X
  • Cyndyana Lorens

IntipSeleb – Adik Kriss Hatta, Cyndyana Lorens diperiksa polisi terkait pelaporan akun @digeeembok oleh pramugari Siwi Widi Purwanti atau Siwi Sidi. Bersama pengacaranya, Machi Ahmad, Lorens memberikan penjelasan terkait profesinya sebagai pramugari selama ini.

Sempat digrounded selama enam bulan, kini Loren berhenti menjabat sebagai pramugari Garuda karena kontraknya tidak diperpanjang. Loren dicecar 43 pertanyaan soal tudingan sebagai wanita simpanan petinggi perusahaan BUMN, Garuda Indonesia. Apa saja pertanyaannya? Berikut artikelnya.

Cyndyana Lorens dipanggil sebagai saksi

Machi Ahmad selaku pengacara Cyndyana Lorens memberikan keterangan kepada awak media terkait panggilan polisi. Hal ini bermula dari pelaporan Siwi Sidi terhadap akun @digeeembok atas dugaan pencemaran nama baik. Lorens yang pernah disebut namanya sebagai wanita simpanan pejabat Garuda oleh akun anonim tersebut dimintai keterangan sebagai saksi oleh polisi di Polda Metro Jaya.

“Tim kuasa hukum datang bersama klien kami untuk menjalani klarifikasi dan adanya permintaan untuk diundang oleh Krimsus. Di sini kami memberikan keterangan dalam kapasitasnya memberikan saksi dimana terkait adanya laporan dari saudari SW yang melaporkan akun @digeeembok. Dimana klien kami di situ namanya disebut oleh akun twitter tersebut,” kata Machi Ahmad dalam tayangan YouTube STARPRO Indonesia yang diunggah pada Selasa, 28 Januari 2020.

Cyndyana Lorens dicecar 43 pertanyaan

Cyndyana Lorens

Mendatangi Polda Metro Jaya pada Senin, 27 Januari 2020, Cyndyana Lorens dicecar 43 pertanyaan oleh pihak yang berwajib. Pertanyaan tersebut seputar profesinya sebagai pramugari Garuda. Saat ditanya alasan polisi memanggil namanya, Loren pun merasa heran karena tidak kenal sama sekali dengan Siwi.

“Tadi 43 pertanyaan, pekerjaan sih kayak gaji berapa, berapa jam terbang setiap bulan. Nggak sama sekali (kenal dengan Siwi), enggak (satu base di Makassar), kalau PN (Putri Novitasari) iya, satu base di Makassar,” tutur Cyndyana Lorens.

Merasa dirugikan karena namanya tersebut sebagai selir petinggi Garuda, Loren memang berencana untuk melaporkan akun Twitter tanpa nama itu. Namun, karena alasan akan menghabiskan waktu lama dan biaya, cewek yang sedang berpacaran dengan pebasket Daniel Wenas ini memilih untuk mengurungkan niatnya.

“Memang tadinya niatan awalnya ada (melaporkan akun @digeeembok), karena saya juga pasti merasa dirugikan cuman karena akunnya ini kan sifatnya anonim. Jadi saya juga cari tahu sebenarnya hukum-hukumnya seperti apa kalau saya memang melaporkan. Dan itu akan memakan waktu yang lama, jadi saya memutuskan untuk tidak menghabiskan waktu dan biaya,” ungkapnya.

Lorens sudah tidak jadi pramugari Garuda

Cyndyana Lorens

Saat diperiksa polisi, Loren menghabiskan waktu selama tiga jam. Pemeriksaan tersebut diawali dengan pertanyaan apakah Loren mengenal sosok SW, dan kedua petinggi Garuda. Machi menjelaskan bahwa sejak bulan Maret hingga Agustus 2019, kliennya mendapat hukuman dari maskapai Garuda hingga tidak mendapat jadwal terbang. Setelah itu, Loren dipindahtugaskan ke base Makassar sejak Oktober 2019. Hingga kini, kontrak Loren sebagai pramugari tidak diperpanjang.

“Sampai bulan Januari tanggal 18 2020 kontrak saudari Lorens kepada maskapai telah berakhir dan tidak diperpanjang. Jadi saya juga mempertanyakan kalau misalnya akun @digeembok tersebut menyebut nama saudari Loren karena tidak ada perlakuan yang istimewa kepada klien kami. Waktu itu saudari Loren terkena hukuman 6 bulan, tidak bisa terbang dan hanya digaji pokok saja seperti itu,” ujar Machi Ahmad.

Mendengar penjelasan kuasa hukumnya, Loren tak kuasa membendung air mata. Dengan suara yang sedikit bergetar, cewek berambut panjang itu menjelaskan kenapa kontraknya tidak diperpanjang oleh maskapai Garuda. Hal ini lantaran nilai Loren menurun karena pernah digrounded.

“Saya posting pakai seragam di media sosial terus saya dilaporin, memang kontraknya sudah gak ada. Sekarang cuma 2 tahun dan satu tahun aja, jadi karena saya digrounded nilai saya jadi rendah jadi gak bisa diangkat pegawai, (sekarang) sudah tidak (pramugari garuda),” ungkap Lorens.

Tak hanya Loren, semua pramugari yang disebut namanya oleh akun @digeeembok telah dimintai keterangan oleh polisi. Meski tak kenal, Loren menyebut bahwa Siwi adalah junior pramugarinya.

“Saya gak tahu sama sekali sampai disebut sama akun itu, saya gak tahu dia siapa, junior saya jauh sih. saya juga gak tahu (Siwi jadikan Lorens sebagai saksi). Tapi sebenarnya semua yang disebut namanya di Twitter dipanggil,” pungkas Cyndyana Lorens.

Karena kontraknya tidak diperpanjang, Lorens membagikan momen-momen sebagai pramugari di Instagram. Ia membagikan rekaman video tengah bekerja di dalam pesawat dan berlatih menjadi pramugari.