img_title
Foto : Gmaps/Maharani G

IntipSelebCurug Dago merupakan salah satu tempat wisata yang berlokasi di Jalan Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Bandung memang banyak sekali menawarkan beragam jenis tempat wisata yang bisa dikunjungi kapan saja.

Mulai dari wisata edukasi hingga wisata alam yang memukau. Berada di dataran tinggi, Bandung diketahui memiliki beragam jenis wisata curug yang mempesona. Salah satunya adalah Curug Dago. Curug yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang cukup populer. Lokasinya yang tak jauh dari kota Bandung menambah nilai tambah untuk lokasi wisata ini.

Meskipun lokasinya tak jauh dari Kota Bandung, nyatanya lokasi wisata Curug ini agak tersembunyi dan jarang dipromosikan. Sehingga membuat tempat ini jarang dikunjungi oleh pengunjung. Sudah tahukah anda tentang apa saja yang ada di Curug Dago? Penasaran? Yuk baca artikel ini untuk cari tahu lebih lengkapnya terkait daya tarik apa saja yang ada di wisata seru di Bandung ini.

1. Tiket masuk dan jam operasional

gmaps/paul dinardi
Foto : gmaps/paul dinardi

Sebelum mulai berlibur, anda pastinya perlu tahu hal-hal seputar lokasi wisata yang hendak anda tuju bukan? Terutama mengenai tiketnya. Terkadang biaya tiket yang mahal membuat anda sering kali mengurungkan diri untuk datang ke tempat wisata tersebut, belum lagi jika anda memang datangnya bersama rombongan.

Namun, Curug Dago mematok harga yang terbilang cukup murah dan pas di kantong. Setiap orangnya hanya dipatok harga Rp15.000 saja, lho. Selain itu jika anda membawa kendaraan roda dua alias motor, maka akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp2000. Sedangkan untuk mobil, dipatok dengan harga Rp5000.

Jam operasionalnya ternyata buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Karena buka setiap hari, anda bisa menyesuaikan waktu anda untuk berlibur ke sini. Tak masalah jika di akhir pekan anda tak memiliki waktu liburan, jika anda hanya senggang di hari kerja, lokasi wisata ini tetap buka.

2. Daya tarik Curug Dago

gmaps/dickiEko
Foto : gmaps/dickiEko

Jika masih belum yakin untuk mengunjungi wisata ini, anda bisa membaca artikel ini sampai selesai. Ada beberapa pesona atau daya tarik dari Curug Dago yang tidak bisa anda lewatkan. Yang namanya curug, pasti berada di kawasan dataran tinggi. Oleh sebab itu, udara di sekitar Curug sangatlah sejuk.

Curugnya sendiri di kelilingi dengan dataran tinggi yang menjulang, dilengkapi dengan akar sulur dari pepohonan sekitar yang tumbuh tinggi dan subur. Yang namanya curug, tak perlu untuk dipertanyakan lagi bagaimana keindahan alamnya. Pikiran anda bisa kembali fresh hanya dengan melihat suara air curug yang menenangkan.

Curug ini sendiri diketahui berada di ketinggian 800 M di atas permukaan laut. Sedangkan tinggi air terjunnya ialah 12 meter. Curug ini terbentuk dari sungai Cikapundung yang mengalir dari Maribaya ke Kota Bandung.

Lokasinya juga berada di kawasan yang jauh dari pemukiman penduduk, hal ini yang semakin membuat curug ini memberikan kesan tenang namun juga segar. Untuk para pengunjung yang baru pertama kali mengunjungi Curug, anda harus bersiap karena medan yang dilalui naik turun sehingga cukup menantang bagi para pengunjung yang baru pertama kali datang.

Meskipun demikian, yang pasti dari awal perjalanan akan memberikan kesan baru dan menyenangkan untuk anda. Dan tak disangka, ternyata Curug ini juga memiliki nilai sejarahnya lho.

3. Sejarah Curug Dago

gmaps/Stefan Arichta
Foto : gmaps/Stefan Arichta

Selain bisa untuk melepas penat, ternyata wisata yang satu ini juga menyimpan sebuah sejarah. Dilansir dari wisatalova, sejarah di Curug Dago ini berkaitan dengan Kerajaan Thailand. Hal ini dapat terlihat dari adanya prasasti batu Kerajaan Thailand yang berasal dari abad ke 18.

