img_title
Foto : Freepik.com

IntipSelebBAB atau Buang air besar adalah aktivitas sehari-hari yang menjadi bagian penting dari kesehatan tubuh manusia. Jika membahas masalah ini, ada berbagai fakta dan mitos yang menarik untuk dijelajahi.

Dilansir dari tayangan YouTube Kata Dokter, yuk simak fakta dan mitos yang berkaitan dengan BAB dari spesialis gizi dari dr. Ida Gunawan!

1. Pola BAB Normal Umumnya 3 Kali Seminggu

Pinterest
Foto : Pinterest

Jawabannya adalah FAKTA. Pola BAB yang baik dan normal itu 1-2 kali dalam sehari. Paling buruk itu maksimal 3x dalam seminggu.

2. Warna Tinja Cokelat artinya Sehat

www.freepik.com/KamranAydinov
Foto : www.freepik.com/KamranAydinov

Jawabannya adalah FAKTA. Warna tinja seseorang bergantung pada kondisi makanan yang kita konsumsi.

Contoh seperti misalnya tinja yang berwarna hitam. Hal ini bisa diakibatkan karena adanya pendarahan pada saluran cerna bagian atas. Atau warna tinja hitam bisa juga disebabkan karena menggunakan suplementasi yang tinggi zat besi.

3. Toilet Jongkok Lebih Baik dari Toilet Duduk

freepik.com
Foto : freepik.com

Jawabannya adalah FAKTA. Pada saat kita menggunakan toilet jongkok, otot di daerah sekitar anus akan lebih rileks, sehingga kotoran bisa langsung keluar tanpa perlu melakukan proses pengedanan yang lebih keras.

4. Banyak Minum Air Bisa Sembuhkan BAB

Freepik
Foto : Freepik

Jawabannya adalah FAKTA. Minum air putih harus cukup sesuai kebutuhan tubuh kita sehari. Sebab, air putih sangat dibutuhkan untuk membuat kotoran tidak menjadi lebih keras.

5. Minum Kopi Bisa Atasi Sembelit

Pinterest
Foto : Pinterest

Jawabannya adalah FAKTA. Kopi itu ikut mengaktifkan gerakan otot tubuh, termasuk gerakan usus kita. Namun perlu diingat bahwa di dalam kopi juga tinggi akan kafein.

Kafein yang berlebihan juga ikut menarik cairan sehingga kotoran menjadi lebih keras. Maka, konsumsi kopi jangan berlebihan.

6. Sembelit Disebabkan oleh Stres

Pinterest
Foto : Pinterest

Jawabannya adalah FAKTA. Stres mempunyai banyak sekali manifestasi atau gejala kesehatan bagi tubuh kita mulai dari bentuk diare maupun konstipasi.

7. Setelah BAB Tidak Boleh Langsung Makan

freepik.com
Foto : freepik.com

Jawabannya adalah MITOS. Setelah BAB itu kita masih boleh makan, tetapi usahakan untuk makan makanan yang tidak ikut merangsang supaya BABnya menjadi lebih sering.

8. Makanan Berserat Seperti Pepaya Bisa Mengobati BAB

Pinterest
Foto : Pinterest

Jawabannya adalah FAKTA. Saat kita mengalami sembelit atau konstipasi memang tubuh membutuhkan makanan yang tinggi serat. Salah satu makanan sumber serat yang baik ada di buah-buahan maupun sayur-sayuran. (by)

Topik Terkait