img_title
Foto : Ruparupa.com

IntipSeleb – Di tengah pandemi seperti saat ini, kesehatan menjadi faktor yang sangat penting. Selain perlu mengatur pola makan yang baik, olahraga secara rutin juga perlu dilakukan.

Tidak harus olahraga di luar rumah, seperti tempat gym, kita pun bisa melakukannya di rumah. Kamu cukup menyediakan beberapa perlengkapan olahraga sederhana dan waktu sekitar 30 menit. Lalu, apa saja perlengkapan olahraga yang kita butuhkan? Simak berikut ini. 
1. Matras
Matras adalah alas yang bisa kita gunakan untuk melakukan berbagai gerakan olahraga. Tidak  hanya untuk olahraga yoga, tetapi matras juga bisa untuk latihan kardio, peregangan, dan pilates.

Biasanya, matras berfungsi untuk menjaga pijakan kaki kita supaya tidak licin saat melakukan gerakan olahraga, serta menghindari cedera ketika olahraga.

2. Dumbbell
Dumbbell umumnya digunakan untuk latihan angkat beban. Alat satu ini bisa membantu membentuk otot bahu, lengan, maupun bokong.

Kamu bisa menggunakan alat bantu dumbbell, saat melakukan olahraga squat, deadlift, dan bent-over row. Namun, kita perlu menyesuaikan berat dumbbell, yang biasanya berkisaran sekitar 0,5-20 kilogram, dengan gerakan yang kita lakukan.

3. Gym ball
Kamu juga bisa memakai alat fitness berupa bola atau yang dikenal sebagai gym ball. Bola ini terbuat dari bahan karet dengan ukuran cukup besar dan punya desain antislip. Umumnya digunakan buat latihan kardio, kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh.

Selain itu, alat satu ini kerap digunakan oleh ibu hamil saat olahraga. Alat ini dipercaya bisa mengurangi berbagai keluhan ibu hamil, mulai dari sakit pinggang, nyeri punggung, hingga meminimalisir rasa sakit ketika melahirkan.

Topik Terkait