Prasasti batu yang ada di lokasi ini, ternyata bertuliskan nama raja yang berasal dari Thailand bernama Raja Chulalongkom II (Rama V). Raja Rama V disebut mengunjungi tempat tersebut sekitar tahun 1896 silam. tak hanya sekali, ternyata beliau kembali mengunjungi Curug ini untuk yang kedua kalinya pada tahun 1901.

Pada kunjungan keduanya ini lah, sang raja kembali menulis di atas batu prasasti. Raja Rama V menuliskan paraf dan tahun Rattanakosin, Era 120 (Bangkok). Kemudian pada batu prasasti yang lain, ternyata dapat ditemui sebuah ukiran nama Raja Prajadipok atau yang juga dikenal dengan gelar Raja Rama VII. Raja tersebut juga ternyata berasal dari kerajaan Thailand.

Raja Rama VII disebut dalam tulisan yang ada pada batu, mengunjungi Curug pada tahun 1929. Sejarah jejak Kerajaan Thailand ini mulai populer sejak tahun 1989. Saat itu ada seorang yang mengunjungi lokasi tersebut dan menemukan dua buah batu bertulis di dekat tebing. Penemuan batu dengan ukiran tersebut kemudian ditulisnya dan dipublikasikan melalui media cetak agar orang-orang tahu jejak sejarah tersebut.

4. Fasilitas yang tersedia

gmaps/IDEN
Foto : gmaps/IDEN

Setelah mengetahui harga tiket, daya tarik hingga tentang sejarahnya, anda juga perlu tahu fasilitas apa saja yang ada di tempat wisata populer di Bandung ini. Karena merupakan tempat wisata, di sini sediakan lahan parkir yang cukup luas. Ada juga penjual yang menjajakan makanan sehingga anda tidak perlu lagi repot-repot membawa makanan dari rumah.

Udara di sekitar curug yang dingin akan membuat perut anda lebih cepat lapar. Namun anda bisa jajan dengan membeli makanan yang di jual oleh penduduk sekitar, misalnya saja kacang rebus dan lain-lain. Di sini juga tersedia toilet yang memadai.

5. Rute ke Curug Dago

gmaps/Rouven
Foto : gmaps/Rouven

Setelah mengetahui banyak hal tentang wisata ini, jika sudah mantap ingin berkunjung, anda bisa simak rutenya berikut ini. Anda bisa melewai jalan Taman Budaya Ganesha. Selain itu, anda juga bisa melalui jalan seberang Terminal Dago. Rute dalam akses ini cukup mudah dan lancar untuk dilalui.

Sedangkan jalan menuju curugnya sendiri terbilang sempit. Kendati demikian, anda tidak perlu khawatir karena akses jalannya yang kini sudah dibuat menjadi lebih apik dan aman untuk dilalui. Untuk lebih pastinya, anda bisa mengandalkan google maps.

6. Tips mengunjungi wisata Curug

gmaps/Jemmy Foses Edison Toge Kore
Foto : gmaps/Jemmy Foses Edison Toge Kore

Jika anda mantap untuk berkunjung, ada beberapa tips yang bisa anda terapkan jika nantinya berkunjung. Anda bisa membawa plastik untuk menaruh sampah makanan yang mungkin anda bawa. Selain itu, usahakan menggunakan sepatu bersol karet agar anda tidak tergelincir.

Curug memiliki banyak lokasi yang berlumut dan licit, dikhawatirkan anda akan terpleset jika menggunakan sendal biasa. Selain itu, karena suasa sekitar yang dingin, anda bisa membawa jaket agar tetap hangat dan nyaman selama berkunjung di sana.

Demikian adalah informasi seputar hal menarik mengenai Curug Dago, mulai dari harga tiket hingga fasilitas yang disediakan. Terkait harga dan lain halnya, bisa jadi terjadi perubahan sewaktu-waktu setelah artikel ini dirilis. Semoga informasi yang terkandung dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Selamat berlibur!

Topik Terkait