X

IntipSeleb – Donnie Yen memutuskan untuk pensiun dalam film kung fu yang dimainkannya sejak 2008. Ip Man 4: The Finale yang tayang 20 Desember 2019 akan menjadi film terakhir Donnie sebagai master kung fu yang selama ini melekat padanya.

Keputusan Donnie Yen tersebut membuat sedih banyak pihak dan begitu disayangkan. Meski demikian, keputusan ini bisa dimaklumi mengingat usia Donnie yang sudah menginjak 56 tahun.

"Terkadang rasanya sakit saat aku memberi pukulan. Kadang aku tidak bisa berdiri lurus. Umur tua tidak bisa dibohongi. Itulah mengapa sangat penting menjaga kemampuan fisikmu. Itu adalah harga yang harus dibayar sebagai aktor laga," ungkap Donnie Yen yang dilansir dari Jaynestars.

Meski begitu, ayah tiga orang anak ini akan tetap aktif di film laga. Tidak hanya sebagai pemain, tapi juga sebagai produser atau sutradara. Setelah Ip Man 4, Donnie siap merilis film-filmnya yang lain tahun 2020 mendatang. Sederet film Donnie itu pun patut dinantikan. Penasaran apa saja? Berikut daftarnya.

Enter the Fat Dragon

Sumber foto: Jaynestars

Terdekat, Donnie Yen akan merilis film terbarunya berjudul Enter the Fat Dragon. Dijadwalkan film tersebut tayang pada 23 Januari 2020. Dalam film Enter the Fat Dragon, Donnie bertransformasi menjadi seseorang bertubuh gemuk.

Donnie Yen memerankan karakter sebagai Fallon Chu, seorang polisi Hong Kong bagian satuan khusus. Dia dicampakkan tunangannya hingga membuatnya patah hati dan memanjakan dirinya dalam makanan untuk meredakan kesepiannya. Dalam waktu singkat, tubuh Donnie Yen menjadi sangat besar.

Meski begitu, tubuh besarnya tidak menghentikan kegesitannya dalam tugas. Dia tetap jadi petarung yang handal dan panutan. Tapi saat dia ditugaskan pada sebuah kasus penjahat terkenal di Jepang, kemampuannya tidak sama dengan kehidupan pribadinya.

Sleeping Dogs

Setelah Ip Man, Donnie Yen juga akan disibukkan dengan promosi film yang diproduksi oleh Neal Moritz berjudul Sleeping Dogs. Film ini diangkat berdasarkan video game terlaris dari Square Enix dengan judul yang sama.

Donnie Yen akan berperan sebagai seorang polisi yang menyamar untuk membongkar salah satu organisasi kriminal terkuat dan berbahaya di dunia bernama Triads. Sayangnya, film ini belum menentukan tanggal resmi penayangannya. Namun dari sinopsisnya saja, film ini sudah menarik perhatian untuk ditonton.

Mulan Live Action

Sumber foto: HN Entertainment

Film Donnie Yen lainnya yang patut ditunggu adalah Mulan. Film ini, remake aksi-hidup dari film animasi tahun 1998 berjudul sama yang diproduksi oleh Disney. 

Film animasi itu sendiri berdasarkan pada legenda Tionghoa Hua Mulan. Bukan sebagai pemain utama, Donnie Yen akan menjadi pemeran pendukung bersama Jet Li, Jason Scott Lee, Yoson An dan Gong Li. Mulan dijadwalkan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 27 Maret 2020.

Baca juga: Rekomendasi Film Donnie Yen Selain Ip Man, Ada Bareng Andy Lau