X

IntipSeleb – Seni bela diri wing chun tengah berduka. Putra sang legenda, Ip Ching meninggal dunia tepat di hari pertama tahun baru Imlek, 25 Januari 2020. Putra kedua Ip Man itu meninggal dunia di usia 83 tahun.

Sayangnya tidak ada keterangan jelas tentang penyebab kematian Ip Ching. Tidak ada pula keterangan lebih lanjut terkait prosesi pemakaman atau detail terkait kematiannya.

Ip Ching ikut andil di film Ip Man

Sumber foto: New Straits Times

Dilansir dari AsiaOne, Ip Ching diketahui ikut andil dalam penggarapan seluruh serial film Ip Man. Bersama kakaknya Ip Chun, Ip Ching berperan sebagai konsultan seni bela diri untuk film-film itu.

Dalam film terakhir Ip Man 4: The Finale, Ip Ching digambarkan sebagai pemuda pemberontak karena tidak diperbolehkan ayahnya mengikuti jejaknya. Tapi pada akhirnya, Ip Man luluh dan membiarkan putranya meneruskan bela diri yang dipopulerkannya.

Ip Ching sendiri merupakan seorang praktisi wing chun. Tapi dia sempat meninggalkan dunia seni bela diri pada tahun 1972 setelah kematian ayahnya. Dia memilih menjadi pengusaha dengan memulai usaha dengan membangun pabriknya sendiri. Hingga akhirnya dia kembali untuk mengajar wing chun di tahun 1994.

Wing chun sendiri mulai dikenal setelah film Ip Man dirilis, dimana karakter utamanya yang begitu melekat dimainkan oleh Donnie Yen. Setiap film Ip Man yang dirilis pun mencapai perolehan fantastis.

Film terakhir Ip Man yang dimainkan Donnie Yen, Ip Man 4: The Final  bahkan meraih keuntungan fantastis mencapai HK$1 miliar atau setara dengan Rp1,7 triliun dalam waktu singkat. Pencapaian itu juga menjadikan Ip Man 4 sebagai film kung fu terlaris sepanjang masa di industri film China.

Ip Man sendiri telah meninggal dunia sejak 1972 di usia 79. Ip Man yang lahir di Foshan, Cina bermigrasi ke Hong Kong pada tahun 1949 dan menjadi master kungfu yang sukses di sana. Salah satu muridnya yang paling terkenal adalah aktor seni bela diri legendaris, Bruce Lee.

Baca juga: Ip Man 4 Laris, Donnie Yen Gak Bisa Prediksi Enter The Fat Dragon