img_title
Foto : Instagram @siinyonk__

JakartaInyonk dengan keunikan dan ciri khasnya memberikan warna baru dan semakin menyemarakkan dunia komedi Indonesia. Dengan lawakan khas Betawi yang nyablak, ia berhasil membawa langkahnya semakin jauh di kancah industri hiburan tanah air.

Kemunculannya di TV termasuk di program komedi Pesbukers ANTV ternyata merupakan mimpi yang telah lama ia genggam sekaligus tak terbayangkan akan menjadi kenyataan. Kesuksesannya kini tentu tidak didapatkan dengan mudah.

Lantas, seperti apa sih lika-liku seorang Inyonk sebelum akhirnya terjun ke industri hiburan? Yuk simak kisah sukses Inyonk berikut ini!

Berkat Jasa Gilang Dirga

Instagram @siinyonk__
Foto : Instagram @siinyonk__

Seperti yang ia akui, kesuksesan Inyonk tak luput dari jasa artis Indonesia kenamaan, Gilang Dirga. Gilang yang tertarik dengan sosok Inyonk lewat konten-kontennya akhirnya memanggil Inyonk untuk menjadi bintang tamu podcast di kanal youTube-nya. Dari situlah nama Inyonk semakin dikenal oleh khalayak luas.

Tak sampai di situ saja, persona Inyonk yang menarik juga membuat Gilang Dirga tergerak untuk membuatkannya sebuah program khusus di YouTube. Bertepatan dengan itu, seorang manajer yang melihat Inyonk pun menawarkan bantuan untuk membuka jalan yang lebih jauh di industri hiburan.

“Dulu dipanggil Gilang gara-gara konten kali, konten saya yang paket lagi rame tuh. Dipanggil sama Bang Gilang, ngobrol-ngobrol sama Bang Gilang di podcast, nah terus abis podcast dibikinin program di YouTube Bang Gilang Idih Halah gitu kayak ngomentarin apa yang lagi rame gitu, hampir sama kayak konten saya gitu dah,” ungkapnya dalam kanal YouTube Abdel Achrian dikutip pada Senin, 15 Januari 2024.

“Kebetulan ada manajer nontonin saya main trus dia ngomong ‘Nyonk, elu kalau dipanggil-panggil TV mau kagak sih’, ‘Ya mau, lu kira kagak mau’ gue bilang gitu kan ya, ‘Ya udah ntar gue iniin ya, gue coba bantuin ya’. Akhirnya alhamdulillah dah sampe sekarang,” sambung komedian tersebut.

Bikin Konten Sejak 2017

Instagram/@siinyonk__
Foto : Instagram/@siinyonk__

Keajaiban yang muncul di awal tahun 2023 di atas rupanya bukan perjalanan yang singkat. Jauh sebelumnya, komedian yang memiliki nama asli Muhammad Sofyan tersebut telah membuat konten di media sosial sejak tahun 2017 lalu.

Inyonk mengaku mimpinya menjadi seorang komedian sukses memang sudah ada sejak lama. Oleh sebab itulah ia tak berhenti berusaha. Ia membuat berbagai macam konten untuk menarik perhatian warganet dengan gayanya yang khas Betawi.

“Kagak nyangka tapi pengen mah pengen dari dulu. Soalnya dulu nih sebelum konten saya viral, saya kan bikin konten dari 2017, apa aja udah saya cobain kagak naik-naik kan,” ujarnya.

Sekian lama berusaha dan tak kunjung membuahkan hasil, teman terdekat Inyonk pun mengingatkannya untuk mencoba pekerjaan lain agar mendapatkan penghasilan kembali setelah sebelumya sempat dipecat dari pekerjaan sebagai kurir paket.

“Sebelum konten viral ada temen saya ngomong, ‘Udah Nyonk elu kerja aja daripada lontang-lantung kayak orang gila, dapet penghasilan juga kagak tiap bulan’, kan gitu yak. Itu udah kelar sekolah, pas covid 2019 dah,” kata pemain Pesbukers ANTV tersebut.

