img_title
Foto : Pinterest/Resep Manisan

IntipSelebManfaat buah nangka ada banyak sekali. Buah nangka berasal dari daratan India kemudian menyebar ke daerah tropis, salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia sendiri, buah yang mirip seperti buah cempedak ini menjadi salah satu buah yang mudah ditemui. Pohon buah nangka bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 30 meter.

Memiliki iklim tropis, membuat pohon buah nangka bisa tumbuh di hampir seluruh wilayah Indonesia. Untuk pohon nangka yang ditanam sejak dalam bentuk biji, baru bisa berbunga setelah berumur 2 hingga 8 tahun. Sedangkan jika ditanam dari klon, maka sudah bisa berbunga di umur 2 hingga 4 tahun.

Ciri-ciri buah nangka adalah berukuran besar, memiliki duri yang besar namun tidak tajam dan jarang-jarang. Buah nangka memiliki aroma yang kuat dan khas, bahkan dalam beberapa meter sudah bisa tercium aromanya jika sudah matang. Daging buah nangka berwarna kuning segar dan memiliki getah. Rasa buahnya pun cenderung manis.

Tak hanya rasanya saja yang manis, namun buah nangka juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat buah nangka? Simak 9 manfaat buah nangka berikut ini.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

www.freepik.com/benzoix
Foto : www.freepik.com/benzoix

Menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat di masa pandemi seperti ini adalah hal yang wajib. Sebab, jika daya tahan tubuh menurun, maka akan mudah sekali terserang penyakit. Manfaat buah nangka berikut ini, menjawab kecemasan anda.

Sebab, buah nangka mengandung vitamin C yang tinggi, yang berfungsi untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh seseorang. Hal ini tentunya sangat baik untuk melawan antibakteri di dalam tubuh sehingga tubuh akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang berbahaya.

2. Mempercepat pemulihan luka

www.freepik.com/shayne_ch13
Foto : www.freepik.com/shayne_ch13

Siapa sangka, mungkin manfaat buah nangka yang satu ini belum banyak diketahui oleh orang-orang. Buah nangka ternyata dapat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada tubuh, loh. Hal ini karena kandungan vitamin C yakni antioksidan yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan daya tahan tubuh.

Hal ini lah yang membuat seseorang lebih kuat sehingga ketika mengalami luka, maka proses pemulihannya bisa menjadi lebih cepat. Buah nangka juga disebut mengandung zat yang bersifat anti inflamasi, anti bakteri dan juga anti jamur, sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka pada tubuh.

Selain itu, untuk membentuk kolagen maka tubuh memerlukan vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah nangka dapat membantu pembentukan kolagen sehingga dapat mempertahankan kesehatan kulit, tulang, hingga pembuluh darah.

3. Menjaga kesehatan mata

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Menjaga mata sehat, tak hanya dari konsumsi sayur saja, namun juga bisa dari mengonsumsi buah. Salah satunya adalah buah nangka. Manfaat buah nangka berikutnya ialah dapat menyehatkan mata sebab mengandung beta karoten, vitamin A, lutein hingga zeaxantin.

Ketika mengonsumsi nangka, maka tubuh akan mengubah beta karoten menjadi vitamin A. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata seperti fungsi kornea dan membrane konjungtiva. Selain itu, senyawa lain yang ada di dalam buah nangka juga dapat menyaring cahaya berbahaya yang akan masuk ke dalam mata.

Oleh sebab itu, buah nangka dipercaya dapat menyehatkan mata dan mencegah seseorang dari berbagai permasalahan penglihatan seperti katarak, glaukoma, hingga degenerasi makula.

4. Lancarkan pencernaan

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Manfaat buah nangka selanjutnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Hal ini disebabkan buah nangka yang mengandung serat yang sangat baik untuk tubuh. Untuk bisa memiliki pencernaan yang sehat, maka seseorang perlu mengonsumsi makanan yang mengandung serat.

