu gelap dan memiliki tekstur yang pecah seperti garis tak beraturan.

Karena berasal dari Asia Timur, pohon bidara bisa hidup di suhu ekstrem. Ia disebut bisa tetap hidup meski suhu mencapai 42 derajat celsius. Selain itu ia juga tetap bisa hidup walau suhu mencapai 7 derajat celsius.

Pohon bidara juga disebut sebagai pohon obat. Sebab, beberapa bagian dari pohon bidara mampu dijadikan obat tradisional. Salah satunya adalah daunnya. Manfaat daun bidara banyak sekali untuk kesehatan tubuh.
Penasaran manfaat daun bidara? Simak 10 manfaat daun bidara berikut ini.

1. Pereda demam

Manfaat daun bidara yang pertama adalah dapat menjadi obat pereda demam. Hal ini disebabkan daun bidara yang memiliki sifat analgetik dan antipiretik dari senyawa plavonoid. Senyawa tersebut dapat menghambat enzim siklooksigenase yang dapat menyebabkan pembentukan prostaglandin yang menjadi salah satu faktor penyebab munculnya demam dan nyeri.

Selain itu, senyawa tersebut juga dapat menghambat pelepasan sitokin, radikal bebas hingga enzim yang berperan dalam pembentukan inflamasi. Jadi tidak ada salahnya jika mengonsumsi rebusan air daun bidara sebagai obat alami pereda demam.

2. Mengurangi risiko diabetes

Selanjutnya manfaat daun bidara ialah dapat mengatasi diabetes. Nyatanya daun bidara adalah salah satu tanaman herbal yang dapat mengatasi masalah diabetes. Hal ini disebabkan daun bidara yang memiliki sifat antidiabetik sehingga mampu meminimalisir risiko diabetes. Caranya dengan mengonsumsi rebusan daun bidara.

Hal ini dipercaya dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Selain itu, daun bidara juga dipercaya dapat membantu mengatur pengoptimalan produksi insulin di dalam tubuh.

3. Mencegah depresi

Stres yang berlebihdan dapat membuat seseorang mengalami depresi. Lantas untuk menghindarinya, ternyata manfaat daun bidara dapat membuat seseorang meminimalisir risiko terkena depresi. Hal ini disebabkan daun bidara mengandung senyawa alkaloid dan plavonoid.

Kedua senyawa itu dapat menghambat degradasi neurotransmitter syaraf ke pusat seperti serotonin maupun katekolamin. Hal ini lah yang kemudian dpaat menstimulasi saraf di otak untuk menghambat terjadinya depresi. Jadi tak ada salahnya meminum air rebusan daun bidara agar otak lebih rileks dan terhindar dari depresi.

4. Memperlancar siklus haid pada wanita

Beberapa perempuan pasti mengalami masalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal ini tentunya dapat menyebabkan kecemasan, sebab, menstruasi yang tidak teratur kadang berindikasi seseorang mengalami penyakit tertentu. Namun, siklus menstruasi yang tidak teratur juga bisa disebabkan karena hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh.

Nah, oleh sebab itu, manfaat daun bidara ternyata bisa memperlancar siklus haid. Caranya bisa konsumsi daun bidara yang telah dijadikan teh. Kemudian minum teh tersebut secara teratur sebelum masa haid tiba. Jadi mulai sekarang para wanita bisa mulai melirik daun bidara untuk menerima manfaatnya, ya.

5. Membuat tidur nyenyak

Bagi sebagian orang pasti sering kali mengalami masalah gangguan tidur atau insomnia. Insomnia sendiri terjadi ketika otak masih aktif bekerja, sehingga seseorang akan sulit mendapatkan rasa rileks sebelum menjelang tidur. Manfaat daun bidara selanjutnya ialah dapat membuat tidur seseorang lebih nyenyak.

Pasalnya, daun bidara mengandung saponin yang mampu memberikan efek menenangkan sehingga tubuh dapat rileks dan mendapatkan kualitas tidur yang meninngkat. Caranya bisa menjadikan daun bidara sebagai teh kemudian meminumnya sebelum tidur. Jadi bisa ucapkan selamat tinggal dengan insomnia sekarang!

6. Mengatasi keputihan

Untuk para wanita yang mengalami keputihan berlebih, maka anda bisa mencoba memanfaatkan rebusan daun bidara untuk pengobatan alaminya. Rebusan daun bidara itu bisa digunakan saat mandi dan dilakukan secara berulang sebanyak 2 kali sehari hingga sembuh. Selain mengatasi keputihan, daun bidara juga dapat mengatasi bau yang tidak sedap akibat keputihan yang berleih itu.

7. Menyehatkan rambut

Manfaat daun bidara selanjutnya adalah dapat menyehatkan rambut. Hal ini disebabkan daun bidara yang mengandung banyak senyawa di antaranya alkaloid, flavonoid, riboflavin, polifenol hingga saponin yang berfungsi sebagai penyubur rambut. Jadi rambut akan tetap sehat dan terhindar dari risiko rambut rontok maupun rambut yang patah.

Caranya mudah saja, yakni dengan merebus daun bidara kemudian air rebusan tersebut dijadikan sebagai hair tonic. Jika dilakukan secara rutin maka dipercaya dapat memperkuat rambut dan meminimalisir risiko rambut rontok.

8. Menyembuhkan jerawat

Manfaat daun bidara lainnya yang tak kalah bagus ialah dapat menyembuhkan jerawat. Pasti sangat resah bukan jika jerawat banyak bermunculan di wajah, terlebih lagi penggunaan masker yang terlalu lama di masa pandemi seperti ini juga bisa menyebabkan jerawat bermunculan.

Selain dapat menyembuhkan jerawat, daun bidara juga dapat mencegah kerutan dan penuaan dini pada wajah. Selan itu juga dapat menyamarkan lingkar mata yang menghitam loh. Tak hanya itu saja, daun bidara juga disebut mampu membuat kulit tetap lembab dan tidak kering.

Caranya mudah saja, yakni dengan mengambil beberapa lembar daun bidara kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah itu bisa dicampur sedikit air kemudian aduk hingga bertekstur kental. Lalu aplikasikan tumbukan daun tersebut ke wajah seperti masker, kemudian setelah kering, cuci muka hingga bersih tanpa sabun.

9. Mencegah risiko terkena kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling dihindari oleh siapa saja. Lantas ternyata manfaat daun bidara ialah dapat mencegah seseorang terkena penyakit kanker. Hal ini disebabkan daun bidara mengandung senyawa saponin, triterpenoid, steroid hingga alkaloid yang memiliki efek antikanker. Jadi mulai sekarang tidak ada salahnya untuk mulai rajin mengonsumsi teh daun bidara sebagai obat alami mencegah risiko terkena kanker.

10. Penyembuh luka

Daun bidara ternyata ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini disebabkan daun bidara yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sehingga mampu mempercepat penyembuhan luka, seperti luka goresan, sayatan, ataupun lecet.

Selain itu juga daun bidara mampu menyembuhkan luka bakar dan menghilangkan bekas luka pada kulit karena mengandung senyawa glikosida. Caranya mudah saja, yakni dengan merebus daun bidara kemudian oleskan rebusan daun bidara secara merata pada area kulit yang terluka.

Namun tetap harus berhati-hati, sebab pengobatan alami bisa sewaktu-waktu menimbulkan reaksi yang mungkin lebih sensitif dan bisa menimbulkan risiko kulit mengalami iritasi.

Demikian adalah 10 manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda. (bbi)

Topik Terkait