“Kan kagak kerja saya, (sempat) kerja jadi kurir kena pengurangan trus saya bikin konten lagi tuh, fokus lagi ke konten, dapet 5 bulan mau setahun kata saya ini nganggur lama juga ya. ‘Kagak dah saya udah males banget kerja sama orang’ saya bilang gitu, bukan masalah gaji kecilnya kadang tuntutannya dia kagak profesional, misalnya sama karyawan mintanya karyawan begini, di saat karyawan udah begini dia punya janji apa nggak dipenuhin, itu saya paling males,” jelasnya.

Pantang menyerah meski serba kekurangan, Inyonk yakin betul hasil tidak akan mengkhianati ketekunannya selama ini. Akhirnya, momen yang ditunggu-tunggu pun tiba, salah satu kontennya viral dan membuat namanya semakin dikenal publik.

Dari situlah pintu rezeki Inyonk semakin terbuka lebar. Banyak produk yang menggunakan jasanya untuk beriklan di media sosial. Hal itu semakin menambah motivasinya untuk membuat konten-konten kreatif lainnya di TikTok.

“Gue mah yakin banget nih konten gue ntar suatu saat pasti laku, tapi gue nggak tahu kapan, saya bilang gitu. Enggak lama lebaran haji viral itu, udah mulai masuk produk gitu. Yang viral pertama kali yang kambing. Dari situ naik dapet produk segala macem, udah saya bikin-bikin lagi,” katanya.

Belajar Otodidak Menjadi Komedian

Youtube/Abdel Achrian
Foto : Youtube/Abdel Achrian

Jika melihat sosok Inyok dengan gaya komedinya yang pecah, tak banyak yang bisa menebak bahwa ia hanya belajar secara otodidak tanpa mengikuti sanggar khusus. Ia memanfaatkan lingkup pertemanannya di kampung untuk latihan melawak di depan banyak orang.

Hal itu bermula lantaran ia kerap menjadi panitia 17 Agustusan di kampung dengan teman-teman sepermainannya. Lelah mengurus banyak acara, ia dan teman-temannya pun menghibur diri dengan berkomedi.

Lambat laun, Inyok dan teman-temannya pun bertekad untuk lebih serius berkomedi dengan membuat sebuah grup lenong. Meski kecil, grup lenong tersebut berhasil dikenal masyarakat sekitar dan mulai mendapatkan panggilan untuk tampil di berbagai macam acara.

“Kalau belajar awalnya saya setiap tahun Agustus kan ada panggung di rumah, kita kan panitia gak dibayar, nah cara buat kayak nyenengin diri kita udah capek-capek ngadain lomba naik lenong, Cing, sama temen-temen modal PD doang yang penting punya jokes-jokes, yang penting ada keset aja satu, udah begitu doang, kagak yang ada musiknya kayak sanggar, kagak, ngelawak aja udah gitu cuma Betawian sampe sempet jadi serius gitu ngebikin tim lenong sampe dipanggil kayak orang nikahan, orang sunatan,” ungkap Inyonk.

Mengenang masa-masa penuh perjuangan itu, Inyonk ingat betul honor pertama yang ia dapatkan sebagai seorang pelawak, yakni kantong plastik berisi buah-buahan. Meski tak seberapa, Inyonk tetap yakin dengan ketekunan kelak ia akan bisa meraih apa yang sudah ia cita-citakan.

“Pertama kali ngelenong saya dibayar pake pisang satu plastik, Cing, sesisir pisangnya sama jeruk berapa biji, gitu, apel berapa biji. Saya bilang ama temen saya di jalanan naik motor ‘Lo liat deh kita dibayar pake pisang, nih lo inget ya ntar kayaknya dikit lagi kita dibayar pake duit, sabar aja yang penting mah kita seneng aja dulu jalaninnya, udah cing saya ngelenong, bikin konten, akhirnya alhamdulillah sekarang udah kagak dibayar pake pisang,” pungkasnya.

Nah, demikianlah kisah sukses Inyonk, pelawak Betawi yang berhasil meraih cita-citanya dengan kerja keras dan ketekunan yang tiada mengenal batas. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait