img_title
Foto : Ruparupa.com

IntipSeleb – Wajan memang jadi salah satu peralatan masak yang wajib ada di rumah. Selain untuk menggoreng, wajan juga bisa kamu digunakan untuk menumis dan juga merebus bahan masakan.

Namun, bagaimana cara memilih wajan yang tepat dan berkualitas agar tahan lama? Berikut ini kami telah rangkum beberapa tips memilih wajan agar masakan kamu pun terasa lebih lezat.

1. Pilih lapisan anti lengket
Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah lapisan luar dari wajan. Gunakan wajan yang tidak mudah lengket agar kamu pun lebih mudah membersihkan karena tidak ada bahan makanan yang menempel. Kamu bisa menggunakan wajan dengan bahan teflon dan keramik yang memiliki sifat anti lengket. Bahan-bahan ini juga mudah untuk kamu bersihkan, terutama setelah masak.

2. Gunakan bahan yang cepat panas
Selain anti lengket, kamu juga perlu memilih bahan wajan yang mampu mempercepat penghantaran panas sehingga masakan pun lebih cepat matang.
Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh ketebalan wajan. Biasanya, semakin tebal bahan wajan yang digunakan, maka waktu penghantaran panas pun akan semakin lambat. Inilah yang membuat masakan lama matangnya.

3. Pilih ukuran sesuai kebutuhan
Ukuran wajan cukup beraneka ragam sehingga kamu hanya perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu hanya menggunakan wajan untuk menumis dan menggoreng, kamu bisa membeli wajan frypan dengan ukuran standar, yang tidak terlalu besar ataupun kecil.
Namun, jika kamu memiliki kebutuhan masak yang besar, mungkin kamu bisa menggunakan wajan besar, seperti wok dan stockpot.

4. Perhatikan pegangan wajan
Perhatikan juga bahan dari gagang wajan. Pilih bahan yang tahan panas. Hal ini bertujuan agar kita lebih mudah saat mengangkat wajan.Kamu bisa memilih wajan yang memiliki pegangan berbahan kayu yang tahan panas.
Selain itu, perhatikan gagang wajan yang digunakan. Pastikan telah melekat kuat dan terhubung sempurna dengan bagian badan wajan. Jadi, waktu masak pun akan tetap aman.

5. Tentukan bujet yang kamu miliki
Terakhir, kamu perlu memilih wajan berkualitas sesuai dengan bujet dan kebutuhan. Jadi, tidak perlu membeli semua jenis wajan, cukup beli yang sesuai dengan prioritas untuk memudahkan kamu saat masak. Nah, itu tadi beberapa tips memilih wajan yang tepat agar kamu bisa memasak makanan di rumah dengan mudah.

Topik Terkait