X

IntipSeleb – Kematian Kobe Bryant hingga kini masih diselidiki pihak kepolisian. Seperti diketahui, Kobe dan putrinya, Gianna Maria bersama tujuh orang lainnya menjadi korban kecelakaan helikopter.

Helikopter yang mereka tumpangi jatuh di Calabasas, California pada Minggu pagi, 26 Januari 2020 sekitar pukul 10 waktu setempat. Kabar kepergian mantan pebasket LA Lakers ini pun langsung menjadi pemberitaan di seluruh dunia.

Tapi baru-baru ini, siaran berita BBC dikecam karena salah dalam memberitakan tentang kematian Kobe Bryant tersebut. Kenapa ya? Scroll artikel di bawah yuk!

Salah pasang video

Sumber foto: BBC

Dalam program News at Ten pada hari Minggu, BBC salah memasukkan video dalam cuplikan berita kematian Kobe Bryant. Di siaran itu, BBC malah menyajikan cuplikan pebasket LeBron James, yang memang sama-sama pebasket berkulit hitam. 

Rekaman itu menampilkan James, yang juga bermain untuk LA Lakers saat melampaui Kobe Bryant menjadi pencetak angka tertinggi ketiga di NBA sepanjang masa. Sontak saja, hal ini mengundang kecaman dari publik, termasuk jurnalis Huffington Post dan Produser TV dan radio.

"Siapa yang memotong ini ????? Berita BBC menggunakan rekaman Lebron James dan bukan Kobe Bryant di berita kematian !!!!! BAJUNYA BAHKAN JELAS TERTULIS NAMA JAMES," tulis Geoff Jein, produser TV dan Radio di Twitternya.

"Sangat disayangkan mix up dari BBC. Mereka kebingungan dengan dua orang berkulit hitam dan menampilkan Lebron James alih-alih Kobe Bryant di segmen berita ini. Ini hanya menambah kesedihan kolektif kami sekarang. Apakah koreksi dan permintaan maaf sudah dikeluarkan? Malu," kata Nadine White, jurnalis Huffing Post yang sebelumnya bekerja di surat kabar Voice.

Permintaan maaf BBC

Terkait hal ini, Paul Royall, editor BBC News di Six and Ten, memposting permintaan maaf lewat Twitternya. "Dalam liputan malam ini tentang kematian Kobe Bryant di #BBCNewsTen, kami secara keliru menggunakan gambar LeBron James di salah satu bagian laporan. Kami mohon maaf atas kesalahan manusia ini yang jauh di bawah standar kami pada program," tulis Paul.

Di akhir program, pembaca berita Reeta Chakrabarti juga sempat menyampikan meminta maaf atas kesalahan itu dengan mengatakan, "Di salah satu bagian dalam laporan tentang kematian Kobe Bryant, kami keliru menunjukkan gambar pemain bola basket lain, LeBron James. Kami mohon maaf atas kesalahan ini."

Ini bukan pertama kalinya program BBC meminta maaf karena kebingungan membedakan dua bintang olahraga. Sebelumnya, Juli 2018 lalu, BBC Newsnight juga meminta maaf karena memperlihatkan cuplikan bowler Pakistan Wasim Akram dan bukan mantan rekan setimnya yang kini telah menjadi politisi, Imran Khan.

Baca juga: Kisah Pilu Pernikahan Kobe Bryant dan Vanessa Selama 19 Tahun