img_title
Foto : Instagram/rumahmamahdedeh_tvone

IntipSeleb Lokal – Memasuki bulan Ramadhan salah satu hal yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang muslim adalah zakat fitrah. Zakat memang wajib untuk umat yang memiliki kecukupan dalam hal kebutuhan hidupnya, baik bagi dirinya sendiri maupun keluarganya.

Namun, muncul pertanyaan pada publik apakah uang hasil korupsi bisa dibersihkan dengan zakat fitrah atau tidak? Mau tahu jawabannya, cek artikel di bawah ini ya.

Penjelasan Zakat Fitrah

Instagram/rumahmamahdedeh_tvone
Foto : Instagram/rumahmamahdedeh_tvone

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang Muslim yang telah mencapai baligh dan mampu, baik laki-laki maupun perempuan. Zakat fitrah merupakan bentuk zakat yang dikeluarkan untuk membersihkan diri dari segala dosa selama Ramadan.

Besaran zakat fitrah adalah setengah sha’ kurma atau setengah sha’ beras atau setara dengan 2,5 liter. Jika seseorang tidak memiliki kurma atau beras, maka dapat mengeluarkan zakat fitrah dengan harga setengah sha’ beras atau kurma di pasar.

Zakat fitrah memiliki tujuan yang baik mulai dari membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan yang kita lakukan selama Ramadan.

Topik Terkait