img_title
Foto : Instagram/exploremanado

IntipSeleb Gaya Hidup Tempat wisata di Manado menawarkan destinasi yang seru untuk dikunjungi kala kamu sedang berada di Kota yang dipenuhi oleh mayoritas non muslim di wilayah Indonesia.

Melansir pada website resmi Pemerintah Kota Manado, kawasan ini merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara. Kota Manado seringkali disebut sebagai Menado. Manado terletak di Teluk Manado, dan dikelilingi oleh daerah pegunungan.

Jumlah penduduk di Manado diperkirakan (berdasarkan Januari 2014) adalah 430.790. Kota Manado didiami oleh beberapa etnis besar dari Sulawesi Utara diantaranya Minahasa, Bolaang Mongondow dan Sangihe-Talaud dan berbagai golongan agama dengan mayoritas penduduk Kota Manado beragama Kristen.

Meskipun Kota Manado didiami oleh berbagai etnis dan berbagai golongan agama namun masyarakat Kota Manado selalu hidup rukun dan damai. “Slogan Torang Samua Basudara” seolah semakin memperkuat kerukunan hidup masyarakat di Kota Manado. Tak heran jika beberapa tokoh bangsa mengatakan bahwa Manado merupakan miniatur Indonesia.

Mengenai sejarah singkatnya, Kota Manado menurut tutur legenda yang diceritakan berasal dari bahasa Etnik Toutemboan Minahasa yaitu “Manarow” yang artinya “Pergi ke Negeri Jauh”. Dalam versi Bahasa Sangir Tua disebut Mararau; Marau yang artinya Jauh. Nama lain yang lebih tua untuk Kota Manado adalah “Wenang/Benang”.

Wenang atau Benangitu sendiri adalah Pohon yang banyak tumbuh di pesisir Manado atau biasa disebut Pohon Bahu, Wenang atau Benang itu sendiri dalam versi Bahasa Sangir Tua adalah “Gahenang/Mahenang”, artinya api yang menyala/ bercahaya/ bersinar(suluh, obor, api unggun). Dan Kata “Manarow” itu sendiri merujuk pada sebuah Pulau yaitu Pulau Manado Tua, dimana penghuni Pulau Manado Tua ini adalah Orang-orang dari Etnis Sangir Tua yaitu Etnis Wowontehu/ Bowontehu/ Bobentehu. Hari jadi Kota Manado yang ditetapkan pada tanggal 14 Juli 1623, merupakan momentum yang mengemas tiga peristiwa bersejarah sekaligus.

Meski agama mayoritas yang dianut oleh masyarakat setempat adalah Kristen Protestan, namun tetap terdapat agama lainnya yang bisa ditemukan di kota ini, seperti, Islam, Katolik, Hindu, Buddha dan agama Konghucu. Berdasarkan data sensus penduduk tahun 2010, jumlah penduduk yang beragama Kristen 62,10 persen, Katolik 5,02 persen, sedangkan Muslim 31,30 persen dan sisanya beragama lain. Kota Manado dapat dikatakan relatif aman. Hal itu tercermin dari semboyan masyarakat Manado yaitu Torang samua basudara yang artinya “Kita semua bersaudara”.

Dikenal memiliki lautan indah, tempat wisata di Manado sangat sayang untuk dilewatkan. Dari tempat wisata di Manado alam hingga tempat wisata di Manado yang cukup santai berada di tengah kota. Sehingga kamu tidak akan bosan untuk menelusuri tempat wisata di Manado.

Karena tempat wisata di Manado menawarkan keindahan alam yang tak ada habisnya. Kira-kira tempat wisata di Manado apa yang seru untuk dikunjungi? Penasaran? Jangan bingung! IntipSeleb akan merangkum dari berbagai sumber untuk tempat wisata di Manado jadi destinasi wajib selama di sana.

Menawarkan tempat wisata di Manado dari kuliner, alam, hits, dan lainnya. Tunggu apa lagi, yuk langsung aja cek untuk tempat wisata di Manado!

1. Taman Nasional Bunaken

celebes.co
Foto : celebes.co

Tempat wisata seru pertama yang ada di Manado dan menjadi daya tarik wisatawan, ialah wisata Laut Bunaken. merupakan taman nasional yang telah ditunjuk oleh Menteri Kehutanan di tahun 1991 sebagai objek wisata. Memiliki lokasi yang menjadi perwakilan dari ekosistem perairan tropis Indonesia.

Terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun hingga terumbu karang dan ekosistem daratan ataupun pesisir. Pulau yang ada di dalamnya ini memang kaya akan flora dan fauna dimana Taman Nasional Bunaken memiliki 13 genera atau genus karang hidup dengan dominasi jenis terumbu karang tepi dan terumbu karang penghalang. Ada sekitar 91 jenis ikan yang hidup di perairan ini.

Misalnya saja seperti ikan kuda gusumi, lolosi ekor kuning hingga ila gasi. Sehingga banyak yang memanfaatkan momen diving selama di sana. Harga tiket masuk ke Taman Nasional Bunaken tidaklah begitu menguras kantong.

Hanya dengan Rp. 5000 saja sudah bisa masuk tempat wisata. Namun akan sangat mahal untuk turis asing yang datang dengan harga Rp. 150.000. sementara untuk melakukan aktivitas snorkeling, pengunjung harus mengeluarkan biaya Rp. 150.000 untuk menyewa peralatan selam dengan waktu satu jam.

2. Bukit Teletubbies Manado

celebes.co
Foto : celebes.co

Di juluki sebagai Bukit Teletubbies di karenakan tempat tersebut memiliki kemiripan dengan film kartun yang merajai pertelevisian Tahun 90 hingga 2000an. Saat mengunjungi tempat ini sejauh mata memandang akan melihat hamparan hijau indah yang memanjakan mata.

Tempat yang masih alami dan indah ini akan mendapati ilalang tumbuh subur seperti permadani hijau yang membentang luas. Untuk mengunjungi tempat ini, kamu tidak akan dikenakan biaya masuk.

3. Patung Yesus Memberkati

indonesiakaya.com
Foto : indonesiakaya.com

Patung Yesus Memberkati merupakan ikon wisata religi serta simbol memberkati Kota Manado. Patung ini terletak di Kawasan Perumahan Citraland Manado, tepatnya di Winangun Satu, Kecamatan Malalayang, Kota Manado.

Dari monumen patung dengan ketinggian 50 meter serta kemiringan 20 derajat ini, pengunjung dapat melihat pemandangan yang indah Kota Manado, Pulau Manado Tua, Bunaken, dan Gunung Kablat. Untuk mencapai lokasi patung, pengunjung dapat menaiki tangga dari sisi jalan setapak. Pengunjung tidak dikenai biaya apapun untuk mengunjungi monumen patung Yesus Memberkati.

4. Pulau Manado Tua

celebes.co
Foto : celebes.co

Pulau Manado Tua berada di kawasan Taman Nasional Bunaken. Pulau ini menyimpan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Di Pulai Manado Tua terdapat beberapa pantai yang populer seperti Pantai Apeng Datu, Apeng Gugu, Apeng Salah, dan Batu Layar, yang banyak dikunjungi wisatawan.

Pengunjung dapat berenang, berjemur, diving, menikmati keindahan sunset, mengunjungi hutan bakau, bahkan berinteraksi dengan ikan dugong atau lumba-lumba. Untuk mencapai pulau ini, pengunjung dapat menaiki kapal dari Pelabuhan Manado dengan harga kisaran Rp25.000 per orang atau menyewa speedboat.

5. God Bless Park

liputan15.com
Foto : liputan15.com

God Bless Park atau taman berkat merupakan salah satu ikon Kota Manado dengan patung telapak tangan yang dikepal. God Bless Park terletak di pinggir pantai tepatnya di Jalan Piere Tendean, Sario Utara, Kecamatan Sario, Kota Manado. Taman milenial ini ramai dikunjungi, terutama pada saat sore hari.

Ada berbagai fasilitas yang menyenangkan menarik banyak pengunjung datang untuk bermain atau sekadar bersantai. Fasilitas tersebut seperti lapagan voli, basket, panjat tebing, sampai area skateboard.

Pengunjung juga dapat bersantai sambil menikmati pemandangan laut. Pengunjung dapat berkunjung ke taman ini kapan saja 24 jam, dan tidak dipungut biaya apa pun alias gratis.

6. Taman Kesatuan Bangsa

kebudayaan.kemendikbud.go.id
Foto : kebudayaan.kemendikbud.go.id

Taman Kesatuan Bangsa merupakan taman kota serbaguna yang terletak di pusat kota Manado dekat dengan Pasar 45. Di taman ini, pengunjung dapat menikmati fasilitas seperti taman, Teater Terbuka, Monumen Dotu Lolong Lasut, dan Pusat Informasi Wisata Manado.

Pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan kesenian dan budaya Minahasa, atau sekadar bersantai menikmati suasana taman. Taman ini dibuka selama 24 Jam, dan tidak dipungut biaya masuk.

Itu dia tadi daftar tempat wisata di Manado. Selamat menjelajah!

Topik Terkait