img_title
Foto : Instagram

IndiaPernikahan beda agama menjadi sesuatu yang tabu dan topik yang sensitif. Di India sendiri, pernikahan Hindu dan Islam sangat sulit dilakukan dan kurang bisa diterima dengan baik di kalangan masyarakat.

Di kalangan masyarakat India, pasangan yang nekat melakukan pernikahan beda agama, khususnya Hindu-Islam, dilabeli dengan jihad cinta. Namun, banyak aktris Bollywood yang menentang keyakinan tabu ini dan menikahi cinta sejati mereka tanpa mempedulikan agama mereka.

Siapa saja mereka? Berikut ini daftar artis India yang menikah dengan pria Muslim dan bertahan dengan pernikahan beda agama.

Saira Banu

Instagram @sairabanu
Foto : Instagram @sairabanu

Saira Banu yang merupakan aktris India terpopuler tahun 1960-an menikah dengan Dilip Kumar alias Yusuf Khan. Tak hanya itu, keduanya juga memiliki perbedaan usia yang sangat jauh. Saira baru berusia 22 tahun sedangkan Dilip Kumar berusia 44 tahun ketika mereka menikah.

Sharmila Tagore

Bollywood Life
Foto : Bollywood Life

Aktris Bollywood populer, Sharmila Tagore menikah dengan mantan kapten tim kriket India dan Nawab Mansoor Ali Khan Pataudi pada tahun 1968. Namun, Sharmila masuk Islam dan mengubah namanya menjadi Begum Ayesha Sultana untuk menikah dengan Mansoor.

Ratna Pathak Shah

The Indian Express
Foto : The Indian Express

Ratna Pathak Shah adalah salah satu aktris India paling berprestasi yang telah membuktikan keserbagunaannya dalam film, televisi, OTT, dan teater. Dia menikah dengan aktor Bollywood Naseerudding Shah pada tahun 1982.

Amrita Singh

Bollywood Life
Foto : Bollywood Life

Artis Bollywood Amrita Singh menikah dengan Saif Ali Khan pada tahun 1991 silam. Konon, Amrita juga masuk Islam sebelum menikah dengan Saif.

Saif Ali Khan 12 tahun lebih muda dari Amrita. Duo ini bercerai pada tahun 2004. Mereka memiliki dua anak bersama, yaitu Sara Ali Khan dan Ibrahim Ali Khan.

Sangeeta Bijlani

NDTV
Foto : NDTV

Mantan Miss India dan aktris Sangeeta Bijlani menikah dengan pemain kriket Mohammed Azharuddin pada tahun 1996. Pernikahan mereka berakhir pada tahun 2010 setelah spekulasi perselingkuhan Azhar.

Reena Roy

Nettv4u
Foto : Nettv4u

Pada tahun 1972 silam, Reena Roy memulai debut filmnya pada usia 15 tahun. Pada tahun 1983, ia memutuskan untuk keluar dari industri film untuk menikah dengan pemain kriket Pakistan Mohsin Khan.

Mereka bercerai pada tahun 90-an karena dia merasa sulit untuk menyusaikan diri dengan gaya hidup flamboyan keluarga Khan.

Kareena Kapoor

Instagram
Foto : Instagram

Kareena Kapoor adalah istri kedua aktor Saif Ali Khan. Duo ini menikah pada tahun 2012 lalu. Namun, Kareena tidak masuk Islam seperti istri pertama Saif, Amrita dan ibunya Sharmila Tagore. Kareena dan Saif memiliki dua orang putra dari pernikahan mereka, yaitu Taimur Ali Khan dan Jehangir Ali Khan.

Ayesha Takia

Instagram
Foto : Instagram

Ayesha Takia, yang dikenal dengan film seperti Taarzan dan Wanted menghilang dari dunia film demi fokus pada keluarganya. Dia menikah dengan pacarnya Farhan Azmi pada usia 23 tahun. Dia juga masuk Islam dan di media sosial dia mengganti namanya sebagai Aayesha Takia Azmi.

Urmila Matondkar

Mitesh Patel
Foto : Mitesh Patel

Aktris Bollywood yang menjadi politisi Urmila Matondkar menikah dengan pengusaha dan model yang berbasis di Kashmir, Mohsin Akhtar Mir pada tahun 2016.

Richa Chadha

Bollywood Life
Foto : Bollywood Life

Richa Chadha menikah dengan pacar lamanya yang merupakan aktor India, Ali Fazal pada tahun 2022 yang beragama Islam.

Nah, itulah sederet artis India yang menikah dengan pria muslim dan berkomitmen untuk menjalankan pernikahan beda agama. Walau berbeda, mereka tetap bertahan dan menciptakan toleransi dalam rumah tangganya.

Topik Terkait