img_title
Foto : Instagram/@kim_jong_un

IntipSeleb Asia – Jika Indonesia ada Pancasila sebagai landasan dasar negara, di Korea Utara juga memiliki landasan yang sama yang dikenal dengan Juche. Juche sendiri disebut sebagai landasan negara, hukum, dan ekonomi negara Korea Utara.

Korea Utara adalah negeri langka dan cukup unik. Di tengah arus globalisasi yang begitu deras, Korea Utara adalah negara yang bisa dibilang tertutup cukup rapat dari pengaruh negara-negara luar seperti halnya China. Hal ini tak terlepas dari Juche, yang menjadi dasar negaranya. Penasaran? Simak artikel di bawah ini.

Apa itu Juche

Tangkapan Layar: YouTube
Foto : Tangkapan Layar: YouTube

Selain negara China, ternyata juga ada Korea Utara yang tidak terpengaruh dengan arus global yang begitu deras aliran pengaruhnya. Hal ini ternyata tidak terlepas dari dasar negaea yang kuat yang dianut oleh Korea Utara, layaknya Pancasila di Indonesia.

Negara Korea Utara memiliki Juche sebagai pandangan hidup dan sumber dari segala sumber hukum, atau yang disebut dengan landasan. Mengutip dari berbagai sumber, Juche lah yang membawa Korea Utara tetap bertahan meski dalam isolasi.

Topik Terkait