Oleh sebab itu, kandungan serat dalam buah nangka dapat melancarkan pencernaan dan mencegah seseorang mengalami sembelit. Selain itu, buah nangka juga mengandung karbohidrat kompleks yang berfungsi sebagai prebiotik yang baik untuk pertumbuhan kuman baik di dalam saluran pencernaan.

5. Menyehatkan kulit

www.freepik.com/diana.grytsku
Foto : www.freepik.com/diana.grytsku

Selanjutnya, manfaat buah nangka adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Tentunya memiliki kulit yang sehat dan cerah adalah impian bagi semua orang, terutama bagi para wanita. Buah nangka ternyata memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas inilah yang biasanya yang menyebabkan seseorang jadi mengalami penuaan dini. Oleh sebab itu, jika mengonsumsi buah nangka dipercaya dapat mencegah seseorang mengalami penuaan dini dan dalam melindungi kulit seseorang yang sering beraktivitas di luar dari terpaan sinar ultraviolet maupun polusi.

6. Mencegah penyakit jantung

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Jantung merupakan salah satu organ yang paling penting dalam tubuh. Ternyata, khasiat buah nangka berikut ini sangat baik untuk kesehatan jantung, sebab buah nangka disebut-sebut dapat mencegah seseorang mengalami penyakit jantung. Hal ini disebabkan buah nangka mengandung serat, kalium dan juga antioksidan yang tinggi.

Serat dan antioksidan dapat berguna untuk mengurangi kolesterol jahat dan mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis). Sementara itu, kalium sendiri berguna untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Oleh sebab itu, buah nangka dapat mencegah seseorang terkena penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung hingga stroke.

7. Menurunkan risiko terkena kanker

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Manfaat buah nangka selanjutnya ialah dapat mencegah seseorang terkena penyakit paling mematikan di dunia, apalagi kalau bukan kanker. Hal ini disebabkan buah nangka yang mengandung banyak antioksidan. Radikal bebas di dalam tubuh, dapat membuat sel-sel di dalam tubuh menjadi rusak dan dampak negatifnya adalah dapat menimbulkan penyakit berbahaya, termasuk kanker.

Namun tak perlu khawatir, sebab kandungan antioksidan di dalam buah nangka dapat melawan zat radikal bebas di dalam tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar dari beragam penyakit berbahaya salah satunya adalah kanker.

8. Bagus untuk diet

www.freepik.com/KamranAydinov
Foto : www.freepik.com/KamranAydinov

Ketika diet, maka seseorang benar-benar harus menjaga pola makannya agar tak mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi sehingga merusak program diet yang dijalankan. Dengan demikian, anda boleh menjadikan buah nangka sebagai salah satu menu camilan sehat saat diet.

Hal ini disebabkan buah nangka yang mengandung serat dan juga protein yang tinggi sehingga dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Secara tidak langsung dapat menjaga agar seseorang tidak makan dengan porsi yang berlebihan.

Selain itu, kalori yang terkandung dalam buah nangka juga terbilang rendah, jadi sangat bagus untuk camilan sehat di kala sedang diet.

9. Mengurangi risiko diabetes

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Kegunaan buah nangka berikutnya juga tak kalah baik, yakni dapat mengontrol diabetes. Hal ini disebabkan kandungan vitamin dan juga mineral yang berguna untuk mengurangi risiko komplikasi pada penderita diabetes. Selain itu, tak hanya daging buahnya saja yang berguna, namun biji nangka juga mengandung indeks glikemik yang rendah.

Hal ini menandakan jika mengonsumsi makanan tersebut maka tidak akan menyebabkan seseorang mengalami lonjakan kadar gula darah dalam tubuh. Biasanya, orang-orang mengonsumsi biji nangka dengan cara direbus saja.

Demikian adalah 9 manfaat buah nangka bagi tubuh. Meskipun kaya akan manfaat, tentunya buah nangka memiliki beberapa efek samping yang negatif bagi sebagian orang. Cari tahu terlebih dahulu terkait efek samping buah nangka sebelum memutuskan mengonsumsi buah tersebut. Semoga deretan manfaat di atas dapat menambah informasi bagi anda. (bbi)

Topik Terkait