img_title
Foto : Freepik/storyset

IntipSeleb – Riset berjudul 'Peran Platform Digital terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia' sudah dirilis oleh Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) pada 25 Januari 2024 lalu.

Hasilnya, kehadiran platform digital memberikan dampak positif kepada kemajuan bisnis UMKM di Indonesia. Yuk, intip artikel selengkapnya!

Upaya Peningkatan Keahlian Digital Bagi Pelaku UMKM

Freepik/pch.vector
Foto : Freepik/pch.vector

Pada Kamis, 25 Januari 2024, Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) merilis riset yang berjudul “Peran Platform Digital terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia”. Riset ini menunjukkan dampak positif penggunaan platform digital terhadap perkembangan bisnis UMKM di Indonesia.

Secara garis besar, riset ini mengungkapkan bahwa penggunaan platform digital dalam bisnis dapat membantu para pelaku UMKM meningkatkan omzet bisnis dan menciptakan lapangan kerja baru.

Terlepas dari berbagai dampak positif tersebut, para pelaku UMKM di lapangan nyatanya masih sering menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan penggunaan platform digital. Beberapa tantangan utamanya adalah ketatnya persaingan antar pelaku usaha dalam platform digital (96,46 persen) dan kurangnya keterampilan tenaga kerja dalam penggunaan platform digital (83,46 persen).

Topik Terkait