X
  • Gen Halilintar

IntipSeleb – Gen Halilintar tengah tersandung kasus hukum. Label musik ternama, Nagaswara menggugat keluarga Atta Halilintar itu karena pelanggaran hak cipta. Hal ini terkait video cover Gen Halilintar dengan lagu Lagi Syantik yang dipopulerkan Siti Badriah. Seperti apa kasus tersebut? Simak artikel berikut.

Diduga tak memiliki izin

Gen Halilintar
Sumber foto: Instagram/@halilintarasmid

Di tahun 2018 lalu, keluarga Gen Halilintar mempublikasikan video cover lagu berjudul Lagi Syantik milik Siti Badriah ke kanal YouTube-nya. Tapi cover tersebut diduga tanpa seizin pihak label Nagaswara, yang menaungi Siti Badriah.

Gen Halilintar juga mengubah lirik serta mengaransemen lagu tersebut. Sudah tiga kali, Gen Halilintar bertemu dengan Nagaswara untuk menyelesaikan masalah ini. Namun pertemuan itu justru tidak membuahkan hasil.

"Informasi terakhir dari pihak Gen Halilintar mengirimkan orang jadi penengah tapi kita lagi nunggu keseriusannya," kata Yos Mulyadi selaku kuasa hukum, hari Rabu, 29 Januari 2020 yang dikutip dari VIVA.

Alami kerugian

Gen Halilintar
Sumber foto: Instagram/@genhalilintar

Meskipun video tersebut sudah dihapus dari YouTube channel mereka pada 2019 lalu, tapi pihak label menganggap tidak ada itikad baik dari keluarga dengan sebelas anak itu untuk menyelesaikan permasalahan ini. Hingga akhirnya kasus ini naik ke persidangan dan telah digelar sidang sebanyak tiga kali di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Berdasarkan penjelasan tertulis yang dikirim ke kita, katanya cover lagu dan publikasi lagu itu karena permintaan subscribers," sambung Yos.

Pihak pengacara juga menduga Nagaswara mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah. Namun, Yos tidak ingin membicarakan nominal pasti karena gugatan belum dibacakan.

"Ya sekitar segitulah (miliaran). Kalau sekarang udah bicara nominal cuma berapanya saya enggak enak bilangnya karena gugatan kan belum dibacakan," tuturnya.

"Pelanggarannya lebih ke menggunakan lagu Lagi Syantik tanpa izin, memproduksi video klip tanpa izin, dan dipublikasi dan ternyata ada perubahan lirik. Ada aransmen ada memproduksi juga," tandas Yos Mulyadi.

Gen Halilintar sendiri sampai saat ini dikabarkan belum melakukan komunikasi pada pihak Nagaswara. Mereka diketahui tengah berlibur ke Amerika Serikat. Melalui Instagramnya, hanya Atta yang sudah kembali lebih dulu ke Indonesia.

Baca juga: Saaih Halilintar Syok Helikopter Kobe Bryant Jatuh Dekat Penginapannya