• Awkwafina dalam Crazy Rich Asians

IntipSeleb – Jon M.Chu, sutradara Crazy Rich Asians (CRA) mengungkapkan bahwa penulis naskah film hits tersebut, Adele Lim tak akan menggarap sekuel berjudul Crazy Rich Girlfriend. Hal ini lantaran Lim merasa gaji yang diberikan untuknya jauh berbeda dengan penulis pendampingnya, Peter Chiarelli. 

Berdasarkan laporan The Guardian, Chiarelli dibayar sebesar US$800.000 hingga US$1 juta atau Rp11,1miliar hingga Rp13.9miliar untuk dua film, sedangkan Lim sebesar $110.000-plus atau sekitar Rp1,5 miliar-lebih. Chiarelli merupakan penulis skenario pria yang sebelumnya mengerjakan film komedi romantis sukses, The Proposal yang dibintangi Sandra Bullock dan Ryan Reynolds.

Dalam sebuah pernyataan surat terbuka yang diunggah di media sosialnya, Chu menulis bahwa dia mendukung Lim untuk berpisah dengan proyek Warner Bros ini. Meski Chiarelli dengan sangat baik hati sepakat untuk membagi dua gajinya dengan Adele Lim, namun penulis berdarah Asia itu menolaknya.

"Jika aku tidak bisa mendapat kesetaraan pembayaran setelah CRA, aku tidak bisa membayangkan akan seperti apa nantinya bagi orang lain, ditentukan standar berapa nilai kamu itu dari film sebelumnya, dimana wanita berkulit warna tidak akan pernah (dipekerjakan)," ujarnya dilansir The Guardian

Chu dan pemeran Crazy Rich Asians Mendukung keputusan Lim

sumber: Digital Spy

Chu, seperti dilansir Variety mengatakan bahwa sebenarnya dia juga kecewa karena Lim tidak akan lagi jadi bagian dari sekuel Crazy Rich Asians, tapi dia berencana untuk bekerjasama lagi dengannya. 

"Hal ini terjadi saat negosiasi, dan aku bangga dia bisa berdiri untuk mengukur nilai dirinya dan berlalu ketika dia merasa tidak dihargai," tulis Chu di akun media sosialnya. 

Gemma Chan yang berperan sebagai Astrid dalam CRA pertama turut memberi dukungan untuk Lim lewat akun Twitter miliknya @gemma_chan. 

"Aku juga bersama @adeleBlim dan mendukung penuh dirinya, sebagaimana aku setiap orang berjuang untuk dibayar sama. Perbedaan dan ketidakseimbangan pembayaran mempengaruhi wanita dan POC. Masalah ini masih panjang, baik dalam pembicaraan dan bagaimana memperbaikinya. Kita bisa dan harus lebih baik, lebih cepat," tulis Gemma mengomentari unggahan Chu. 

Masalah sensitif

Apa yang menjadi penyebab perbedaan upah yang harus diterima antara Lim dan co-writernya menurut Chu tak lain karena masalah seksis dan warna kulit. 

"Aku setuju dengan Adele bahwa keseimbangan bagi wanita dan orang kulit berwarna adalah masalah yang sangat penting untuk kelanjutan cerahnya industri kami dan kami masih jauh dari itu. Apa yang aku sadari secara pribadi melalui proses ini adalah masih ada hal yang diperdebatkan dalam diri kita sendiri (seperti nilai pengalaman [vs] kurangnya kesempatan, menulis tv [vs] menulis film, pengalaman kerja [vs] pengalaman hidup, penilaian kontribusi kreatif, dan lainnya) dimana aku yakin tidak akan mudah untuk menjawab, tapi aku tahu kita harus mencoba menemukan jawabannya untuk menjaga jarum terus bergerak."

Lim tetap mendukung sekuel Crazy Rich Asians 

Lim diakui telah bekerja keras sebagai penulis untuk televisi sebelum akhirnya mengerjakan film yang diangkat dari novel Kevin Kwan itu. Dalam unggahan Twitternya, Lim terus memberi dukungan bagi Chu dan film Crazy Rich Asians

"Sudah seminggu. Rasa syukur tak terhingga dariku untuk orang yang memberi suara dukungan. Untuk orang yang sedang berjuang-kalian tidak sendiri. Juga, aku hanya punya cinta untuk @jonmchu dan pemeran juga kru #CRA. Ini adalah pergerakan dan aku akan selalu mendukung untuk kelanjutan kesuksesannya," cuitnya lewat @adeleBlim. 

Adele sibuk dengan proyek Disney

sumber: cbr

Meski meninggalkan Crazy Rich Asians, Adele masih memiliki karya lain yang sedang menunggu untuk mendapat pengakuan sentuhan tangannya. Di antaranya adalah film animasi Raya and the Last Dragon (2020), dimana salah satu pengisi suara juga pemeran dalam film Crazy Rich Asians, Awkwafina. 

Sekuel masih dari novel

sumber: Screenrant

Warner Bros mengumumkan tak lama setelah film Crazy Rich Asians dirilis bahwa mereka akan mengerjakan kelanjutan film dari novel trilogi Kevin Kwan, China Rich Girlfriend (2015) dan Rich People Problems (2017). Film ini sendiri telah dikonfirmasi oleh Chu bahwa pemeran Nick Young, Henry Golding dan Rachel Chu, Constance Wu akan kembali termasuk ibu dari Nick (Eleanor) yang diperankan Michelle Yeoh. 

Crazy Rich Asians berhasil menjadi film terlaris yang diperankan aktor Asia di pekan debut, dengan total pendapatan global senilai US$238 miliar atau setara Rp3,3 triliun. Wow! Enggak salah penulis skenarionya minta naik gaji dong.