X
  • Joaquin Phoenix atau Benedict Cumberbatch?

IntipSeleb – Nama Joaquin Phoenix sedang ramai dibicarakan lantaran kepiawaiannya menghidupkan karakter Arthur Fleck alias Joker di film terbaru Warner Bros.

Usut punya usut, ternyata Joaquin sebelumnya pernah hampir bergabung dengan keluarga Marvel Cinematic Universe (MCU) loh. Coba tebak dia ditawarkan sebagai apa? Doctor Strange!

Sumber: Marvel

Jauh sebelum Benedict Cumberbatch terpilih sebagai pemeran Doctor Strange, nama Joaquin lah yang justru muncul pertama sebagai kandidat pemeran dokter tampan yang akhirnya menjadi penyihir dengan tingkat tertinggi di dunia MCU. 

Baca juga: 5 Fakta Sadis di Balik Tubuh Kurus Joaquin Phoenix di Film Joker

Tak hanya Joaquin, Marvel juga memilih mundur dari pilihan awal

Sumber:NME

Meski Joaquin biasanya tidak dikaitkan dengan film ini, dia mengatakan bahwa sebenarnya alasan dia mundur bukan karena film itu sendiri, tapi tampaknya kedua belah pihak sampai pada tahap kesepakatan untuk tidak bekerjasama. 

"Aku pikir mereka membuat film yang hebat dan  menyenangkan. Tidak ada yang salah, aku tidak gila hormat dan aku baik-baik saja dengan...aku menikmati film ini kadang-kadang, dan aku pikir mereka tetap menjaga industri ini dalam beberapa cara, jadi aku sama sekali tidak punya masalah dengan itu," ujar Joaquin pada 2018 seperti dilansir Cinema Blend

"Aku pikir semua orang benar-benar bahagia dengan apa yang ada sekarang. Semua pihak puas," lanjutnya. 

Lebih jelasnya, memang ada pembicaraan antara Marvel dan Joaquin, tapi Joaquin tidak ingin memojokkan pihak manapun, sehingga dia mengatakan bahwa semua pihak puas di akhir pernyataannya. Terlebih dia juga tidak merasa kehilangan kesempatan memerankan Doctor Strange, dan berpikir kalau Marvel juga bahagia dengan tidak bergabungnya Joaquin. 

Meski belum jelas apakah Marvel bahagia setelah Joaquin memilih mundur dari peran Doctor Strange atau setelah filmnya sukses dengan Benedict sebagai bintang utama. 

Ada sederet nama aktor terkenal sebelum Joaquin Phoenix

Sumber:Variety

Tak banyak yang tahu kalau munculnya Doctor Strange awalnya hanya sebatas perbincangan antar sahabat, sutradara Guillermo del Toro dan penulis Neil Gaiman. Nama yang muncul untuk memerankan Doctor Strange juga cukup banyak. 

Saat itu aktor ideal yang ada di kepala Scott Derrickson, sutradara Doctor Strange (2016) untuk memerankan Doctor Strange sama persis seperti pandangan Marvel, yaitu Benedict Cumberbatch. Tapi Benedict saat itu sempat menolak karena jadwal yang berbenturan dengan Sherlock serta panggung Hamlet di London. 

Jadi karena itu, Derrickson dan Marvel mencari aktor lainnya, nama-nama aktor yang dipertimbangkan untuk memerankan Doctor Strange antara lain Tom Hardy, Ryan Gosling dan Jared Leto yang belakangan dikabarkan kesal lantaran peran Joker diberikan pada Joaquin Phoenix.

Baca juga: Jared Leto Kesal Saat Tahu Joaquin Phoenix Perankan Joker